Harmony Blog

Maksimalkan Media Promosi Yang Tepat Untuk Penjualan Produk Anda

Diupdate Mar 11th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

media promosiPin

Promosi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan pemasaran suatu produk. Sedangkan pemasaran sendiri merupakan ujung tombak keberhasilan dalam menjalankan bisnis. Oleh karena itu, sebagai pebisnis, Anda harus mengetahui media promosi yang tepat untuk mengiklankan produk Anda. Di artikel ini kami akan mengulas tentang hal itu, simak penjelasannya berikut ini.

Pemilihan media promosi yang tepat sangat berperan dalam menentukan kesuksesan pemasaran produk Anda.

Pengertian Media Promosi

Media promosi adalah sarana yang digunakan untuk menunjang kegiatan promosi atau pengenalan suatu produk atau jasa kepada masyarakat luas. Pengertian lainnya, media promosi adalah tempat untuk mengiklankan produk atau jasa kepada calon pelanggan. Dari dua pengertian ini, bisa disimpulkan bahwa media promosi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan pemasaran dan penjualan suatu produk atau jasa.

Promosi yang efektif sangat penting untuk pebisnis bisa meraih kesukesan dalam pemasaran produk atau jasa mereka. Pemasaran sendiri termasuk bagian dari rencana strategis perusahaan dalam menjalankan bisnis untuk mencapai penjualan yang diinginkan. Oleh karena itu, cara promosi dan pemilihan media promosi yang tepat merupakan kunci dalam mencapai target penjualan perusahaan.

Fungsi Media Promosi

Berikut ini beberapa fungsi media promosi untuk suatu bisnis :

1. Sebagai Tempat Beriklan dan Informasi

Fungsi media promosi yang pertama adalah sebagai tempat beriklan atau memberikan informasi. Dengan melakukan iklan diharapkan dapat meningkatkan brand awareness produk yang dipasarkan. Brand awareness yang tinggi akan meningkatkan penjualan produk tersebut. Oleh karena itu, pemilihan media promosi yang efektif sangatlah menentukan hasil dari iklan Anda.

Yang dimaksud memberi informasi yaitu perusahaan yang melakukan promosi bisa menjelaskan tentang produk, kebijakan, klarifikasi masalah atau hal lainnya. Sifat informasi yang diberikan biasanya untuk mengedukasi atau pemberitahuan kepada masyarakat luas tentang hal-hal yang berhubungan dengan produk, merek atau kegiatan perusahaan.

2. Mampu Menarik Perhatian Konsumen

Melakukan promosi di media yang tepat tentu akan menarik perhatian konsumen. Tujuan akhirnya adalah konsumen tertarik untuk membeli produk Anda. Jadi, media promosi berperan penting dalam mengumpulkan leads atau calon konsumen lalu selanjutnya menjadi konsumen tetap atau konsumen loyal.

3. Untuk Menunjukkan Eksistensi  

Fungsi media promosi berikutnya adalah untuk menunjukkan eksistensi suatu brand atau perusahaan yang melakukan promosi. Mungkin saja brand yang dipromosikan sudah cukup terkenal tapi dengan tetap melakukannya di media yang tepat akan menunjukkan eksistensi brand itu. Hal ini termasuk bagian penting dalam menjalankan bisnis karena eksistensi brand atau perusahaan akan membuat kredibilitas brand atau perusahaan itu semakin tinggi.

Jenis-Jenis Media Promosi

Promosi merupakan bagian dari strategi perusahaan untuk memasarkan produk mereka. Pemasaran dapat dilakukan menggunakan media cetak dan elektronik. Berikut adalah jenis-jenis media promosi yang sering digunakan.

Brosur Sebagai Media Promosi

Brosur merupakan media yang sangat simpel dan relatif murah karena hanya membutuhkan kertas yang menampilkan informasi produk yang dipromosikan. Informasi itu harus disampaikan lewat tulisan dan desain yang menarik agar calon konsumen tertarik untuk mencari tahu atau membeli produk yang dipromosikan tersebut.

Misalnya, jika Anda mau memasarkan produk kerajinan, maka produk dan warna yang ditampilkan di brosur harus harus cocok agar saat dilihat calon konsumen maka produk itu telihat menarik. Beri informasi tentang keunikan produk kerajinan tersebut yang mungkin tidak mudah ditemukan pada produk atau tempat lain. Tambahkan juga informasi di mana atau bagaimana calon konsumen dapat membeli produk kerajinan Anda itu misalnya alamat showroom, nomor telepon, website atau akun sosial media.

Baca juga : 10 Cara Pemasaran Bisnis Ekspor Yang Dapat Anda Terapkan

Televisi

Televisi juga merupakan media yang cukup efektif karena memiliki jangkauan yang sangat luas. Biasanya, televisi digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar karena harganya tergolong mahal.

Media promosi 02Pin

Media Promosi Radio

Radio merupakan media yang sudah ada sejak lama. Target marketnya adalah orang-orang yang mendengarkan radio yaitu mereka yang sedang mengendarai mobil dan yang sedang menyetel radio di rumah, kantor atau tempat lainnya.

Poster

Poster merupakan media yang paling umum digunakan dan sering dijumpai di tempat keramaian. Ukuran poster yang relatif besar bisa mempermudah calon konsumen membaca atau melihatnya. Poster merupakan contoh media promosi konvensional dan harus ditaruh di tempat strategis yaitu yang sering dilewati banyak orang.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Banner

Banner atau spanduk merupakan media yang dicetak menggunakan print digital. Banner berukuran lebih besar dari poster dan juga merupakan contoh media promosi konvesional yang di pasang pada tempat-tempat yang ramai dan mudah dilihat orang. Misalnya, Anda mau memasarkan produk makanan maka lokasi yang tepat untuk memasang banner adalah di dekat lampu lalu lintas yang banyak dilewati orang.

Baca juga : Cara Cepat Pengembangan Cabang Bisnis Kuliner

Media promosi 03Pin

Media Promosi Online – Internet

Perkembangan zaman saat ini membuat internet merupakan media yang paling diminati dibandingkan jenis-jenis media promosi lainnya. Platform-platfom ternama seperti Youtube, Instagram, Facebook, TikTok, dan lain sebagainya sangat diminati pebisnis dalam mempromosikan produk mereka. Platform-platform tersebut merupakan contoh media promosi online yang bertumbuh dengan sangat pesat.

Kemudahan dalam memasang iklan, traffic pengunjung yang tinggi dan biaya yang relatif murah menjadikan media promosi online disukai pebisnis. Selain itu media promosi online juga dinilai efektif karena saat ini hampir semua orang menggunakan gadget atau komputer dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Selain media yang disebutkan di atas, ada media lain yang juga sering digunakan oleh berbagai macam perusahaan. Media promosi tersebut adalah merchandise, di mana perusahaan memberikan souvenir kepada konsumen mereka dengan mencantumkan nama atau merek produk perusahaan. Merchandise yang biasanya digunakan adalah payung, mug, buku, calendar, topi, jaket, USB, kaos, goody bag dan lain sebagainya.

Bagaimana, apakah Anda sudah memilih media promosi mana yang cocok untuk bisnis Anda? Pemilihan media promosi yang tepat memang sangat berperan dalam kesuksesan sebuah bisnis. Selain itu, agar bisnis semakin berkembang, Anda juga harus bisa mengelola keuangannya dengan optimal. Agar laporan keuangan usaha bisa dibuat dengan cepat dan mudah, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi dalam mengerjakannya.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony