Rencana Strategis: Pengertian, Konsep dan Tahapan Penerapannya
Harmony Blog
Marketing
Rencana Strategis: Pengertian, Konsep dan Tahapan Penerapannya
July 1, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Dalam mengembang bisnis Anda sebagai pelaku UKM pastinya sangat membutuhkan suatu rencana strategi bisnis untuk mendatangkan penjualan perusahaan. Seperti dilansir dari media bisnis online medcom.id edisi 29 Juni 2020 pendapat dari seorang pengusaha Enggartiasto Lukita menilai Indonesia membutuhkan kebijakan rencana strategis yang terperinci untuk menghadapi persaingan dalam kondisi krisis ekonomi global saat ini.

Rencana strategis dapat digunakan sebagai acuan rencana kerja pemerintah dalam rencana jangka panjang.

Krisis ekonomi saat ini membuat ekonomi Jerman diperkirakan turun 6%, Amerika 5,9%, Jepang 5,2% bahkan Indonesia sendiri tumbuh merosot 3,8%. Beliau mengatakan mesti adanya kolaborasi yang kuat antara pengusaha dan pemerintah dalam pelaksanaan rencana strategis dengan mempertahankan ekspor produk produk utama yang banyak dibutuhkan dunia seperti batu bara, minyak kelapa sawit dan produk-produk berbasis pertanian.

Kali ini akan membahas mengenai pengertian rencana strategis, konsep dan tahapan penerapanya. Simak terus artikel ini.

Pengertian Rencana Strategis

Adapun pengertian rencana strategis menurut beberapa narasumber, diantarnya sebagai berikut:

Menurut Wikipedia.org, pengertian perencanaan strategis adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi ini.

Menurut Kerzner, 2001, perencanaan strategis (strategic planning) adalah sebuah alat manajemen yang digunakan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi pada masa depan, sehingga rencana strategis adalah sebuah petunjuk yang dapat digunakan organisasi dari kondisi saat ini untuk mereka bekerja menuju 5 sampai 10 tahun ke depan.

Menurut Lorange, 1980, perencanaan strategis secara eksplisit berhubungan dengan manajemen perubahan dengan kegiatan yang mencakup serangkaian proses dari inovasi dan mengubah perusahaan, sehingga apabila strategic planning tidak mendukung inovasi dan perubahan, maka itu adalah kegagalan.

Dari ketiga pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa rencana strategis merupakan acuan dasar untuk menentukan strategi dilakukan oleh perusahaan untuk mengelola kondisi saat ini agar dapat melakukan proyeksi kondisi pada masa yang akan datang.

Dengan begitu sebelum Anda menentukan strategi apa yang cocok untuk rencana strategis ke depan, Anda bisa juga mempelajari langkah menentukan segmen pasar produk yang akan Anda jual. Dan memahami marketing communication guna membuat produk Anda menjadi semenarik mungkin.

Baca juga artikel : Strategi Pemasaran Produk Kerajinan

Konsep Rencana Strategis

Berbicara mengenai konsep tidak terlepas dari komponen rencana strategis itu sendiri. Dengan mengetahui komponen rencana strategis akan memahaminya secara menyeluruh, diantaranya sebagai berikut:

Misi

Pengertian misi itu sendiri adalah hasil ringkasan yang mengandung tujuan dasar rencana strategi itu dibentuk. Adapun kaitan misi dengan rencana strategi adalah karena misi dapat memastikan tujuan dasar perusahaan menjadi ke dalam bentuk parameter, waktu, biaya dan kinerja yang dapat dievaluasi dan dikontrol. Pembentukan misi juga diperuntukan untuk mewujudkan visi.

Visi

Sedangkan visi dapat diartikan sebagai gambaran masa depan hasil Kembangan dari misi yang dijalankan. Dengan begitu visi akan membangun komitmen yang kuat diantara para karyawan untuk bergerak maju menuju masa depan yang lebih baik. Adapun kaitan visi dengan rencana strategi karena visi akan menunjukan arah strategi dan bagaimana cara mencapainya.

Sasaran

Sedangkan sasaran merupakan pengembangan tujuan dari visi dan misi tersebut. Konsep dan informasi yang terkandung dalam dalam pernyataan misi, visi, dan sasaran strategis mungkin tidak diidentifikasi seadanya saja, akan tetapi harus disampaikan kepada seluruh karyawan perusahaan.

Tujuan Rencana Strategis

Adapun yang menjadi tujuan perencanaan strategis itu sangat penting, diantaranya sebagai berikut:

1. Dapat mengalokasikan perusahaan agar bisa menggunakan konsep pemasaran efektif.

2. Dapat meningkatkan kinerja perusahaan dengan meningkatkan kualitas kerja karyawan lebih terarah.

3. Menciptakan etika bisnis yang kondusif dan aman.

4. Meminimalisasi resiko akibat dari perubahan dan pergeseran kondisi.

5. Kesenjangan dalam tugas-tugas anggota dapat dikurangi. Strategi perusahaan juga akan mengatur pengalokasian sumber daya perusahaan sehingga optimal dalam melaksanakan tugasnya.

custom-form-newsletter


Tahapan Rencana Strategis

Tahap 1 Analisis

1. Mendefinisikan Fungsi Inti Perusahaan

Menganalisis fungsi inti dari perusahaan dapat menghubungkan dengan misi perusahaan dengan cara mengidentifikasi kebutuhan dan harapan konsumen sehingga memperjelas tanggung jawab perusahaan untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

2. Melakukan Analisis pada Lingkungan (Analisis SWOT)

Anda dapat melakukan analisis dengan mempertimbangkan dengan berbagai aspek sosial, teknologi dan aspek ekonomi kemudian analisis tersebut dikembangkan atau diidentifikasikan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Lingkungan internal perusahaan dapat ditunjukan dengan kekuatan dan kelemahan internal perusahaan, sedangkan untuk peluang dan ancaman mencerminkan eksternal perusahaan.

3. Tentukan Visi Perusahaan

Dalam menentukan visi haruslah yang realistis dengan kondisi real perusahaan karena akan mendorong efisiensi dan efektivitas misi perusahaan. Penentuan visi akan dijadikan patokan jangkauan potensi kinerja perusahaan untuk berkembang.

Tahap 2 Perencanaan

1. Tentukan Tujuan Jangka Panjang

Dalam menentukan tujuan jangka panjang Anda dapat menguju apakah visi yang sudah dianalisis tersebut sesuai dengan realistis perusahaan dan sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan.

2. Penentuan Sasaran

Sasaran merupakan bagian yang lebih spesifik dari tujuan jangka panjang.

3. Mengidentifikasi ukuran kinerja dan target untuk setiap tujuan

Pengukuran kinerja dan target adalah alat untuk menentukan patokan tingkat pencapaian tujuan dan menilai efektivitas kinerja perusahaan.

Tahap 3 Implementasi

1. Mengembangkan Rencana Operasional

Rencana operasional menafsirkan kegiatan operasional perusahaan dalam jangka pendeknya. Contoh perencanaan strategis dan operasional meliputi kegiatan rutinitas sehari-hari dalam menghasilkan produk atau jasa secara berulang-ulang. Adapun bentuk contoh kecilnya berupa strategi pemasaran produk makanan yang diproduksi setiap harinya.

2. Membuat Kinerja Rencana Aksi

Dalam menghubungkan tujuan rencana strategis, tolak ukur kinerja perusahaan merupakan fungsi dari kinerja rencana aksi. Adapun rumusan kinerja rencana aksi seperti pelaksanaan operasi yang sedang berlangsung, tugas dan tanggung jawabnya sesuai dengan perencanaan strategi yang ditentukan.

Tahap 4 Penilaian

Dalam melakukan penilaian rencana strategis Anda dapat menentukan aspek mana yang dinilai lebih bermanfaat. Penilaiannya dapat meliputi beberapa aspek seperti proses yang terkait dengan kinerja perusahaan, kepuasan konsumen, kinerja karyawan, kepuasan karyawan.

Seperti itulah penjelasan pengertian rencana strategi konsep dan tahapan penerapannya, dengan begitu akan meningkatkan konversi penjualan dan akan mempengaruhi keuntungan dan profit perusahaan Anda.

Maka dari itu untuk menghitung perhitungan keuntungan yang akurat dalam laporan keuangan Anda membutuhkan alat bantu seperti software akuntansi. Dengan adanya software akuntansi Anda dapat bisa fokus pada pengembangan bisnis biar urusan pengelolaan keuangan dikerjakan oleh software akuntansi.

Software akuntansi ini dapat membantu segala keperluan keuangan bisnis Anda dalam satu sistem aplikasi keuangan bisnis bernama “Harmony Smart Accounting Solution” yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/