Mengenal Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning)
Harmony Blog
Marketing
Mengenal Strategi Pemasaran STP (Segmenting, Targeting, Positioning)
May 18, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Stategi Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Wabah corona covid-19 masih menjadi pandemi penyakit yang menyebar di seluruh dunia, sehingga membuat kondisi perekonomian global khususnya Indonesia menjadi terpuruk. Kondisi perekenomian seperti ini sangat berpengaruh pada daya beli masyarakat yang mana lebih cenderung berhati-hati untuk membeli produk baru dan bertahan menggunakan produk lama. Untuk menanggulangi hambatan tersebut Anda harus mengenal strategi pemasaran 4P dan strategi pemasaran stp (segmenting, targeting positioning), Kali ini akan dibahas mengenai strategi pemasaran stp (segmenting, targeting positioning).

Metode segmenting, targeting dan positioning sangat bermanfaat dalam bisnis Anda karena dengan metode stp tersebut membuat strategi pemasaran lebih efektif dan lebih terkontrol.

Cermati Juga : Strategi Pemasaran Produk dan Jasa Yang Meningkatkan Penjualan

Pengertian Pemasaran

Sebelum menjelaskan tentang strategi pemasaran stp (segmenting, targeting, positioning) Anda harus mengenal terlebih dahulu apa itu pemasaran. Adapun beberapa pengertian pemasaran menurut beberapa ahli, sebagai berikut:

Kotler (2001) memberikan penjelasan tentang definisi dari pemasaran berdasarkan lebih jelas, merupakan bekerja sesuai dengan tepat pada sasaran pemasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan tujuan menghasilkan kebutuhan dan keinginan manusia. Mesikipun demikian, pemasaran dapat dikatakan bahwa keberhasilan untuk mencapai sesuatu tepat pada sasaran pemasaran yang potensial merupakan kunci kesuksesan dari suatu perusahaan.

Stanton (2001), merupakan sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang memiliki tujuan untuk melakukan perencanaan, penentuan harga, kegiatan promosi, dan distribusi barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli yang potensial.

Dari beberapa definisi para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa pemasaran

adalah pemenuhan segala kebutuhan tipe-tipe customer baik dari segi segmenting, targeting maupun positioning sehingga dapat memberikan kepuasan kepada customer dan yang lebih penting pastinya memperoleh profit atau keuntungan.

Adapun yang menjadi penjelasan dari strategi pemasaran stp (segmenting, targeting dan positioning), adalah sebagai berikut:

Segmenting

Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah segmenting yakni Anda harus mampu mengkelompok-kelompokan pengguna produk Anda dengan berdasarkan pada usia, tempat tinggal, penghasilan, gaya hidup atau bagaimana cara customer menggunakan produk Anda. Setiap segmen-segmen memiliki karakteristik, dan perilaku berbeda-beda sehingga Anda harus bisa menggunakan studi orang lain yang sudah berpengalaman sebagai indikator dalam membuat kelompok-kelompok sasaran program tersebut.

Akan tetapi tidak sedikit customer yang memiliki persamaan karakteristik maka disebut sebagai variabel dan setiap variabel tersebut mengandung unsur yang nantinya dapat digunakan untuk menyusun proses segmenting pasar.

custom-form-newsletter

Targeting

Tahapan selanjutnya setelah segmenting adalah proses targeting, dimana Anda harus memutuskan untuk memilih dari kelompok-kelompok segmen produk Anda untuk dijadikan target market atau skala prioritas. Anda harus melakukan beberapa proses survey terlebih dahulu untuk memudahkan Anda mengetahui kondisi pasar, agar proses strategi pemasaran stp tidak salah sasaran. Sebaiknya proses survey dilakukan tidak hanya sekali, tetapi beberapa kali hanya untuk memastikan hasil survey sesuai dengan harapan. Dalam proses survey Anda bisa langsung mengambil sample beberapa customer yang Anda targetkan atau beberapa narasumber terpercaya sebagai bahan untuk mendapatkan hasil survey yang maksimal.

Positioning

Tahapan terakhir adalah positioning, dimana Anda harus mampu menjelaskan posisi produk kepada customer. Maksudnya posisi disini lebih kepada penempatan produk Anda bila disAndarkan dengan pesaing atau kompetitor, apa saja yang menjadi keunggulan maupun perbedaaan dengan pesaing atau kompetitor. Selain 2 hal tadi Anda juga harus mampu melakukan positioning berdasarkan pemakaian produk, positioning berdasarkan kendala produk dan positioning berdasarkan dampak produk itu sendiri.

Seperti itulah penjelesan mengenai strategi pemasaran stp (segmenting, targeting, positioning) sehingga Anda bisa menanggulangi hambatan menurunnya omset Anda dalam kondisi wabah corona covid-19 ini. Penerapan strategi pemasaran stp dengan baik sehingga Anda masih bisa menghasilkan laba atau profit perusahaan.

Dalam menghitung profit pastinya Anda memerlukan pembuatan laporan keuangan yang valid dan akurat, namun di era teknologi cloud saat ini Anda sudah bisa menikmati satu sistem pembukuan keuangan bisnis bernama Harmony Smart Accounting Solution yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS 30 Hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/