Harmony Blog

Masalah Ekonomi Modern yang Sering Dihadapi Oleh Pebisnis

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

masalah ekonomi modernPin

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang terunik didunia , maka dari itu tidak heran ilmu ekonomi ini mempunyai  perjalanan dan sejarah yang Panjang hingga sekarang ini. Karena dari pemahaman tentang sistem ekonomi itu sendiri, maka Anda akan mengetahui dan mengklasifikasi tentang masalah ekonomi modern yang sering dihadapi oleh pebisnis.

Masalah Ekonomi Modern Saat ini Bisa ditekan dengan cukup mengetahui produk yang Anda tawarkan apakah sudah tepat guna dan bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia atau tidak.

Selain dengan sejalannya perubahan zaman hingga saat ini , perkembangan ekonomi juga masih terus berkembang serta masih banyak masalah ekonomi yang beraneka ragam peristiwa. Permasalahan yang dapat dibilang banyak ini pun terjadi karena terus meningkatnya kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Untuk itu perlu adanya pemahaman tentang definisi, fungsi dan jenis dari Sistem Ekonomi.

Definisi Ilmu Ekonomi

Jika ditelusuri berdasarkan pengertiannya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Ilmu Ekonomi adalah sebuah cabang ilmu yang merujuk pada berbagai asas –asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang atau kekayaan. Jadi ilmu ekonomi juga berhubungan dengan tata kehidupan perekonomian suatu negara. Maksud dari perekonomian disini mencakup semua tindakan seperti aturan dan cara untuk menjalankan usaha berekonomi (perdagangan dan perindustrian). Dan di dalam ilmu ekonomi juga terdapat beberapa masalah ekonomi yang terjadi. Karena dimana setiap proses ekonomi tentunya akan selalu dihadapkan dengan berbagai masalah yang tidak sedikit. Namun seiring berjalannya waktu masalah yang timbul akan bergerak dan memunculkan istilah baru, yaitu istilah masalah ekonomi modern.

3 Masalah Ekonomi Modern Yang Sering Dihadapi

Masalah ekonomi Modern tersebut timbul yang diakibatkan dari perkembangan antara kebutuhan konsumen terkadang tidak sebanding dengan proses produksi sebuah produk atau jasa yang ditawarkan. Untuk merumuskan masalah ekonomi modern yang terjadi saat ini, dapat menggunakan formula What, Whom, dan How. Dan saat ini Harmony telah merangkum menjadi 3 Masalah Ekonomi Modern yang sering dialami oleh para pebisnis, sebagai berikut :

1. Apa Saja Yang Akan Diproduksi ( What)

Hal yang pertama yang menjadi masalah ekonomi modern saat ini yang dialami oleh para pebisnis, biasanya mereka akan kesulitan menentukan barang atau jasa apa yang diproduksi agar peminat dan konsumennya tertarik dan apa yang sedang terjadi saat ini bisa menjadi acuan dalam memilih dan membuat barang atau jasa yang ingin diproduksi. Karena biasanya para pebisnis kebanyakan memulai produksi dengan tanpa memikirkan matang-matang produk apa yang akan diproduksi, apakah nanti produk tersebut laku di pasaran atau bahkan menjadi sebuah tumpukan yang tidak terpakai. Untuk itu dipastikan Kembali apakah produk yang akan dibuat tersebut menjadi sebuah kebutuhan masyarakat atau konsumen nantinya atau tidak. Untuk bisa dilakukan penentuan tersebut agar tepat sasaran, Anda bisa mempertimbangkan hal-hal faktor apa saja yang mempengaruhi kebutuhan masyarakat sebagai konsumen Anda nantinya seperti berikut ini :

2. Keinginan untuk Memenuhi Kebutuhan Pokok Demi Kelangsungan Hidup.

Faktor mendasar yang perlu diperhatikan adalah adanya insting dari manusia untuk terus mencari sesuatu agar bisa memenuhi kebutuhan untuk kelangsungan hidupnya. Beberapa hal pokok yang dibutuhkan manusia, misalnya pangan, sandang dan papan. Kebutuhan inilah yang wajib dipenuhi sehingga produsen harus memproduksinya agar kelangsungan hidup manusia dapat terjamin.

3. Adanya Sifat Manusia yang Kurang Puas Terhadap Apapun.

Faktor selanjutnya adalah adanya sifat selalu kurang puas yang dimiliki oleh manusia. Sifat inilah yang akan selalu memunculkan kebutuhan baru, sehingga akan menimbulkan permasalahan. Salah satu contoh nyata adalah adanya permintaan untuk obat pelangsing ataupun penambah berat badan. Hal ini timbul karena ketidakpuasan manusia dengan bentuk tubuh yang mereka miliki. Maka dari itu, dengan memperhatikan sifat ini, produsen dapat memutuskan barang apa yang perlu dibuat.

4. Adanya Tingkat Keingintahuan Manusia yang Cukup Tinggi

Selain merasa selalu kurang puas, biasanya manusia juga memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Rasa ingin tahu inilah yang dapat mendorong manusia untuk menciptakan atau meminta segala macam produk demi tercapainya kepuasan mereka.

Misalnya rasa ingin tahu manusia untuk mencoba mobil balap dengan kecapatan yang tinggi membuat produsen berlomba-lomba menyediakan dan memproduksi mobil dengan kecapatan tinggi yang diproduksi secara massal. Hal tersebut dilakukan untuk memuaskan rasa ingin tahu yang dimiliki sebagai manusia.

5. Adanya Keinginan Untuk Lebih Memudahkan Setiap Kegiatan dan Pekerjaan yang Dilakukan Manusia.

Faktor selanjutnya adalah adanya keinginan untuk memudahkan segala bentuk pekerjaan yang dilakukan. Hal ini juga akan mendorong pebisnis untuk mencipatakan produk yang bisa mengabulkan keinginan para calon konsumennya.

Misalnya, dahulu sangat sulit untuk menemukan moda transportasi yang simple dan bisa melewati jalan-jalan kecil dan gang yang disebut dengan ojek, dan jikapun ada, para pengemudi ojek biasanya akan melakukan tarif yang cukup mahal. Namun seiring dengan perkembangan waktu dan teknologi, maka pebisnis sadar akan kebutuhan masyarakat yang akan menjadi konsumen mereka nantinya, maka terciptalah yang namanya ojek online.

Semakin berkembangnya ojek online dari sisi fungsionalitas dan manfaatnya, tidak dapat dipungkiri lagi, kini ojek online bertransformasi menjadi kurir pribadi Anda yang dapat memudahkan Anda dalam pengantaran barang kepada konsumen Anda tanpa memikirkan ongkos kirim yang mahal.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

6. Sifat Manusia Cenderung Lebih Suka Menirukan Seseorang atau Sesuatu.

Faktor lainnya yang terakhir adalah sifat manusia yang suka meniru. Hal ini mengakibatkan akan timbulnya kebutuhan baru yang harus dipenuhi manusia. Sifat meniru ini, bisa terlihat dari tingkah laku, ataupun gaya hidup, baik itu dari televisi, majalah, sosial media, hingga orang lain yang dijadikan panutan.

7. Untuk Siapa Saja Diproduksi (Whom)

Setelah Anda telah menentukan produk apa yang akan diproduksi untuk kebutuhan massal, maka hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah tujuan memproduksi produk tersebut kepada siapa merupakan hal yang penting yang bisa Anda jadikan referensi, jika Anda adalah seorang pebisnis yang baru akan menjalankan bisnis Anda. Setelah Anda menentukan kepada siapa saja produk yang nanti Anda tawarkan, perlu juga untuk membuat strategi bisnis agar ampuh mendatangkan penjualan yang meningkat.

8. Bagaimana Cara Memproduksinya (How)

Langkah berikutnya yang harus dilakukan oleh pebisnis adalah memikirkan bagaimana cara memproduksi barang tersebut. Cara memproduksi ini berkaitan erat dengan proses penggabungan sumber daya (faktor produksi) yang dibutuhkan untuk memproduksi barang.

Untuk menentukan cara produksi yang sesuai, salah satu aspek yang harus dipertimbangkan oleh produsen adalah efisiensi atau penghematannya. Penghematan ini bisa dilakukan dengan cara menetapkan biaya produksi untuk menghasilkan produk yang maksimal.

Selain itu, jika kamu berperan menjadi seorang produsen, pertimbangkan penggunaan mesin-mesin modern yang digunakan untuk proses produksi. Jika perusahaanmu sedang menerima sedikit permintaan, penggunaan mesin modern rasanya kurang diperlukan, selama demand tersebut bisa dipenuhi dengan tenaga manual.

Hal tersebut, nantinya akan berhubungan dengan penggunaan sumber daya manusia untuk mengurangi jumlah pengangguran. Selain itu, pertanyaan seperti, apakah cara produksi tersebut bisa menyebabkan pencemaran lingkungan pasti akan muncul. Oleh karena itu, hal-hal tersebut harus kamu perhatikan sebelum melakukan proses produksi.

Dengan mengenali beberapa permasalahan dasar dalam ekonomi modern, akan membantu sebuah perusahaan dalam merencanakan proses produksi mereka. Meskipun masalah ekonomi modern ini terkesan mudah dikenali, namun untuk menyelesaikan masalah tersebut, membutuhkan waktu dan biaya yang cukup besar, terutama untuk melakukan risetnya. Sehingga, masalah ekonomi modern ini masih sering muncul dan kerap terjadi di lingkungan sekitar Anda.

Salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan ekonomi yang timbul adalah dengan memiliki pencatatan keuangan yang terkelola dengan baik. Karena, dengan pencatatan keuangan yang baik, berarti Anda sudah memiliki perencanaan yang matang.

Untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan, Anda bisa menggunakan aplikasi yang sudah banyak beredar di masyarakat, salah satunya Harmony Smart Accounting Solution. Karena dengan menggunakan Harmony yang telah menggunakan sistem akuntansi berbasis Cloud Technology untuk dapat membantu menemani Anda dalam pencatatan keuangan bisnis yang sedang dijalani secara real time.

Gunakan Harmony Smart Accounting Solution sebagai solusi praktis dalam menangani masalah tersebut. Dan Anda bisa menyaksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pemilik bisnis dan profesi akuntansi lainnya untuk memiliki pembukuan yang rapih melalui konferensi tahunan kami di FinTax Fair. Daftarkan diri Anda disini, dan dapatkan GRATIS 30 Hari penggunaannya sekarang, dan jadilah salah satu pebisnis yang revolusioner dalam kemajuan teknologi pembukuan keuangan masa kini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony