9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet
Harmony Blog
Marketing
9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet
October 9, 2019
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Bisnis kuliner adalah bisnis yang pasarnya akan selalu ada. Bagaimana tidak, makanan adalah salah satu kebutuhan manusia yang paling pokok. Berbagai macam bentuk serta kemasan dipercantik agar dapat menarik konsumen.

Jika Anda saat ini sedang berbisnis makanan ada baiknya Anda harus mengetahui siapa target pasar Anda. Kemudian Anda dapat mencocokan produk Anda sesuai dengan kebutuhan target pasar Anda. Dalam artikel kali ini akan dibahas strategi pemasaran produk makanan yang meledakan omzet.

Bukan hanya rasa yang menjadi hal utama bagi bisnis kuliner, namun kemasan, foto produk dan lain sebagainya menjadi daya tarik calon pembeli

Bagaimana cara teknik pemasaran produk makanan secara efektif dan terbukti menghasilkan? Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, kita harus mengetahui apakah makanan yang kita produksi termasuk yang mudah basi atau tidak.

Jika makanan yang kita produksi termasuk kategori yang cepat basi, ada baiknya kita tidak memasarkan produk ke tempat yang jauh. Berbeda dengan makanan yang kering dimana kita bisa lebih leluasa menjangkau ke area yang lebih luas.

Baca Juga : Cara Cepat Pengembangan Cabang Bisnis Kuliner

Berikut adalah tips bagaimana memasarkan produk makanan agar omset Anda meningkat:

1. Kemasan Yang Pertama Diambil

Kemasan dalam strategi pemasaran makanan berperan penting untuk menarik calon pelanggan untuk mencicipi produk Anda. Bisa jadi produk Anda rasanya enak tetapi karena kemasan yang kurang menarik sehingga calon pelanggan tidak mau mengambil produk Anda. Jadi sangat disayangkan apabila kejadian seperti itu terjadi. Solusinya adalah buat kemasan sesuai dengan target market Anda. Misal, target market Anda anak muda, buatlah kemasan yg warnanya cerah, dan desain yang modern sesuai dengan selera mereka.

2. Buat Foto Produk Yang Menghipnotis

Salah satu elemen penting dalam strategi pemasaran makanan adalah membuat foto produk semenarik mungkin. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual. Dengan visual yang menarik orang akan terdorong membeli produk Anda. Gambar yang bagus, tagline yang menggoda serta copywriting yang ciamik, akan menggugah selera calon pelanggan untuk membeli.

3. Buat Website Perusahaan Anda

Memiliki website adalah suatu keharusan bagi para pemilik bisnis di era digital ini. Website diibaratkan rumah tempat kita berdagang serta media sosial adalah stand untuk mempromosikan produk Anda. Buatlah website sebagai pusat untuk menampung informasi tentang produk Anda. Ini akan mendukung pemasaran produk makanan Anda agar mempunyai wadah untuk customer mengunjungi etalase Anda.

Baca juga :Strategi UKM Dalam Menghadapi Era New Normal

4. Memasarkan Lewat Social Media

Jika Anda tidak memiliki tempat untuk berjualan anda bisa memasarkannya lewat online. Strategi ini sangat efektif untuk memangkas biaya sewa tempat. Seperti yang sudah dijelaskan di atas apabila makanan Anda termasuk makanan yang tidak cepat basi, Anda bisa menjualnya secara online. Namun bukan berarti makanan yang cepat basi tidak bisa di pasarkan secara online, hanya saja makanan yang lebih mudah basi akan lebih terbatas dalam distribusinya.

5. Bekerjasama Dengan Penyedia Layanan Pesan Antar

Memesan makanan lewat aplikasi sekarang menjadi suatu tren yang booming. Dimana kita dapat memesan makanan lewat gadget kemudian tidak lama kemudian makanan itu datang. Anda bisa bekerjasama dengan perusahaan yang sudah besar seperti gojek atau grab. Selain itu keuntungan bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan pesan antar adalah, kita bisa berjualan tanpa harus memiliki ruko atau tempat yg besar.

6. Endorse Kepada Selebgram Atau Orang Yang Berpengaruh

Salah satu strategi yang terbukti efektif mempromosikan produk Anda adalah, dengan bekerja sama dengan selebgram atau orang yang berpengaruh. Dimana mereka mempunyai pengikut banyak serta memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi untuk mencicipi suatu makanan.

Contoh, Produk Anda misalnya keripik pisang. Anda dapat mencari selebgram atau orang yg berpengaruh yang mempunyai followers banyak serta memang dia sudah terbiasa review makanan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan testimoni dari dia. Kemudian testimoni tersebut bisa Anda sebarkan untuk membantu Anda jualan.

custom-form-newsletter

7. Buat Promosi Yang Unik Dan Menarik 

Promosi yang unik dan menarik akan mendorong calon pelanggan untuk datang ke tempat Anda. Buatlah promosi yang bisa membuat orang penasaran sehingga orang tertarik untuk mengunjungi etalase Anda. Contoh, “Beli 3 gratis 2” atau “Gratis bagi yang ulang tahun” dan lain sebagainya, sesuaikan dengan produk Anda.

8. Merekrut Reseller

Apabila produk Anda marketnya sudah teredukasi serta orang tahu apa yang anda jual. Anda dapat merekrut reseller untuk membantu penjualan Anda. Jika Anda merekrut 10 orang, itu berarti Anda punya faktor kali yang bisa membantu penjualan sebanyak 10x lipat. Namun jangan rekrut reseller bila produk Anda demandnya belum tinggi, karena reseller akan tertarik ketika produk Anda sangat diinginkan pasar. Bukan barang yang yang sulit untuk dipasarkan.

9. Membuat Give Away

Tren yang sedang booming di dunia online sekarang adalah membuat giveaway. Anda dapat bekerja sama dengan selebgram atau orang yang berpengaruh untuk membagikan barang Anda tersebut secara gratis dengan syarat, mereka harus mempromosikan kepada temannya dengan jumlah tertentu. Pemenang yang berhasil, akan mendapatkan barang yang Anda jual serta menjadi testimoni untuk Anda sekaligus branding. Dengan begitu produk Anda akan lebih dikenal.

Itulah 9 strategi produk makanan yang bisa Anda jalankan. Setelah menerapkan strategi pemasaran tentunya Anda juga harus mengelola keuangan dengan baik, gunakan tools seperti Harmony software akuntansi online untuk membantu Anda dalam merapihkan pembukuan bisnis Anda sehingga Anda dapat fokus dalam mengembangkan bisnis Anda. Dapatkan 30 hari Gratis dengan mendaftar di website Harmony, klik disini.


Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/