Organisasi : Pengertian, Tujuan, dan Manfaat yang dapat Anda Ambil
Harmony Blog
Business
Organisasi : Pengertian, Tujuan, dan Manfaat yang dapat Anda Ambil
April 3, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Indonesia merupakan salah satu negara dengan identitas sering berkumpulnya masyarakat satu dengan yang lainnya. Dan hal tersebut menjadi salah satu aktifitas yang banyak disukai untuk semua orang dari yang muda hingga yang tua. Dari kegiatan bermain, nongkrong, gosip, sampai melakukan kegiatan bermanfaat. Namun apakah kegiatan tersebut termasuk organisasi? Semuanya itu akan dijelaskan lebih mendalam pada artikel ini.

Apa Perbedaannya Berkumpul dan Melakukan Kegiatan Organisasi?

Diantara aktifitas – aktifitas yang dilakukan, Anda sebagai manusia yang dapat dibilang sebagai makhluk sosial, yang mana tidak akan pernah bisa hidup tanpa adanya bantuan dari manusia lainnya dengan kata lain kita butuh kerja sama yang saling melengkapi antara kelebihan dan kekurangan seseorang, sehingga tujuan yang tadinya hendak kita capai dapat terwujud dengan mudah.

Karena di dalam organisasi tersebut terdiri dari kelompok orang yang memiliki tujuan secara umum saling mengakrabkan diri, menjalin silahturahmi namun sembari melakukan kegiatan-kegiatan dan aktifitas antar sesama anggotanya. Seperti contoh, Anda bisa melakukan pertemuan sesama anggota organisasi untuk membahas tentang memulai bisnis yang menguntungkan. Jadi, secara umum, Organisasi merupakan  suatu kelompok orang yang berkumpul dan bekerja sama untuk suatu tujuan.

Dengan adanya organisasi Anda dapat menambah pengetahuan dan wawasan anda serta dapat membangun kepribadian serta emotional intelegent Anda lebih baik

Pengertian Organisasi

Ada beragam definisi dan pengertian Organisasi lebih mendalam yang dikemukakan para ahli filosofi. Namun sebenarnya seluruh pengertian tersebut memiliki satu tujuan penjelasan. Menurut Stephen P. Robbinspengertian organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

Tujuan Organisasi

Adapun tujuannya secara umum yaitu sebagai wadah Bersama – sama mencapai tujuan/ keuntungan yang bermanfaat secara Bersama – sama, sebagai tempat untuk melatih dan menambah pengetahuan, pergaulan, kemampuan, kemandirian serta sumber daya yang dimiliki.

1. Lebih mengutamakan kebersamaan

Didalam sebuah organisasi pastinya Anda akan lebih dituntut untuk lebih mementingkan kebersamaan karena didalamnya selalu menyangkut dengan orang banyak yang dimana kita harus bekerja sama dengan anggota lainnya dan tidak dapat membebankan hanya pada satu orang saja. Jadi setiap anggota nya akan lebih termotivasi untuk saling bekerja sama supaya tujuan meraka cepat tercapai.

2. Mudahnya dalam menyelesaikan masalah

Masalah adalah hal yang tidak akan pernah bisa kita hindari, namun bisa bahkan harus kita atasi. Didalam sebuah organisasi itu, masalah adalah lumrah untuk diperbincangkan dikarenakan setiap anggota itu mempunyai pendapat dan karakter yang berbeda namun disini lah peranan penting sebuah organisasi dimana masalah yang timbul itu tidak akan dibebankan atau diputuskan oleh salah satu anggota saja tp seluruh anggota harus ikut aktif dalam memecahkan masalah tersebut.

3. Mengajarkan atau membudayakan jiwa kepemimpinan

Sejatinya Tuhan sudah menganugrahkan jiwa kepemimpinan manusia itu sendiri sejak mereka lahir, namun tidak semua orang yang dapat menjadi seorang pemimpin, hal ini karena kemampuan yang dimiliki oleh manusia itu berbeda. Didalam sebuah organisasi Anda dapat melatih jiwa kepemimpinan Anda karena disini anda diberi kesempatan untuk belajar dan berkembang menciptakan inovasi dan kreatifitas serta selalu berpikiran positif, dilatih menjadi lebih berani dalam mengambil keputusan dengan seksama dan tidak egois, dan pada oraganisasi Anda juga akan dilatih bagaimana mengatur manajemen yang baik, serta bagaimana menerapkan fungsi manajemen.

4. Menumbuhkan sikap disiplin dan etos kerja didalam dirinya

Sikap disiplin itu sangat penting untuk semua orang khusunya untuk para pekerja. Karena dengan disiplin pekerjaan anda dapat terorganisir dan dapat membawa dampak yang baik untuk lingkungan pekerjaan, namun tidak semua orang yang dapat menerapkan sikap disiplin dan etos kerja yang baik, sehingga bisa menghambat mereka dalam berkarier. Dengan berorganisasi Anda dapat menumbuhkan sikap disiplin dan etos kerja yang baik dalam diri Anda karena kita akan terlatih dengan sendirinya untuk menempati janji, berkomitmen dan lain sebagainya. Untuk menjadikan Anda sebagai seorang yang disiplin dan memiliki etos kerja, di dalam sebuah organisasi juga perlu dan butuh Standar Operasional Prosedur yang dapat dijadikan indicator untuk beberapa anggota dalam organisasi tersebut apakah mereka sudah bertindak disiplin atau tidak.

Baca Juga : Standar Operasional Prosedur (SOP): Cara Membuat dan Manfaatnya

5. Dapat membina emotional intelegent

Selain kepribadian Anda yang dapat terbentuk menjadi lebih baik, Organisasi juga dapat membina atau membentuk emotional intelegent anda, sehingga Anda akan lebih percaya diri dalam bersosialisasi.

6. Menambah pengetahuan dan wawasan seseorang

Pengetahuan dan wawasan yang luas sangatlah penting untuk manusia sebagai mahluk sosial, baik untuk menguatkan suatu argumen dalam berpendapat ataupun untuk berkomunikasi. Namun sayangnya terkadang manusia belum mempunyai pengetahuan dan wawasan yang cukup luas. Namun di dalam organisasi, anda akan selalu berinteraksi dengan sesama anggota lainnya atau bahkan para pengurus organisasi tersebut, yang menimbulkan bertambahnya pengetahuan dan wawasan Anda karena adanya saling bertukar informasi dan wawasan tersebut tadi.

Setelah Anda mengetahui pengertian , tujuan dan manfaatnya berorganisasi, Anda bisa menjadikan organisasi sebagai wadah untuk bersosialisasi dan menjalin silahturahmi. Namun perlu diketahui bahwa organisasi juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk belajar tentang mengelola keuangan yang efektif.

Dan organisasi juga membutuhkan kondisi finansial dan catatan keuangan yang transparan dan rapi agar bisa diketahui oleh seluruh anggota organisasi. Namun untuk merealisasikan hal tersebut, perlu adanya satu sistem yang dapat membantu pembukuan keuangannya. Apalagi sistem itu dengan mudah diakses, mudah digunakan dan harga yang terjangkau mengingat kondisi finansial organisasi berbeda dengan kondisi finansial sebuah perusahaan atau korporasi.

Semua keinginan tersebut akan menjadi tidak sekedar mimpi belaka, karena untuk merealisasikannya perlu adanya sistem software accounting bernama Harmony Smart Accounting Solution yang mampu membantu anda menjadikan pembukuan yang lebih rapi, mudah digunakan dan transparan. Penasaran bagaiman kehebatan Harmony Smart Accounting Solution tersebut bekerja membantu Anda? Daftarkan diri anda disini dan dapatkan GRATIS 30 Hari dan nikmati kemudahan pembukuan keuangan dalam genggaman!

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/