Harmony Blog

10 Cara Pemasaran Bisnis Ekspor Yang Dapat Anda Terapkan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Pin

Untuk Anda yang baru menjalankan usaha bisnis, pilihan tepat untuk Anda berbisnis yaitu dengan mencari ide pemasaran bisnis ekspor. Strategi ukm pada pemasaran bisnis ekspor merupakan salah satu pertimbangan bagi pemilik yang sudah menjalankan bisnisnya dipasaran domestik, akan tetapi jika pemilik bisnis ingin meraup keuntungan yang besar dapat juga melalui pemasaran bisnis ekspor.

Di masa sekarang teknologi semakin berkembang, dan semakin banyak pengguna yang terhubung internet dari berbagai belahan dunia. Adanya internet dapat memudahkan pemilik bisnis dalam pemasaran bisnis ekspor, tanpa harus bertemu dengan pembeli atau berkerja sama sehingga menjadi lebih mudah.

Didalam artikel ini, akan membahas berbagai informasi dan strategi pemasaran ekspor dan apa itu ekspor marketing. Supaya dapat memudahkan Anda untuk mengembangkan bisnis dipasaran internasional sebagai berikut.

Untuk mendapatkan kesuksesan yang besar dipasar ekspor, maka sebaiknya Anda mulai mencari ilmu pengetahuan dan strategi pada pemasaran bisnis ekspor.

Export Marketing

Export marketing juga dapat dikatakan sebagai pemasaran bisnis ekspor yang melakukan kegiatan di mana perusahaan menjual produk atau layanan ke beberapa negara asing. Pada produk yang sudah diproduksi akan didistribusikan dari negara asal perusahaan kepada pembeli di lokasi negara lainnya.

Adanya kemudahan e-commerce suatu layanan produk jarak jauh akan sangat sering dilakukan secara internasional dengan biaya yang sangat rendah, sehingga membuat ekspansi internasional dan outsourcing produksi menjadi pilihan yang cocok untuk bisnis Anda.

Akan tetapi masih banyak orang masih belum memahami manfaat bisnis global dalam perusahaan mereka, bahkan pebisnis mencari cara supaya dapat menemukan strategi apa yang harus dilakukan. Dan apa saja yang akan dicari oleh perusahaan sebagai panduan bisnis internasional, atau yang disebut sebagai  pemasaran binis ekspor .

Strategi Pemasaran International

Salah satu sebagai perbedaan antara rencana pemasaran bisnis ekspor dan rencana pemasaran reguler yaitu perbedaan lokasi yang di ingkan. Dengan beberapa strategi pemasaran bisnis ekspor international menjadi suatu rencana yang harus dipertimbangkan yaitu seperti beberapa strategi berikut adalah :

1. Pilih Beberapa Negara Asing

Untuk membangun rencana pemasaran bisnis ekspor yang pertama adalah pemilihan ekspor di negara asing. Cobalah untk fokus pada setiap negara yang berbeda seperti banyak perbedaan budaya dan perilaku membeli yang dapat menjadi sebuah hasil distribusi mana yang harus Anda pilih untuk menjual produk.

2. Ketahui Kondisi Alam Berbeda

Pada tahap kedua pemasaran bisnis ekspor internasional, perusahaan akan sangat bergantung pada produk yang Anda jual yang sesuai dengan strategi. Seperti informasi cuaca, luas lahan, lingkungan, akses perjalanan gunung atau jalan raya, bahkan faktor lainnya. Contohnya pemasaran produk makanan yang mudah rusak ke daerah perjalanan yang tidak mulus dan sulit transportasi dapat membuat produk Anda mudah hancur.

3. Sesuai Kesejahteraan Ekonomi Negara

Sebagai distribusi produk yang Anda jual dari beberapa negara harus sesuai dengan kemampuan sosial negara dibeberapa wilayah negara. Seperti makeup atau skincare mungkin terlalu mahal untuk negara-negara tertentu seperti afrika atau negara lainnya.

Sebaiknya Anda tentukan dulu kelas pembeli yang Anda rencanakan untuk menjual produk Anda. seperti kelas bawah, kelas menengah, kelas atas, dan produk distribusi akan memiliki titik harga dan ekspektasi kualitas yang berbeda.

4. Memastikan Produk Pesaing

Cobalah untuk distribusikan produk Anda pada kepadatan persaingan di negara asing, dalam menjual produk apakah industri dinegara tersebut menguntungkan atau merugikan. Sehingga cara ini menjadi sebuah kesempatan pada bisnis Anda apakah dinegara tersebut dapat menguntungkan Anda atau tidak.

Dengan memastikan kepadatan persaingan dinegara tersebut Anda dapat riset dan mengetahui tentang perusahaan lokal di luar negeri maupun bisnis internasional. Sehingga Anda bisa mengetahui apakah perusahaan di negara asal Anda yang menjual jenis produk atau layanan yang sama di negara tersebut menguntungkan atau tidak.

Baca Juga : 5 Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Yang Harus Anda Coba

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Perusahaan Lokal Yang Bisa Memperluas Pemasaran Internasional

Sebagai inspirasi Anda dalam berbisnis apa yang di inginkan dan negara mana saja yang sudah bekerja sama, berikut ada beberapa contoh yang sudah merambah ke pemasaran bisnis ekspor yaitu seperti  :

1. Indomie

Produk yang terjangkau ini nampaknya juga diterima oleh masyarakat dunia. Produk indomie dijual di 80 negara di berbagai benua di dunia. Indomie pertama kali dibuat pada tahun 1970, hingga saat ini Indomie yang berada perusahaan indofood telah memiliki pabrik di Malaysia, Arab Saudi, Nigeria, Kenya, Afrika dan sebagainya.

2. Sido Muncul

Perusahaan sido muncul sebagai industri jamu rumahan di kota semarang dibuat pada tahun 1951 yang sudah memiliki pasar di ASEAN, Hong Kong, Timur Tengah, Australia, Eropa, bahkan Afrika yang sudah terjual produknya hingga 250 jenis produk lainnya.

3. Mayora

Perusahaan mayora dibentuk pada tahun 1982 yang dikenal sebagai produsen permen kopiko, biskuit malkist, hingga sereal energen. Hingga kini perusahaan mayora telah melakukan pemasaran bisnis ekspor. Yang diawali dengan melakukan ekspor ke negara-negara ASEAN hingga memasuki pasar ekspor Amerika Latin.

4. Polygon

Perusahaan polygon yang distribusi sepeda begitu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Polygon yang memulai produksinya di kota sidoarjo, hingga kini produknya tersebar di 62 negara di seluruh benua, bahkan juga ada di Jerman dan Perancis yang terdapat 50 toko polygon.

5. Semen Indonesia

Perusahaan semen indonesia dapat disebut sebagai BUMN pertama yang berstatus multinational corporation karena telah berhasil mengakuisisi perusahaan asing. Sasaran pasar perusahaan sampai saat ini begitu luas, terutama di ASEAN dan juga Asia Selatan.

Sebagai contoh perusahaan yang sudah maju, sudah pasti akan memiliki pembukuan yang rapih dan akurat dengan prinsip standar akuntansi di Indonesia, manfaatkan layanan profesional untuk menyewa jasa pembukuan Anda walaupun tidak memiliki akuntan sekalipun. Dengan menggunakan jasa pembukuan, juga dapat membantu perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

Strategi Pemasaran Bisnis Ekspor

Sesudah mengetahui startegi pemasaran internasional kini saatnya Anda melakukan rencana 10 cara pemasaran bisnis ekspor yaitu dengan beberapa strategi pemasaran produk yang efektif seperti strategi berikut adalah :

1. Buatlah Kerja Sama

Tahap awal pastikan Anda benar-benar siap untuk menjalankan bisnis ini, dikarenakan Anda akan berhubungan dengan berbagai negara lain dan orang asing lainnya. Cara yang dibutuhkan yaitu Anda perlu mempersiapkan diri untuk menjalin komunikasi, termasuk menguasai bahasa Inggris dengan baik. Persiapkan juga berbagai dokumen pendukung dan format surat yang akan Anda butuhkan dalam menjalankan bisnis tersebut.

2. Buatlah Produk Terbaik

Langkah kedua yang harus Anda lakukan yaitu memilih produk yang akan Anda ekspor ke luar negeri sesuai dengan jenis dan kebutuhan negara tersebut sudah pas atau tidak. Dan cobalah pastikan produk yang Anda pilih memenuhi standar dan memiliki kualitas yang baik, sehingga dapat diterima dari berbagai negara.

3. Pastikan Peraturan Pemasaran Bisnis Ekspor

Tahap selanjutnya yaitu memahami berbagai aturan serta kebijakan yang diterapkan pemerintah terkait dengan kegiatan ekspor, supaya Anda dapat menjalankannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Karena setiap negara memiliki aturan yang berbeda dan akan membantu Anda dalam mengatasi berbagai kendala saat melakukan aktifitas ekspor.

4. Tujuan Ekspor Produk Berbagai Negara

Menentukan berbagai negara adalah tujuan ekspor yang tepat, sehingga produk Anda berkembang dan menguntungkan dipasaran. Tujuan ini sangat penting untuk memastikan bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

5. Cobalah Daftar Situs Bisnis Ekspor

Setelah distribusi produk berbagai negara di masa kini, cobalah Anda daftarkan bisnis Anda ke situs bisnis internasional, supaya bisnis Anda bisa dilihat banyak orang dari berbagai negara. Tujuan selain mendapatkan calon konsumen, situs bisnis internasional akan membantu Anda bekerja sama dengan para pebisnis lainnya dari berbagai belahan dunia.

6. Legalitas Bisnis Ekspor

Setelah Anda sudah mempersiapkan tujuan negara dan sebagainya, cobalah daftarkan legalitas usaha Anda melalui syarat seperti SIUP, TDP, NPWP, NIK (Nomor Induk Kepabeanan), dan sebagainya dipersiapkan dulu.

Gunanya dokumen legalitas sebagai proses administrasi bisnis antar negara. Untuk Anda yang belum tahu NIK (Nomor Identitas Kepabeanan) bisa didapatkan Dirjen Bea Cukai. Akan tetapi jika Anda pemula yang memang belum punya NIK, bisa memakai jasa undername atau meminjam NIK perusahaan lain. Sehingga Anda tidak perlu berurusan langsung dengan bea cukai.

7. Lengkapi Dokumen Bisnis Ekspor

Beberapa dokumen yang wajib Anda siapkan oleh eksportir adalah invoice, packing list, dan bill of lading. Untuk beberapa dokumen pendukung, Anda juga perlu mempersiapkan seperti certificate of origin yang bisa didapatkan di dinas perdagangan dan industri di tingkat kabupaten atau kota, dan certificate of analysis yang bisa didapatkan seperti produk makanan, minum atau skincare.

8. Pandai-pandai Memanfaatkan Fasilitas

Pemerintah dinegara Indonesia masih memberikan fasilitas yang bisa digunakan oleh para eksportir khususnya pemula. Seperti direktorat pengembangan ekspor nasional yang sudah memiliki perwakilan perdagangan yang ada di lima benua yang bisa Anda lihat di djpen.kemendag.go.id.

9. Manfaatkan Media Sosial

Pada tahap ini untuk memudahkan mencari informasi, Anda dapat menggunakan alternatif lain dengan manfaatkan jejaring seperti Linked In,Twitter, Instagram, dan Facebook agar mendapatkan respon perihal informasi yang dibutuhkan.

Sehingga komunikasi bisa melalui direct message pada masing-masing media sosial tersebut, dan Anda bisa terhubung langsung dengan lembaga atau personal yang dituju dengan menuliskan kata kunci nama yang ingin dicari.

Adanya internet juga memudahkan Anda dalam memulai bisnis ekspor. Anda bisa mencari pasar melalui media sosial seperti Linked In, mengirim penawaran via email dan sebagainya.

10. Cobalah Software Akuntansi Dengan Fitur Multi Mata Uang

Setelah Anda sudah menjual dan mendistribusikan produk. cobalah gunakan software akuntansi seperti harmony yang memuliki fitur multi mata uang. Dengan menjalankan bisnis ekspor ini, Anda akan berhubungan dengan banyak pihak. Sehingga beberapa suplier besar dan pelanggan Anda merupakan orang di luar negeri yang memiliki mata uang yang berbeda dengan Anda.

Cobalah pakai Harmony accounting software yang sudah digunakan banyak entitas bisnis di Indonesia seperti harmony yang dapat terintegrasi dengan kegiatan bisnis Anda dan memiliki berbagai fitur hingga pembukuan laporan keuangan secara akurat dan mudah walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun buat akun Anda dan dapatkan pemakaian Gratis 30 Hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony