Harmony Blog

Sistem Ekonomi Komando: Pengertian, Fungsi, dan Penerapannya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

sistem ekonomi komandoPin

Corona virus masih menjadi pandemik pada pertumbuhan perekonomian dunia, terutama negara yang menganut sistem ekonomi komando atau terpusat yaitu negara Cina. Sistem ekonomi komando dimana pemerintah mengatur penuh pada segala aktivitas ekonomi yang ada di negara tersebut.

Seperti dilansir dari media online finance.detik.com negara cina mengalami penurunan ekonomi terbesar sepanjang sejarah berada di angka 4 % lebih rendah dibandingkan dengan periode akhir 2019 di level 6 dan beberapa pabrik-pabrik besar seperti iphone, faxconn mengaku pasrah jika produksi belum bisa kembali normal.

Sedangkan pemerintah cina sebagai penganut sistem ekonomi komando dipimpin oleh presiden Xi Jinping sendiri mengeluarkan kebijakan moneter akan diperkuat dan difokuskan pada membantu ekonomi riil dengan pemulihan secara bertahap untuk pabrik agar tetap bisa produksi dan membiarkan bisnis dibuka kembali (seperti dilansir dari media online kabar24.bisnis.com). kali ini akan dibahas mengenai sistem ekonomi komando pengertian fungsi dan penerapannya. Simak terus artikel ini

Dalam sistem ekonomi komando membuat pemerintah mengambil-alih semua sektor ekonomi dan menyediakan semua kebutuhan warganya secara merata.

Pengertian Sistem Ekonomi Komando

Adapun beberapa pengertian dari beberapa sumber sebagai berikut:

Menurut Wikipedia.org, pengertian sistem ekonomi komando atau terencana adalah sistem ekonomi yang mengatur investasi dan alokasi modal sesuai dengan rencana-rencana ekonomi dan produksi yang telah dicanangkan. Ekonomi terencana sering dikaitkan dengan sosialisme, dan dalam sejarah didukung serta diimplementasikan oleh negara sosialis Marxis-Leninis.

Menurut Chester A Bemand, merupakan suatu kesatuan yang terpadu yang secara kolestik yang di dalamnya ada bagian-bagian dan masing-masing bagian itu memiliki ciri dan batas tersendiri diatur oleh pemerintah.

Menurut Dumatry (1996), suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antar manusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu ketahanan atas wewenang semua diatur oleh pemerintah.

Menurut Gregory Grossman and M. Manu, sekumpulan komponen-komponen atau unsur-unsur yang terdiri dari atas unit-unit dan agen-agen ekonomi, serta lembaga-lembaga.

Dari keempat pengertian diatas dapat disimpulkan sistem ekonomi komando merupakan sistem negara yang mengatur dan mengelola segala tindakan ekonomi setiap warganya diatur dan badan usahanya langsung dimiliki pemerintah. Merupakan perubahan dari sistem ekonomi tradisional yang adanya perubahaan dari segi produksi biasanya para pengusaha kekurangan modal untuk berkembang.

Sedangkan dalam sistem ekonomi komando tidak akan mengalami kekurangan modal karena semua badan usaha dimiliki langsung oleh pemerintah, namun mematikan inisiatif dan kreativitas rakyat dan terbatasnya kepemilikan sumber daya ekonomi. Negara yang masih menganut sistem ekonomi komando seperti Vietnam, Cuba, Korea utara dan Tiongkok.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Fungsi Sistem Ekonomi Komando

Adapun beberapa fungsional dari sistem ini dalam suatu negara, diantaranya sebagai berikut:

1. Menghindari Terjadinya Monopoli Pasar

Ini yang menjadi tujuan penting dari sistem ekonomi komando dengan semua aktivitas ekonomi dan badan usaha dikuasai oleh pemerintah sehingga tidak ada suatu kalangan yang akan menguasai pasar persaingan. Fungsi pemerintah akan memenuhi kebutuhan semua masyarakatnya secara merata tanpa membeda-bedakan suatu kalangan.

2. Meningkatkan Kekuatan Industri

Fungsi pemerintah disini akan mulai untuk merealisasikan proyek-proyek besar dengan satu komando presiden sebagai kepala pemerintahan sekaligus kepala pemusatan dibidang industri.

3. Kesejahteraan Sosial Menjadi Prioritas Utama

Dengan sistem ekonomi komando ini menghilangkan kesenjangan sosial antar masyarakatnya terutama pada perbedaan pendapatan dari masing-masingnya. Dan kesenjangan antara si kaya dan si miskin akan berkurang.

4. Menjadikan Pemerintah Sebagai Pusat Kendali Semua Aspek Ekonomi

Pemerintah disini akan berfungsi sebagai pusat pengendali dari aspek ekonomi seperti aspek produksi bahan pokok, seputar permintaan dan keseimbangan harga pasar. Dengan begitu secara tidak langsung pemerintah mengawasi jika terjadi tanda-tanda inflasi.

5. Percepatan Pembangunan Nasional

Tidak usah menunggu investor swasta tetapi fungsi membuat pemerintah sebagai pemegang kuasa penuh terhadap pembangunan nasional seperti pembangunan infrastruktur, pembuatan jalan tol, membangun fasilitas kesehatan dan fasilitas umum lainnya.

6. Mengatasi Masalah Ekonomi Modern

Peran pemerintah dalam mengatasi masalah ekonomi modern dengan mengatur proses produksi sehingga masalah kesulitan akan produksi apa yang harus dipriotaskan dapat teratasi dengan baik.

7. Penerapan Prinsip Ekonomi

Bentuk intervensi dan penentuan standar hidup yang dilakukan pemerintah merupakan bentuk dari penerapan prinsip ekonomi. Pemerintah pada sistem ekonomi komando dapat menetapkan apa yang dibutuhkan masyarakatnya.

8. Mengurangi Tingkat Pengangguran

Dengan sistem ekonomi komando setiap masyarakat akan diberikan kesempatan yang sama khususnya pekerjaan dari pemerintah. Dengan begitu tingkat pengangguran akan rendah guna untuk menstabilkan pendapatan nasional dan perekenomian negara.

Penerapan Sistem Ekonomi Komando

Sistem ekonomi komando atau bisa dikenal dengan sistem ekonomi terpusat diterapkan oleh negara-negara yang menganut ideologi komunis atau sosialis. Sebut saja Korea Utara yang hingga saat ini masih menganut sistem ekonomi komando, hal ini dikuat dengan segala aktivitas perekenomian korea utara harus mendapatkan izin dari presiden Kim Jong Un.

Negara lain yang menganut sistem ekonomi komando adalah Kuba, dimana pemerintahan melakukan perencanaan secara terpusat sehingga produksi hingga distribusi kebutuhan pokok dikelola oleh pemerintah yang dipimpin oleh presiden Miguel Mario Diaz menegaskan faham komunisme akan bertahan dan tetap dilanjutkan guna untuk dapat mempertahankan perekonomian kuba.

Negara berikutnya adalah Vietnam yang menganut sistem ini sejak mendapatkan kedaulatan kemerdekaan dari prancis tahun 1945 semenjak itu pemerintah Vietnam mengatur semua aktivitas ekonomi untuk menjadikan pemerintah tepusat. Barulah tahun 1990 terbentuknya partai komunis Vietnam yang menetapakan bahwa pemerintahan memberikan kesempatan kepada pihak swasta untuk turut serta dalam bidang ekonomi.

Seperti itulah penjelasan mengenai sistem ekonomi komando pengertian, fungsi maupun penerapannya. Dengan begitu Anda mengetahui bahwa sistem ekonomi hingga saat ini masih tetap digunakan dikarenakan sistem ekonomi sangat membantu kesejahteraan masyarakat terutama kesejahteraan para pelaku UKM untuk tetap bisa menghasilkan profit atau keuntungan.

Untuk menghitung omset dan profit Anda membutuhkan alat bantu seperti software akuntansi. Dengan adanya software akuntansi Anda dapat bisa fokus pada pengembangan bisnis biar urusan pengelolaan keuangan dikerjakan oleh software akuntansi.

Software akuntansi ini dapat membantu segala keperluan keuangan bisnis Anda dalam satu sistem aplikasi keuangan bisnis bernama “Harmony Smart Accounting Solution” yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony