5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba
Harmony Blog
Marketing
5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba
October 2, 2019
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Dalam dunia usaha terutama dalam produk kerajinan, strategi pemasaran produk sering kali dilupakan oleh penggiat usaha kerajinan dan lebih terfokuskan dalam pembuatan produk. Pada artikel kali ini akan dibahas 5 strategi pemasaran produk kerajinan yang harus Anda coba untuk mencapai keuntungan yang maksimal.

Strategi pemasaran produk kerajinan yang baik dan tepat akan menjadikan keuntungan yang besar untuk mendapatkan cashflow yang baik pada bisnis atau perusahaan yang Anda jalankan, kebanyakan bisnis gagal karena tidak menerapkan strategi marketing yang baik,  dan cashflow yang berantakan, padahal kalau Anda mengetahui dan merencanakan tentang strategi pemasaran justru akan membantu kita dalam perjalanannya menuju tujuan yang telah dibuat dari awal.

Kebanyakan bisnis gagal karena tidak menerapkan strategi marketing yang baik,  dan cashflow yang berantakan.

Inilah 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan yang Harus Anda Coba:


1. Menentukan Target Market Produk Kerajinan

Banyak pelaku usaha kerajinan  mempunyai idealisme tinggi dan akhirnya terjebak dalam produksi yang kurang sesuai dengan selera pasar, di dalam setiap bisnis menentukan target market sangatlah penting karena jika target market sudah tepat sasaran maka produksi akan lebih efisien dan efektif.

Jika anda ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal, anda perlu memahami juga selera calon pembeli produk Anda dan juga kebutuhannya, termasuk memahami gerakan trend yang ada pada saat ini.


2. Membuat Produk Kerajinan yang Unik

Setelah Anda menentukan target market, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah membuat produk yang unik sehingga bisa menjadi tradermark dan dikenal atau diingat orang karena ada sesuatu yang berbeda dari produk Anda misalnya dari kemasan, bentuk, warna, dan masih banyak faktor lainnya yang bisa Anda kembangkan. Inilah yang membedakan produk Anda dan menjadikan lebih istimewa dibanding kompetitor Anda.


3. Melakukan Promosi Sesuai Target Market

Melakukan promosi sesuai target market adalah langkah penting setelah Anda mengetahui dan menentukan target market usaha Anda. Tentukan tema promosi atau pemasaran yang harus Anda lakukan untuk menarik konsumen atau target pasar yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

Bila Anda belum mempunyai konsep promosi, berikut ini beberapa cara untuk mengembangkan konsep promosi Anda:

a. Carilah insight atau referensi yang relevan dengan target market Anda. Misalnya membuat produk origami atau kerajinan kertas, jika targetnya adalah anak-anak, cari apa yang disukai anak-anak dan apa manfaat yang Anda tawarkan kepada orang tua sehingga ingin membeli produk Anda.
b. Lakukan analisis terhadap kompetitor dan terapkan ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi) pada bisnis Anda.
c. Tema promosi harus kreatif, original, dan menarik orang untuk bertindak.


4. Manfaatkan Pemasaran Online

Memasarkan produk melalui media online sangatlah efektif. Selain murah cara ini juga lebih efektif dan efesien untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Ada beberapa cara untuk mempromosikan produk melalui media online, misalnya membuat Instagram, selain bisa menjadi katalog untuk produk Anda, Instagram bisa menjadi channel promosi yang sangat bagus.

Selain Instagram masih banyak cara lain dalam pemasaran online, Anda bisa mencoba seperti membuat blog, toko online, atau melalui akun media sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Youtube, dll. Selain itu Anda bisa juga mencoba untuk bergabung ke dalam forum-forum online yang memungkinkan Anda untuk menjalin hubungan secara lebih luas, hal ini akan memudahkanmu dalam pemasaran produk.


5. Mengikuti Event dan Bazar

Bisnis Anda tidak akan berkembang secara signifikan bila kamu malas untuk memperkenalkan Produk yang Anda sudah buat. Salah satu strategi pemasaran untuk mengenalkan produk Anda adalah dengan megikuti pameran atau bazar. Dengan mengikuti bazar Anda mempunyai kesempatan untuk memamerkan produk Anda. Selain itu dengan mengikuti pameran Anda dapat membangun relasi untuk mengembangkan produk buatanmu.

Itulah 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba , namun seperti pembahasan diawal Artikel selain menentukan Strategi Pemasaran, Anda diwajibkan untuk mengelola cashflow Anda terkait perencanaan promosi yang dilakukan.

Software akuntansi pengelolaan keuangan online seperti Harmony akan sangat Anda butuhkan. Harmony akan membantu Anda sebagai pemilik bisnis untuk mengetahui laporan-laporan keuangan bisnis Anda, analisis keuangan dari pemasukan sampai pembiayaan yang dibutuhkan terkait semua beban yang terakumulasi dalam program perencanaan promosi yang Anda lakukan.

Dapatkan semua manfaat pengelolaan keuangan dan kemudahan dalam merencanakan bisnis dengan Harmony, daftarkan segera bisnis Anda untuk dapat menggunakan Harmony GRATIS 30 Hari disini. Untuk semua informasi terkait Harmony termasuk cara penggunaannya, Anda dapat mengunjungi Website Harmony berikut ini. http://harmony.co.id

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/