Harmony Blog

Memanfaatkan Strategi Community Marketing Untuk Mendapatkan Leads

Diupdate Feb 24th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

community marketingPin

Sejatinya dalam dunia bisnis , Anda harus mengetahui apa saja strategi dalam pemasaran atau biasa disebut strategi marketing. Salah satu yang akan dibahas kali ini adalah Community Marketing.

Membangun community marketing telah terbukti tidak hanya dapat mendatangkan penjualan dan brand awareness, namun juga dapat membangun hubungan baik kepada para costumer atau klien.

Sebelum berkembangnya zaman menjadi sekarang ini, pebisnis melakukan bisnis secara offline dan sekarang ini semakin berkembangnya zaman  pebisnis banyak melakukan bisnis secara online. Maka dari itu para pebisnis harus mengetahui cara cepat mengubah bisnis offline Anda menjadi online.

Pengertian Community Marketing

Banyak jenis strategi bisnis yang dapat Anda pelajari untuk meningkatkan penjualan, salah satunya adalah strategi community marketing.

Namun, sebelum mempelajari Langkah-langkah strategi Community Marketing, disarankan terlebih dahulu mengetahui definisi dari Community Marketing itu sendiri. Dan pengertian Community Marketing adalah suatu trik yang mengikutsertakan suatu brand atau bisnis untuk berkomunikasi dengan sebuah komunitas atau organisasi yang dimana orang-orang di dalamnya mempunyai visi dan misi yang sama.

Seringnya komunikasi tersebut dilakukan pada ruang lingkup online seperti grup online media sosial , situs blog yang tertarget atau bisa juga dengan online message board forum. Sesuai dengan hal diatas ternyata community marketing dapat juga berguna untuk mendapatkan leads.

Strategi Community Marketing Untuk Mendapatkan Leads

Berangkat dari pengertian diatas, Anda akan mendapatkan beberapa trik, Langkah dan strategi Community Marketing yang bisa Anda jadikan referensi untuk mendapatkan Leads konsumen Anda. Dan beberapa strateginya adalah :

1. Tentukan Leads untuk dijadikan Target

Secara umum, leads merupakan petunjuk yang mengarahkan kepada sesuatu tujuan. Dalam dunia penjualan, lead berarti orang yang sedang mencari petunjuk solusi dari masalahnya yang terkait dengan produk. Mendapatkan lead berarti menemukan orang yang sedang membutuhkan solusi dari masalahnya. Dimana solusi  tersebut ada pada produk atau jasa kita. Karena menentukan leads yang tepat sama seperti menentukan segmen pasar yang tepat pada bisnis Anda.

2. Jadikan Komunitas tersebut sebagai Rekan

Komunitas memang akan menjadi target bisnis Anda, namun disarankan untuk tidak melakukan hardselling. Masuklah ke dalam komunitas tersebut sebagai rekan atau partner. Sering mengikuti acara-acara dan event yang dilakukan komunitas tersebut sembari melakukan edukasi serta meningkatkan awareness terhadap bisnis Anda dalam hal layanan dan kualitas.

3. Jadikan Influencer sebagai Ambassador

Pernah mendengar kata Word of Mouth? Word of Mouth merupakan salah satu jenis pemasaran yang berpengaruh cukup kuat. Teknik ini bisa Anda jadikan strategi berikutnya, dengan cara menemukan influencer yang dipercaya dan memiliki reputasi yang baik dalam suatu komunitas online, libatkan mereka untuk membangun komunitas yang kuat, dan buatlah mereka merasa seperti bagian dari tim Anda. Proses interaksi semacam ini akan membuat influencer tersebut menjadi brand ambassador Anda secara natural. Dengan Teknik endorsement pada bisnis Anda, Ambassador ini nantinya akan mempengaruhi sekitarnya atau pengikutnya dalam memperkenalkan produk Anda.

4. Membuat Rencana Community Marketing dan Melakukan Identifikasi

Setelah bergabung dan mengikuti event-event yang dilakukan oleh komunitas tersebut, Anda bisa mengidentifikasikan kebiasaan komunitas dan anggotanya tersebut untuk mendapatkan apa yang menjadi kebutuhan setiap anggota dari komunitas tersebut. Setelah itu Anda bisa menentukan dan membuat rencana pada komunitas tersebut, seperti berbagi pengalaman, edukasi, diskusi menjadi sponsor dan memberikan special gift bagi anggota komunitas tersebut.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Melakukan Strategi Community Marketing Secara Berkala

Jika Anda sudah membuat rencana tersebut, lakukanlah rencana tersebut saat ini namun tidak hanya dalam waktu singkat saja, namun usahakan dilakukan secara berkala. Hal tersebut berfungsi untuk menciptakan brand loyalty di dalam komunitas, serta brand awareness pada siapapun yang ada di dalamnya.

6. Gunakan Sosial Media Sebagai Media Interaksi

Menggunakan sosial media adalah salah satu cara memanfaatkan teknologi dalam peningkatan pemasaran, khususnya bagi Anda pemilik startup bisnis.

Karena kebanyakan sekarang para komunitas sudah menggunakan sosial media sebagai media interaksi mereka kepada sesame anggotanya. Lakukan perkenalan singkat terhadap produk Anda di sosial media tersebut. Dan Anda bisa mendapatkan beberapa komunitas lainnya juga di sosial media. Karena Sosial Media menjadi salah satu bagian dari digital marketing untuk meningkatkan omset bisnis Anda tersebut juga, apalagi ditengah pandemi seperti saat ini.

7. Lakukan Evaluasi dan Review secara Berkala

Progress yang dihasilkan dalam strategi ini tidak bisa didapatkan hanya dalam beberapa hari atau beberapa pekan saja. Sembari Anda melakukannya secara rutin, Anda bisa mengevaluasi dan melakukan review terhadap apa yang sudah Anda lakukan. Hal Apa saja yang Anda lakukan yang kurang berkenan terhadap anggota pada komunitas tersebut, dan masih banyak lagi hal yang harus dievaluasi. Melakukan evaluasi dan review ini berfungsi untuk mengatur manajemen resiko yang terjadi pada bisnis Anda dalam menggunakan strategi community marketing ini.

8. Be Patient

Untuk mendapatkan hasil yang diharapkan, tetaplah bersabar dan sembari tetap melakukan strategi community marketing tersebut secara rutin. Anda juga bisa mencari komunitas baru lagi. Karena kunci dari strategi ini adalah bertekun dan konsisten, untuk mendapatkan dan membangun hubungan erat dan saling percaya.

Dengan memanfaatkan strategi community marketing Anda bisa mendapatkan leads dengan baik sesuai yang ditargetkan. Namun Anda pun harus pintar-pintar dalam melakukan strategi community marketing karena terkadang jika dilakukan secara online tersebut akan hilang sentuhan personalnya dari brand tersebut.  Untuk menjalankan strategi khusus dalam community marketing tersebut seperti membuat event-event, menjadi sponsor dalam event komunitas tersebut, dan juga untuk membuat special gift pada anggota-anggota di dalam sebuah komunitas, tentunya membutuhkan perhatian khusus dalam pembuatan laporan keuangan.

Hal ini berfungsi dalam penghematan biaya-biaya yang dilakukan untuk menjalankan strategi tersebut. Dan dalam pembuatan laporan keuangan tersebut dibutuhkan teman setia yang dapat membantu Anda membuat laporan keuangan yang tersusun rapi, aman, dan tertata dengan baik, agar nantinya Anda dapat mengontrol budget dan pengeluaran secara real time yang dilakukan oleh bisnis Anda tersebut.

Harmony menjadi satu-satunya software akuntansi yang memberikan solusi sebagai teman setia dalam pembuatan laporan keuangan bisnis Anda. Tidak ada alasan lagi saat ini untuk tidak menggunakan software akuntansi berbasis cloud technology.

Gunakan Harmony Smart Accounting Solution sebagai solusi praktis dalam menangani masalah laporan keuangan yang ribet. Dan Anda bisa menyaksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pemilik bisnis dan profesi akuntansi lainnya untuk memiliki pembukuan yang rapih melalui konferensi tahunan kami di FinTax Fair. Daftarkan diri Anda disini, dan dapatkan GRATIS 30 Hari penggunaannya sekarang, dan jadilah salah satu pebisnis yang revolusioner dalam kemajuan teknologi pembukuan keuangan masa kini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony