Mengenal Pajak Daerah, Pengertian, Jenis, dan Tarif Pajaknya
Harmony Blog
Tax
Mengenal Pajak Daerah, Pengertian, Jenis, dan Tarif Pajaknya
February 11, 2021
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Pajak Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pajak daerah adalah salah satu sumber pendapatan daerah yang digunakan untuk membiayai pelaksanaan dan kegiatan pemerintah daerah dalam rangka melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Salah satu sumber PAD (Pendapatan Asli Daerah) adalah pajak daerah dan retribusi daerah. Retribusi daerah adalah suatu pungutan kepada masyarakat yang menggunakan fasilitas negara.

Pungutan pajak daerah bertujuan untuk membiayai prasarana dan pelayanan perkotaan yang akan memberikan manfaat bagi masyarakat umum.

Dalam istilah lain retribusi daerah adalah pungutan daerah sebagai jenis pembayaran atas jasa yang diberikan atau disediakan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan pribadi atau badan.

Tentu apabila Anda merupakan wajib pajak badan atau perusahaan, Anda juga harus melapor SPT bulanan perusahaan. Hal ini merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan untuk setiap objek badan. Untuk lebih memahami mengenai pengertian pajak daerah, jenis dan tarif dalam pajak daerah. Berikut dalam artikel ini akan dijelaskan.

Pengertian Pajak Daerah

Menurut Undang-Undang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Nomor 28 Tahun 2009, pengertian pajak daerah adalah suatu kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi ataupun badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah dan kemakmuran rakyat.

Sederhananya, pajak atau kontribusi daerah wajib diberikan oleh penduduk suatu daerah kepada pemerintah daerah untuk digunakan sebagai kepentingan umum suatu daerah. Contoh pajak daerah yang dilakukan oleh pemerintah seperti, pembangunan jalan, jembatan, pembukaan lapangan kerja baru dan kepentingan pembangunan lainnya.

Fungsi Pajak Daerah

Adapun fungsi yang terdapat dalam pajak daerah yaitu:

• Fungsi Penerimaan

Fungsi pajak daerah adalah untuk mengisi kas daerah. Fungsi pajak daerah ini secara sederhana dapat diartikan sebagai alat pemerintah daerah untuk mengumpulkan dana dari masyarakat yang digunakan sebagai kepentingan pembiayaan pembangunan daerah.

• Fungsi Pengaturan

Pemerintah bisa mengatur pertumbuhan ekonomi melalui kebijakan pajak. Dengan fungsi mengatur, pajak bisa digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan. 

Baca Juga: Apa Saja Persiapan Laporan Pajak untuk Perusahaan?

Jenis dan Tarif Pajak Daerah

Adapun terdapat 2 jenis pajak daerah yang perlu Anda tahu yaitu:

1. Pajak Provinsi

• Pajak Kendaraan Bermotor

Pajak ini merupakan suatu pajak yang dikenakan pada seluruh kendaraan beroda yang digunakan di semua jenis jalan baik darat maupun air.

Adapun tarif yang dikenakan dalam pajak kendaraan bermotor yaitu:

a. Bagi setiap kepemilikan motor pertama dan kedua sebesar 1%-2%.

b. Kepemilikan kendaraan motor kedua dan seterusnya sebesar 2%-10%.

c. Bagi pemilik kendaraan motor alat berat sebesar 0,1%-0,2%.

d. Tarif PKB khusus angkutan umum, pemadam kebakaran, lembaga sosial dan keagamaan sebesar 0,5%-1%.

• Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor

Yang dimaksud bea balik nama kendaraan bermotor di sini adalah suatu penyerahan hak milik kendaraan bermotor yang mana sebelumnya sudah dilakukan perjanjian antara dua pihak yang melakukan jual beli motor, tukar menukar, warisan dan lainnya.

Adapun terdapat tarif BBNKB yaitu:

a. Penyerahan Pertama sebesar 20%.

b. Penyerahan Kedua seterusnya sebesar 1 %.

c. Penyerahan pertama khusus kendaraan bermotor alat berat dan alat besar tarif yang dikenakan sebesar 0,75%.

d. Penyerahan kedua seterusnya khusus kendaraan bermotor alat berat dan alat besar tarif yang dikenakan sebesar 0,075%.

• Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor

Yang dimaksud dalam bahan bakar kendaraan bermotor merupakan semua jenis bahan bakar yang cair maupun gas yang dipakai untuk kendaraan bermotor. Tarif yang dikenakan dalam bahan bakar ini maksimal sebesar 10%.

• Pajak Air Permukaan

Pajak ini dikenakan bagi setiap orang maupun badan yang memanfaatkan air permukaan. Tarif pajak air permukaan maksimal sebesar 10%.

• Pajak Rokok

Pajak rokok adalah suatu pungutan yang dilakukan secara bersamaan dengan cukai rokok. Sebab rokok merupakan suatu jenis barang kena cukai di Indonesia. Tarif yang dikenakan dalam pajak rokok ini sebesar 10% dari cukai rokok.

2. Pajak Kabupaten Atau Kota

• Pajak Hotel

Yang dimaksud dalam pajak hotel adalah suatu dana atau iuran yang dipungut atas penyediaan jasa penginapan yang mana jasa tersebut sudah disediakan oleh badan usaha tertentu. Adapun tarif pajak yang dikenakan dalam jenis pajak daerah berupa pajak hotel sebesar 10%.

• Pajak Restoran

Pajak restoran adalah suatu pajak yang dikenakan atas pelayanan yang sudah diberikan restoran kepada Anda. Jumlah tarif yang diberikan restoran sebesar 10%.

• Pajak Hiburan

Pajak hiburan adalah pajak yang diberikan atas jasa pelayanan hiburan yang memiliki biaya atau pungutan biaya di dalamnya. Adapun jenis dan tarif dari pajak hiburan ini yaitu:

a. Hiburan Umum, tarif pajak yang dikenakan sebesar 35%.

b. Hiburan khusus, adalah hiburan yang berupa pagelaran busana, konteks kecantikan, karaoke dan lainnya. Jumlah tarif pajak yang dikenakan dalam hiburan khusus sebesar 75%.

c. Hiburan yang berkaitan dengan kesenian rakyat atau tradisional akan dikenakan tarif maksimal sebesar 10%.

• Pajak Reklame

Pajak reklame adalah pajak yang dipungut atau diambil atas benda, alat, atau media yang mana bentuk dan juga coraknya dirancang untuk tujuan komersial agar dapat menarik perhatian umum. Tarif yang dikenakan dalam pajak reklame ini sebesar 25%.

• Pajak Penerangan Jalan (PPJ)

Pajak ini dikenakan dan dipungut atas penggunaan tenaga listrik, baik yang dihasilkan sendiri maupun dari sumber lain. Namun dalam tarif pajak ini memiliki masing-masing perbedaan dari penggunaanya yaitu:

a. Tarif yang dikenakan dalam pajak penerangan jalan umum sebesar 10%.

b. Tarif PPJ dari sumber lain oleh industri, pertambangan, minyak bumi dan gas alam sebesar 3%.

c. PPJ yang dihasilkan sendiri sebesar 1,5%.

• Pajak Parkir

Jenis pajak ini dipungut atas pembuatan lahan tempat parkir di luar badan jalan, baik lahan parkir yang berkaitan dengan usaha atau yang lainnya. Tarif pajak yang dikenakan maksimal 30%.

• Pajak Mineral bukan Logam dan Batuan

Dari jenis pajak mineral bukan logam dan batuan merupakan jenis pajak yang khusus dikenakan atas pengambilan mineral yang bukan logam seperti asbes, batu kapur, batu apung dan lainnya. Tarif yang dikenakan dalam pajak mineral bukan logam dan batuain ini sebesar 25%.

• Pajak Air Tanah

Pajak ini dikenakan bagi penggunaan air tanah untuk tujuan komersial. Besar tarif air tanah adalah 20%.

• Pajak Sarung Burung Walet

Pajak sarung burung walet adalah jenis pajak yang dikenakan atas pengambilan sarang burung walet, sehingga tarif pajak yang akan dikenakan sebesar 10%.

custom-form-newsletter

• Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan

Pajak bumi dan bangunan ini dikenakan atas bumi atau bangunan yang dikuasai, dimiliki atau dimanfaatkan oleh masyarakat maupun badan. Maka tarif pajak yang harus ditanggung sebesar 0,3%.

• Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan

Pajak ini merupakan jenis pajak yang dikenakan atas perolehan tanah dan bangunan oleh orang pribadi atau badan tertentu. Misalnya melalui transaksi jual beli, tukar menukar, warisan dan lainnya. Tarif pajak yang dikenakan dalam bea perolehan hak atas tanah dan bangunan ini adalah sebesar 5%.

Itulah beberapa penjelasan mengenai sebuah pajak daerah. Tentu ada banyak hal yang perlu diketahui dalam sistem perpajakan di Indonesia. Baik pengusaha maupun perorangan yang telah dinyatakan sebagai wajib pajak harus tahu betul dasar dan mekanisme perpajakan di Indonesia. Terutama bagi Anda sebagai pebisnis, membayar pajak merupakan suatu kewajiban yang harus Anda lakukan dalam bisnis Anda.

Bukan hanya pajak daerah saja yang perlu Anda perhatikan sebagai pebisnis. Arus kas perusahaan Anda yang tengah berlangsung juga perlu dikelola dengan baik. Untuk memudahkan Anda membereskannya, kini sudah ada Harmony Accounting Software yang bisa menjadi solusi pembukuan Anda.

Harmony adalah sebuah software akuntansi yang cukup handal dalam melakukan pembukuan, pencatatan, pelaporan keuangan, dan mekanisme perpajakan. Dapatkan FREE akun selama 30 hari dengan klik di sini.

Info selengkapnya juga bisa diperoleh dari akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony. Ingin terima beres laporan keuangan perusahaan Anda? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/