Harmony Blog

Pengertian Pre Order dan Cara Memaksimalkannya Pada Bisnis Anda

Diupdate Jun 16th, 2021
178

SHARES

PEMBACA

pre orderPin

Perkembangan toko online melalui media internet sudah sangat berkembang pesat pada saat ini, bahkan sudah sangat dikenal baik oleh khalayak ramai. Maka dengan adanya bisnis online, istilah pengertian pre order sangatlah sering kita dengar dan Anda terapkan ketika Anda berbelanja online.

Banyaknya beragam kemudahan dalam berbelanja dan bermacam jenis produk dan jasa yang ditawarkan, membuat masyarakat menjadikan online shop sebagai salah satu tempat berbelanja baru selain pusat perbelanjaan.Click to Tweet

Pengertian pre order ini merupakan sistem yang sangat banyak di minati pebisnis online, dikarenakan bisnis ini tidak memerlukan modal banyak atau bahkan bisa tanpa modal sekalipun.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai pengertian pre order, mari simak penjelasan di bawah ini

Dalam new normal ini, masyarakat semakin beralih ke internet untuk membeli barang dan jasa. Inilah sebabnya mengapa banyak UKM menggunakan alasan Pandemi Corona untuk mulai berjualan secara online.

Maka hal ini membuat banyak penjual toko online yang berlomba – lomba menawarkan produknya dengan berbagai cara untuk menarik konsumen berbelanja, mereka memanfaatkan keadaan dimana para masyarakat saat ini sangat memerlukan berbelanja secara online.

Pada saat ini perkembangan bisnis melalui media internet semakin hari semakin meningkat, seiring dengan meningkatnya pengguna internet di dunia terutama di Indonesia. Media internet telah menjadi salah satu sarana strategi pemasaran produk yang memiliki prospek sangat baik saat ini, dimana melalui media internet penjual dapat menjangkau konsumen secara luas.

Pengertian Pre Order

Menurut KBBI pengertian pri order merupakan suatu perintah untuk melakukan suatu pemesanan barang. Namun Pengertian pre order secara umum atau sering di sebut (PO) merupakan sebuah transaksi jual beli online, di mana para pembeli ketika memesan suatu barang harus membayar sejumlah uang terlebih dahulu di awal, lalu barang yang dipesan akan datang selang beberapa hari kemudian, sesuai dengan perjanjian yang sudah di sepakati dan di tentukan di awal.

Pengertian pre order atau yang disebut PO ini terjadi ketika seorang penjual melakukan open order atas suatu produk yang ditawarkan di media website dan setelah kuota minimal untuk produksi terpenuhi, maka penjual akan meminta pemesan mentransfer pembayaran produk.

Setelah biaya cukup maka penjual akan memproduksi produknya dan sekitar 2-3 minggu produksi, dan ketika barang yang telah dipesan sudah jadi, penjualan akan mengirim barang kepada pembeli ketika pembeli telah melakukan tata cara pre order yang telah di berikan penjual kepada konsumen, pembeli harus melewati pengisian data yang telah di minta sebelumnya, seperti nama, alamat, nomor telepon, jenis pemesanan, dan lain sebagainya.

Contoh pengertian pre order, misalnya seorang pembeli ingin memesan baju custom, namun si penjual memberitahu bahwa untuk membuat baju custom memerlukan waktu 3 hari, si pembeli setuju dan melakukan transaksi dengan membayar setengah dari harga bajunya, dan setelah bajunya jadi, si pembeli akan membayar sisa dari pembayaran awalnya. Barulah setelah itu si penjual mengirim barang tersebut.

Produksi baru dapat dilakukan jika kuota minimal pemesan sudah terpenuhi. Dalam akad pre order, pembeli harus memberi atau menyerahkan uang muka terlebih dahulu sebagai tanda jadi minimal 50% dari jumlah biaya yang harus dibayarkan.

Dan setelah barang jadi, pihak pembeli melunasi kekurangan uang dari uang muka yang telah diserahkan. Barulah barang akan dikirim ke alamat pembeli. Apabila nantinya ada permasalahan yaitu masalah barang yang sudah dipesan oleh pembeli, tetapi tidak jadi mengambil, pemilik/penjual akan menjual di toko dan memasarkan ke pihak yang lain atau menyerahkan kepada pembeli yang memesan pre order.

Untuk meminimalisir adanya permasalahan seperti yang dijelaskan di atas tersebut, pihak pemilik toko melayani pemesanan pre order dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Apabila barang pre order yang sudah dipesan mencapai 8 sampai 10, maka pemilik akan segera memproduksi barang tersebut, dan akan membuka kembali pemesanan pre order selanjutnya setelah barang selesai diproduksi.

Strategi rahasia meningkatkan konversi penjualan seperti ini, para penjual harus membuat keterangan mengenai kualitas, kuantitas, harga, ukuran, jenis barang yang ingin di perjual belikan. Agar para pembeli mengetahui jenis dan bahan yang di inginkan.

Pengertian Open Po dan Open Order

Selain dari pengertian pre order, ada juga yang dimaksud dengan istilah, Open po dan open order. Berikut penjelasannya :

Open po adalah jika pada suatu barang ada keterangan open po, berarti Anda harus pesan dulu dan menunggu beberapa waktu sampai barang ada lalu bisa dikirim. Bedanya dari pengertian pre order adalah pre order menerima pesanan yang dimana barang yang di pesan tersebut belum selesai untuk di produksi atau masih  di supplier.

Sedangakn open po merupakan suatu pemesanan yang dimana barang tersebut sudah ada, dan menunggu kapan barang tersebut untuk di kirim kepada para pembeli.

Namun sedangkan pengertian dari open order adalah ketika penjual membuka suatu pemesanan terhadap para konsumen atau pembeli, untuk memasan atau membeli suatu produk yang ditawarkan melalui sarana media internet milik penjual tersebut.

Cara Memaksimalkan Pre Order Dalam Bisnis

Jika Anda ingin memkasimalkan pre order dan menerapkanya pada bisnis online Anda, berikut cara yang dapat Anda lakukan dalam memaksimalkan pre order dalam bisnis Anda :

  • Memperhatikan Kualitas Produk

    Ketika Anda memulai sebuah bisnis online sangat berbeda dengan Anda menjual langsung suatu produk di pasaran. Jika Anda menjual suatu produk dalam bisnis online, tentunya para konsumen atau pembeli tidak bisa secara langsung untuk melihat produk atau barang yang Anda jual, hanya dapat melihat barang tersebut melalui gambar ataupun video yang penjual posting dalam akun medianya.

    Sedangkan jika Anda menjual langsung suatu produk di pasaran, pembeli secara langsung dapat melihat barang atau produk yang Anda jual. Dan dapat melihat dengan jelas apakah produk tersebut memiliki kualitas yang baik atau mengalami sebuah kerusakan.

    Jika Anda memulai suatu bisnis online, tentunya Anda akan menerapkan pengertian pre order terhadap para konsumen Anda. Dengan sistem pre order tersebut menuntut konsumen untuk sabar menunggu produk yang ingin didapatkan. Maka dari itu Anda harus memastikan bahwa barang atau produk yang Anda jual memiliki kualitas yang baik sehingga tidak mengecewakan konsumen.

    Dengan Anda menawarkan sebuah produk yang memiliki kualitas yang baik, tentu Anda juga akan percaya diri untuk menawarkan produk Anda kepada konsumen. Dan konsumen yang membeli produk tersebut akan merasa puas, dan mungkin akan menjadi pelanggan setia dan loyal terhadap bisnis Anda. Hal ini termaksud sala satu riset pemasaran yang dapat Anda gunakan dalam bisnis online Anda.

  • Pemilihan Vendor

    Bekerja sama dengan vendor yang kredibel, memiliki reputasi yang baik, dan sudah teruji kualitasnya merupakan keharusan bagi Anda. Maka dari itu, lakukanlah pengamatan sebelum memilih vendor, serta bandingkan dengan beberapa vendor yang ada. Amati apa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setelah itu, barulah Anda menentukan vendor mana yang memberikan harga termurah namun tetap berkualitas.

  • Tentukan Target Penjualan

    Menentukan sebuah target penjualan sangat diperlukan untuk mengatur dan menyesuaikan strategi penjualan Anda. Apabila semakin besar target penjualan Anda, tentunya akan semakin berpengaruh baik bagi bisnis online Anda.

    Jangan terlalu memaksakan target yang terlalu tinggi, mulailah dari target kecil terlebih dulu dan mulailah berjalan perlahan, dengan begitu Anda akan mendapatkan target yang telah Anda tentukan. Dan dengan berjalan nya waktu, Anda dapat meningkatkan target penjualan dengan kapasitas yang Anda miliki.

  • Memaksimalkan Jadwal PO

    Cara memaksimalkan pre order pada bisnis yang Anda miliki, Anda dapat menggunakan cara seperti menentukan jadwal PO di setiap akhir hingga awal bulan. Ini merupakan cara yang cukup efektif untuk memulai bisnis ini.

    Di waktu-waktu tersebutlah banyak orang yang sudah menerima gajian dan mulai mencari produk-produk yang mereka inginkan. Sehingga tidak heran jika banyak marketplace besar yang juga menawarkan promo gajian. Jadi manfaatkan momen ini sebaik mungkin.

  • Memperhatikan Jumlah Pesanan

    Ini merupakan salah satu faktor yang harus Anda perhatikan, dan Anda terapkan jika Anda ingin melakukan sebuah bisnis online. Jika konsumen Anda memesan barang kepada Anda dengan jumlah yang begitu banyak, Anda jangan terlalu terobsesi dengan jumlah pesanan tersebut.

    Tetapi buatlah itu menjadi sebuah tanggung jawab yang harus kerjakan, dan yang harus Anda perhatikan ialah jumlah barang yang pelanggan Anda inginkan, jangan sampai jumlah pemesanan tersebut tidak sesuai dengan jumlah barang yang telah Anda kirim kepada konsumen Anda. Sebab itu akan membuat pelanggan Anda kecewa dan tidak ingin bekerja sama dengan bisnis Anda lagi.

  • Catat Pesanan

    Sama seperti yang sudah di jelaskan di atas tentang memperhatikan jumlah pesanan barang. Namun selain memperhatikan jumlah barang, Anda juga harus lebih telitih akan pesanan yang disampaikan pada konsumen Anda.

    Catat lah pesanan sesuai dengan keinginan konsumen Anda, misalkan konsumen Anda memesan sebuah tas berwarna hijau, maka catat dan perhatikan pesanan tersebut, dan sesuaikan dengan keinginan konsumen Anda. Jangan Anda sampai salah mencatat dan akhirnya terjadi kesalahan.

    Sebab apabila terjadi kesalahan yang membuat pesanan tersebut tidak sesuai dengan keinginan konsumen, maka konsumen yang membeli produk Anda akan komplain dan merasa kecewa terhadap barang yang Anda berikan.

    Maka untuk menghindari kesalahan tersebut, cobalah catat secara detail, mulai dari  nama konsumen, alamat, nomor telepon, detail pesanan, jenis, ukuran, warna, dan lain sebagainya.

  • Perhatikan Sumber Daya Manusia

    Ketika Anda memulai sebuah bisnis online, Anda pasti akan membutuhkan sumber daya manusia yang tangguh. Apabila Anda menargetkan penjualan yang besar, Anda harus memerlukan SDM yang terdiri dari beberapa tim seperti tim produksi, tim admin social media, dan tim customer service. Anda juga harus bisa membangun sebuah tim yang solid untuk memaksimalkan  sebuah tujuan yang diinginkan.

  • Berikan Alur Pemesanan yang Jelas

    Dengan membuat alur pemesanan yang jelas, Anda dapat memudahkan konsumen untuk memahami sistem PO, sehingga mereka tidak akan komplain mengenai waktu pemrosesan produk yang lama, dan sebagainya. Beberapa ketentuan yang perlu Anda buat misalnya, jadwal buka-tutup PO, jumlah minimal pemesanan, lama waktu produksi, estimasi waktu pengiriman, sistem pembayaran, dan sebagainya.

Baca Juga : Memanfaatkan Strategi Community Marketing Untuk Mendapatkan Leads

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Kelebihan dan Kekurangan Pre Order

Adapun kelebihan dan kekurangan yang dapat diambil ketika Anda memilih untuk membeli produk atau barang pada bisnis online, berikut kelebihan dan kekurangan nya :

Kelebihan Sistem Pre-Order

  • Jenis produk yang ditawarkan bisa lebih beragam daripada yang menggunakan sistem ready stock
  • Anda tidak perlu merasa khawatir jika barang tidak laku, karena bisnis yang  menggunakan sistem PO hanya akan menyediakan barang atau produk sesuai dengan pesanan yang ada
  • Mengurangi resiko penumpukan stok terutama karena barangnya tidak terjual
  • Terkadang Anda bisa melakukan penjualan tanpa harus mengeluarkan modal yang terlalu besar atau tanpa modal sama sekali jika customer Anda membayar terlebih dahulu
  • Pembeli bisa membayar setengah dari harga barangnya, lalu melunasinya setelah barang akan dikirim.
  • Anda tidak perlu repot lagi untuk datang ketempat penjual, dengan melalui media internet, Anda dapat memilih dan memesan barang yang Anda inginkan.

Kekurangan Sistem Pre-Order

  • Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan barang atau sampai ketersediaan barang yang diinginkan akan lebih lama dibandingkan dengan barang ready stock yang saat itu juga sudah ada. Dan maka dari itu pembeli harus lebih sabar jika ingin membeli barang yang menggunakan sistem Pre-Order. Tidak sedikit pelanggan yang akan merasa kurang puas jika harus menunggu dengan waktu yang terlalu lama
  • Jika Anda menjalankan bisnis retail dengan sistem PO, ada kemungkinan stok dari supplier habis ketika Anda sudah terlanjur membuka PO untuk barang tersebut (Biasanya terjadi jika barang berasal dari luar negeri). Sehingga anda harus mengembalikan uang DP yang sudah masuk.
  • Untuk penjual yang memproduksi barang sendiri, kuantitas sangatlah penting. Terutama untuk produk-produk fashion seperti baju, tas, sepatu, dan semacamnya. Kalau ternyata hanya sedikit yang mau order dari PO yang kamu buka, kemungkinan untuk batal produksi sangat tinggi. Hal ini dikarenakan produksi dalam jumlah sedikit bisa membuat Anda rugi.

Dari keunggulan dan kekurangan dari sistem PO di atas, bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum mengambil keputusan akan menggunakan sistem apa pada bisnis Anda, apakah sistem PO (Pre-Order) atau Ready Stok.

Dan sudah di jelaskan di atas mengenai pengertian pre order dan bagaimana cara menyesuaikan nya pada bisnis. Dalam perkembangan di dunia modren pada saat ini, sudah banyak setiap kalangan masyarakat melakukan pembelian melalui media online.

Banyak keuntungan yang Anda dapat ketika Anda membuka sebuah bisnis online. Anda dapat menggunakan hp atau alat elektronik lainya untuk menawarkan dan mempromosikan barang dagangan Anda. Hanya melalui media sosial yang Anda miliki, para konsumen ataupun pembeli dapat melihat dan membeli barang dagangan Anda.

Namun untuk memulai suatu bisnis online tersebut, tentunya Anda memerlukan sebuah pencatatan keuangan untuk usaha bisnis Anda. Tanpa adanya pencatatan keuangan yang baik, Anda tidak akan mengetahui apakah bisnis yang Anda jalankan berjalan dengan baik atau tidak.

Namun sekarang Anda sudah tidak perlu khawatir untuk melakukan sebuah pencatatan pembukuan pada bisnis Anda. Kini Harmony menyediakan sebuah aplikasi seperti Software Akuntansi, yang mampu membantu Anda dalam menangani setiap laporan keuangan Anda.

Harmony adalah aplikasi akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan walaupun tidak memiliki background akuntansi sekalipun.

Harmony sudah digunakan oleh ribuan pebisnis untuk membantu merapikan dan menyediakan laporan keuangan yang cepat dan tanpa repot. Tonton FinTax Fair yaitu acara yang diselenggarakan Harmony dalam mengedukasi peserta tentang keuangan dan pajak. Jadi tunggu apalagi, coba Harmony GRATIS 30hari di sini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK