9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet
Harmony Blog
Marketing
9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet
October 9, 2019
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Strategi pemasaran produk makanan menjadi hal yang penting dalam bisnis ini. Bisnis kuliner adalah bisnis yang pasarnya akan selalu ada. Bagaimana tidak, makanan adalah salah satu kebutuhan manusia yang paling pokok. Berbagai macam bentuk serta kemasan dipercantik agar dapat menarik konsumen.

Jika Anda saat ini sedang berbisnis makanan ada baiknya Anda harus mengetahui cara memasarkan produk makanan itu sendiri, lalu siapa target pasar Anda serta apa saja minat mereka. Kemudian Anda dapat mencocokan produk Anda sesuai dengan kebutuhan target pasar Anda. Dalam artikel kali ini akan dibahas strategi pemasaran produk makanan yang meledakan omzet.

Bukan hanya rasa yang menjadi hal utama bagi bisnis kuliner, namun kemasan, foto produk dan lain sebagainya menjadi daya tarik calon pembeli

Apabila produk Anda adalah makanan ringan, Anda dapat membaca juga 10 strategi pemasaran makanan ringan sebagai referensi tambahan. Sehingga Anda dapat mengetahui berbagai tips atau cara memasarkan produk makanan yang terbukti efektif dan mudah.

Bagaimana cara teknik pemasaran produk makanan secara efektif dan terbukti menghasilkan? Hal pertama yang harus diperhatikan adalah, kita harus mengetahui apakah makanan yang kita produksi termasuk yang mudah basi atau tidak.

Jika makanan yang kita produksi termasuk kategori yang cepat basi, ada baiknya kita tidak memasarkan produk ke tempat yang jauh. Berbeda dengan makanan yang kering dimana kita bisa lebih leluasa menjangkau ke area yang lebih luas.

Baca Juga : Cara Cepat Pengembangan Cabang Bisnis Kuliner

Berikut adalah tips bagaimana memasarkan produk makanan agar omset Anda meningkat:

1. Kemasan Yang Pertama Diambil

Kemasan dalam strategi pemasaran produk makanan berperan penting untuk menarik calon pelanggan untuk mencicipi produk Anda. Bisa jadi produk Anda rasanya enak tetapi karena kemasan yang kurang menarik sehingga calon customer tidak mau mengambil produk Anda. Jadi sangat disayangkan apabila kejadian seperti itu terjadi. Solusinya adalah buat kemasan sesuai dengan target market Anda.

Salah satu contoh target pasar produk makanan adalah anak muda, Anda dapat membuat kemasan dengan warnanya yang cerah serta desain yang modern sesuai dengan selera mereka. Sehingga mereka akan merasa relevan dengan produk Anda. Sebelum itu dilakukan, sebaiknya Anda melakukan strategi segmenting, targeting dan positioning agar Anda mengetahui contoh target pasar produk makanan serta profil mereka.

2. Buat Foto Produk Yang Menghipnotis

Salah satu elemen penting dalam strategi pemasaran produk makanan adalah membuat foto produk semenarik mungkin. Karena pada dasarnya manusia adalah makhluk visual. Dengan visual yang menarik orang akan terdorong membeli produk Anda. Gambar yang bagus, tagline yang menggoda serta copywriting yang ciamik, akan menggugah selera calon pelanggan untuk membeli.

Banyak terjadi di sekitar kita, sebenarnya produknya bagus, namun karena di foto dengan kamera yang tidak mendukung, hasilnya terlihat kurang maksimal. Sangat di sayangkan apabila kejadian ini terjadi kepada Anda. Sebaiknya Anda mencari orang yang ahli di dalam fotografi produk, bisa jadi dari rekan Anda atau melalui jasa fotografi online. Sehingga Anda dapat melakukan strategi pemasaran produk makanan yang berbeda dan contoh target pasar produk makanan lainnya.

3. Buat Website Perusahaan Anda

Website juga berperan penting dalam strategi pemasaran produk makanan di era digital ini. Website diibaratkan rumah tempat kita berdagang, serta media sosial adalah stand untuk mempromosikan produk Anda. Anda perlu membuat website sebagai pusat untuk menampung informasi tentang produk Anda. Ini akan mendukung pemasaran produk makanan Anda agar mempunyai wadah untuk customer mengunjungi etalase Anda.

Website juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepercayaan customer, karena jika Anda memiliki website yang baik orang akan menganggap bisnis Anda profesional. Bayangkan jika calon customer Anda bertanya, “apa nama website Anda?” namun Anda menjawab kami tidak memiliki website, tentunya customer akan lebih percaya kepada brand atau produk yang mempunyai website.

Baca juga : Pengertian Pre Order dan Cara Memaksimalkannya Pada Bisnis Anda

4. Memasarkan Lewat Social Media

Jika Anda tidak memiliki tempat untuk berjualan anda bisa memasarkannya lewat online. Strategi pemasaran produk makanan melalui social media sangat efektif untuk memangkas biaya sewa tempat.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas apabila makanan Anda termasuk makanan yang tidak cepat basi, Anda bisa menjualnya secara online. Namun bukan berarti makanan yang cepat basi tidak bisa di pasarkan secara online, hanya saja makanan yang lebih mudah basi akan lebih terbatas dalam distribusinya.

Sosial media menjadi hal yang wajib di era digital ini, jika Anda ingin bisnis makanan Anda lebih dikenal oleh banyak kalangan tentunya Anda harus mengikuti perkembangan zaman. Melalui sosial media Anda dapat lebih mudah menjalin interaksi kepada calon customer. Sehingga Anda dapat membuat berbagai program atau penawaran yang menarik minat calon customer.

5. Bekerjasama Dengan Penyedia Layanan Pesan Antar

Memesan makanan lewat aplikasi sekarang menjadi suatu tren yang booming. Di mana kita dapat memesan makanan lewat gadget, kemudian tidak lama makanan itu datang. Salah satu contoh strategi pemasaran produk makanan, Anda dapat bekerjasama dengan perusahaan yang sudah besar seperti Gojek atau Grab untuk melakukan strategi pemasaran produk makanan ini. Selain itu keuntungan bekerja sama dengan perusahaan penyedia layanan pesan antar adalah, kita bisa berjualan tanpa harus memiliki ruko atau tempat yg besar.

6. Endorse Kepada Selebgram Atau Orang Yang Berpengaruh

Salah satu cara memasarkan produk makanan yang terbukti efektif adalah, dengan bekerja sama dengan selebgram atau orang yang berpengaruh. Dimana mereka mempunyai pengikut banyak serta memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi untuk mencicipi suatu makanan.

Contoh, produk Anda misalnya keripik pisang. Anda dapat mencari selebgram atau orang yg berpengaruh yang mempunyai followers banyak serta memang dia sudah terbiasa review makanan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan testimoni dari dia. Kemudian testimoni tersebut bisa Anda sebarkan untuk membantu Anda jualan.

7. Buat Promosi Yang Unik Dan Menarik Menjadi Strategi Pemasaran Produk Makanan

Promosi yang unik dan menarik akan mendorong calon customer untuk datang ke tempat Anda. Anda perlu membuat promosi yang bisa membuat orang penasaran sehingga orang tertarik untuk mengunjungi etalase Anda. Promosi juga berfungsi untuk mencegah produk Anda menumpuk,  karena jika Anda memiliki produk tetapi tidak banyak orang yang tahu, maka kecil kemungkinan orang akan membeli produk Anda.

Anda dapat memberikan berbagai penawaran yang unik dan membuat orang ingin berhenti membaca. Sebagai contoh: “Beli 3 gratis 2” atau “Gratis bagi yang ulang tahun” dan lain sebagainya. Anda dapat menyesuaikan dengan value produk Anda ketika melakukan strategi pemasaran produk makanan ini. Selain itu Anda juga dapat mempelajari strategi pemasaran 4p dalam bisnis. Dengan strategi pemasaran 4p Anda bisa mengetahui apa itu product, price, place, dan promotion.

8. Strategi Pemasaran Produk Makanan dengan Merekrut Reseller

Salah satu contoh strategi pemasaran produk makanan adalah dengan merekrut reseller. Dengan memiliki reseller, Anda akan terbantu dalam segi penjualan. Hal ini dilakukan apabila produk Anda marketnya sudah teredukasi serta orang tahu apa yang anda jual.

custom-form-newsletter

Jika Anda merekrut 10 orang, itu berarti Anda punya faktor kali yang bisa membantu penjualan sebanyak 10x lipat. Namun jangan rekrut reseller bila produk Anda demandnya belum tinggi, karena reseller akan tertarik ketika produk Anda sangat diinginkan pasar. Bukan barang yang yang sulit untuk dipasarkan.

Sebelum merekrut reseller sebaiknya Anda mempelajari komunikasi non verbal dalam bisnis. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana latar belakang reseller Anda. Dengan melakukan komunikasi non verbal Anda dapat menangkap maksud orang lain yang tidak diucapkan secara lisan atau tertulis.

9. Membuat Give Away Sebagai Strategi Pemasaran Produk Makanan

Contoh strategi pemasaran produk makanan yang lainnya adalah adalah membuat giveaway. Anda dapat bekerja sama dengan selebgram atau orang yang berpengaruh sebagai  untuk membagikan barang Anda tersebut secara gratis dengan syarat, mereka harus mempromosikan kepada temannya dengan jumlah tertentu. Pemenang yang berhasil, akan mendapatkan barang yang Anda jual serta menjadi testimoni untuk Anda sekaligus branding. Dengan begitu produk Anda akan lebih dikenal.

Dengan strategi pemasaran produk makanan ini, Anda dapat dengan mudah mengumpulkan data-data dari calon customer seperti, nomor telepon, nomor whatsapp atau email. Melalui data tersebut Anda dapat manfaatkan sebagai sarana untuk melakukan promosi. Tentunya dengan strategi yang tepat agar Anda tidak melakukan spam kepada customer.

Itulah 9 strategi pemasaran produk makanan yang bisa Anda jalankan. Setelah menerapkan strategi pemasaran tentunya Anda juga harus mengelola keuangan dengan baik, gunakan tools seperti Harmony software akuntansi online untuk membantu Anda dalam merapihkan pembukuan bisnis Anda sehingga Anda dapat fokus dalam mengembangkan bisnis Anda. Dapatkan 30 hari Gratis dengan mendaftar di website Harmony atau klik di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/