4 Trik Rahasia Melakukan Endorse Untuk Bisnis Anda
Harmony Blog
Business
4 Trik Rahasia Melakukan Endorse Untuk Bisnis Anda
April 1, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Peningkatan penjualan suatu produk tidak terlepas dari peranan pentingnya masyarakat dan konsumen mengetahui akan keberadaan brand/merk produk tersebut. Semakin orang-orang mengenal akan merk/brand produk tersebut, maka para konsumen akan semakin terbiasa dan seringnya menggunakannyat. Untuk itu Anda perlu menerapkan branding dalam bisnis Anda dan juga salah satu yang cukup ampuh adalah menggunakan teknis Endorse atau Endorsement.

Apakah Endorse Dapat Meningkatan Penjualan Anda?

Pentingnya eksistensi suatu produk/brand tersebut memiliki dampak yang disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu diantaranya adalah adanya peranan endorse didalamnya.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan Endorse, seberapa kuat kah peranan strategi tersebut dalam peningkatan penjualan suatu produk, serta Bagaimana trik rahasia melakukan endorse pada bisnis Anda? Semuanya akan dibahas lebih detail pada artikel ini.

Endorse memiliki kekuatan yang cukup menarik untuk bisa dijadikan sebagai peningkatan penjualan produk dan branding image.

Definisi Endorse

Endorse adalah istilah yang berasal dari kata Endorsement. Secara harafiah, Endorsement merupakan bentuk dukungan atau rekomendasi yang diberikan oleh seseorang kepada suatu merek atau produk, di mana dukungan tersebut dilakukan oleh seseorang yang memiliki pengaruh atau figur publik, misalnya seorang seniman.

Dengan kata lain, arti endorsement adalah jenis promosi tertentu yang menggunakan selebritas atau profesional untuk mengatakan hal-hal baik tentang merek, produk, atau layanan.

Kata Endorse sangat erat kaitannya dengan dunia pemasaran. Banyak yang mengatakan bahwa pemasaran dukungan produk dari figur publik akan berdampak positif pada penjualan produk-produk ini.

Ada beberapa konsep pemasaran lainnya yang bisa dibaca pada artikel ini : 6 Konsep Pemasaran Efektif yang Harus Anda Tahu

Setelah anda mengetahui definisi endorsement itu sendiri, maka hal yang perlu anda ketahui adalah bagaimana endorsement itu dapat mempengaruhi peningkatan brand image dan penjualan produk anda.

Berikut 4 Trik Rahasia Endorse Untuk Bisnis Anda :

1. Teliti Dalam Memilih Endorser

Jika Anda tidak teliti dalam memilih Endorser, bisa jadi produk yang akan dipasarkan tidak sampai kepada target pembeli yang tepat. Jangan memilih Endorser yang hanya berdasarkan jumlah pengikut yang banyak atau tidak sesuai dengan image brand anda,  lebih baik pilih Endorser yang sesuai dengan karakter brand anda.

2. Cermati Rekam Jejak Endorser

Anda dapat mengamati postingan dan profil sosial medianya ketika Endorser tersebut mempromosikan sebuah produk. Anda bisa me-review pribadi terhadap produk yang sedang dipromosikannya dengan melihat tampilan foto dan caption yang dipakai cukup menarik dan sesuai dengan brand Anda. Anda juga bisa menilai dari banyaknya feedback positif dari para pengikutnya lewat komentar-komentar yang diberikan pada posting-an Endorser tersebut. Dengan begitu anda bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan apakah Endorser tersebut layak untuk mempromosikan produk Anda.

3. Pantau Kedekatan dengan Para Pengikut

Para endorser yang baik identik dengan mereka yang akrab dan ramah terhadap para pengikutnya karena engagement itu penting sehingga para pengikut merasakan kedekatan secara emosional terhadap endorser yang mereka ikutkan. Dengan begitu mereka pun akan muncul keinginan untuk mencoba produk-produk yang dimiliki atau ditawarkan oleh endorser tersebut.

4. Hindari Besar Pasak daripada Tiang

Biasanya semakin terkenal selebgram/artis/endorser tersebut , semakin banyak pengikutnya, maka semakin besar pula tarif yang mereka tetapkan jika ingin mempromosikan sebuah produk kepada mereka. Pastikan budget yang Anda tetapkan harus sesuai dengan tarif yang ditentukan oleh si-endorser tersebut. Lebih disarankan memilih endorser yang kecil, sesuai kantong Anda, namun memiliki kedekatan yang lebih emosional dengan para pengikutnya, daripada memilih endorser dengan tarif yang besar, follower yang banyak, namun feedback yang didapatkan dari pengikutnya sedikit.

Demikian artikel 4 Trik Rahasia Melakukan Endorse untuk Bisnis Anda yang bisa dijadikan rekomendasi untuk meningkatkan branding image dan penjualan produk Anda. Pastikan untuk menggunakan endorsement ini sesuai dengan budget yang anda sediakan agar bisa sebanding dengan pengeluaran yang dilakukan dengan pendapatan yang nantinya akan diterima. Untuk melakukan pencatatan laporan keuangan baik pengeluaran biaya endorsement dan lain-lain maupun pendapatan yang diterima, dibutuhkan satu sistem yang bisa melakukannya secara real time dan tanpa kendala tempat dan waktu.

Harmony Smart Accounting Solution hadir menjawab kebutuhan akan hal itu. Software ini dapat membantu Anda untuk melakukan pencatatan pengeluaran dan pemasukan keuangan pada bisnis Anda, selanjutnya Anda tinggal fokus memikirkan bagaimana bisnis Anda semakin berkembang lagi. Dan Bagaimana para pebisnis dapat mengembangkan bisnisnya lebih cepat lewat event tahunan yang diselenggarakan di FinTax. Kabar gembiranya saat ini sistem accounting berbasis cloud technology ini bisa anda nikmati GRATIS 30 Hari dengan cara mendaftar data diri Anda disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/