Harmony Blog

Financial Advisor : Apa Saja Kelebihannya dan Mengapa Penting Untuk Kemajuan Bisnis Anda?

Diupdate Feb 24th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

financial advisorPin

Financial advisor merupakan seorang tenaga profesional yang bertugas membantu dalam mengelola keuangan Anda dengan memberikan nasihat tentang berbagai masalah keuangan bisnis Anda

Financial advisor adalah seorang penasehat untuk membangun rencana keuangan yang dipersonalisasi yang bertujuan untuk mencapai tujuan keuangan klien.

Sebab beberapa pebisnis memang sangat membutuhkan penasihat khusus untuk membantu mereka dalam merencanakan keuangan dan hal ini juga sangat berpengaruh besar bagi kemajuan bisnis yang Anda jalani. Keuangan adalah hal yang penting namun terkadang sulit untuk diatur.

Tentunya bidang ini semakin berkembang, mengingat masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya mengetahui cara mengatur keuangan untuk ke depannya agar menjadi lebih baik.

Masyarakat Indonesia sadar bahwa dalam kebutuhan saat ini memang semakin banyak dan semakin mahal seperti merencanakan dana membeli rumah, dana untuk hari tua dan lain sebagainya tentu sangat memerlukan jasa financial advisor.

Tahukah Anda Apa Itu Financial Advisor?

Financial advisor adalah seorang penasihat yang memberikan saran kepada penggunanya agar dapat merencanakan keuangan dengan matang.

Pada umumnya, profesi ini memberikan berbagai macam layanan, seperti manajemen investasi, perencanaan pajak, masalah keuangan, dan sebagainya. 

Financial advisor akan melakukan tugasnya baik secara independen maupun bekerja pada naungan suatu perusahaan keuangan.

Biasanya seorang  financial advisor juga dapat mengadakan seminar seputar perencanaan keuangan di beberapa tempat dan mengajar pada suatu kelas online.

Seperti yang kita tahu bahwa pada masa ini, di mana setiap pebisnis tentu akan mengerjakan segala sesuatunya dengan cara yang praktis dan tepat.

Selain financial advisor, adapun cara lain yang dapat membantu Anda dalam membereskan setiap pembukuan keuangan Anda yaitu dengan mencoba layanan jasa pembukuan untuk bisnis Anda.

Dalam layanan jasa pembukuan ini, setiap kegiatan akan ditangani oleh profesional, Anda juga tidak perlu khawatir tentang penggunaan metode persediaan, debit kredit transaksi, dan hal lainnya tentang akuntansi. Dengan menggunakan jasa ini, Anda juga dapat memperoleh perhitungan dan pelaporan pajak dengan lebih mudah.

Apa Saja Kelebihan dari Financial Advisor?

Tentu banyak keuntungan yang dapat Anda dapat jika menggunakan profesi ini. Anda akan mendapatkan pemahaman baru mengenai bagaimana cara mengelola keuangan bisnis Anda dengan baik.

Namun selain itu Anda juga bisa menghemat keuangan dan mempersingkat waktu Anda dalam mengatasi keuangan Anda. Sebab mengatur serta merencanakan keuangan bisnis tentu akan memakan waktu yang begitu lama

Selain itu seorang financial advisor juga dapat membantu Anda dalam mengatur setiap pemasukan maupun pengeluaran bisnis Anda dan disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Sehingga, alokasi pengeluaran bisa diatur dengan baik.

Financial advisor dapat melakukan set skala prioritas, kebutuhan primer, mutlak, sekunder, dan tersier. Bahkan menghitung berdasarkan waktu kapan kebutuhan itu diperlukan. Apakah sekarang, akan datang, tidak terduga, atau kebutuhan keadaan darurat.

Financial advisor juga akan membantu Anda dalam mengatur setiap kas dengan baik untuk saat ini atau masa depan, untuk menghindari kemungkinan hutang.

Dengan tidak memiliki hutang, maka keuangan bisnis Anda akan bisa semakin tertata dan pikiran juga lebih tenang karena tidak ada pengeluaran tambahan yang harus Anda keluarkan.

Namun jika dirasa penting dan mendesak Anda harus melakukan pinjaman (hutang), terutama jika berkaitan dengan kebutuhan yang akan datang atau mendadak.

Maka sebaiknya Anda harus bisa dan pandai dalam mengelola hutang tersebut menjadi sebuah pokok dimana Anda mendapatkan modal dari apa yang sudah ada pinjam sebelumnya.

Baca Juga: Anggaran Keuangan : Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Bagaimana Cara Memilih Financial Advisor?

Jika Anda tertarik ingin menggunakan jasa financial advisor, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilihnya yaitu:

• Perhatikan Pengalamannya

Pastikan lihat pengalaman seorang financial advisor terlebih dahulu. Tentukan apakah dia cukup kompeten dalam mengatasi masalah keuangan atau tidak.

Anda bisa melihatnya lewat media sosial mereka ataupun informasi di internet. Dengan begitu, Anda akan lebih mengetahui latar belakang dan kemampuannya.

• Memiliki Sertifikasi

Pastikan financial advisor yang ingin Anda pilih sudah memiliki sertifikasi.  Jangan sampai salah memilih financial advisor tanpa sertifikasi sehingga saran keuangan yang diberikan menjadi tak terjamin.

• Cari Sesuai Kebutuhan

Ada banyak sekali financial advisor yang menyediakan beragam jasa. Untuk itu, cari sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Selain itu, telusuri juga harga yang ditawarkan. Jika tidak masuk dalam budget yang Anda inginkan ada baiknya untuk mencari yang lainnya.

Mengapa Penting dan Apa saja yang Dikerjakan Seorang Financial Advisor?

Mungkin Anda bertanya-tanya terkait apa saja yang dikerjakan oleh financial advisor.

Namun pada umumnya tugas financial advisor adalah meninjau kebutuhan keuangan seseorang serta membantu mereka untuk mengatasi masalah keuangannya.

Financial advisor akan membantu kliennya untuk dapat merencanakan keuangan dengan tujuan jangka pendek maupun panjang.

Tidak hanya itu, terkadang profesi ini juga memberikan saran yang lain seperti saran pajak atau asuransi, tergantung dari permasalahan yang dihadapi oleh klien.

Adapun hal-hal yang dilakukan seorang financial advisor adalah sebagai berikut:

• Untuk membantu masalah keuangan secara pribadi.

• Membuat perencanaan tertentu agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

• Melatih klien dan memberikan saran tentang opsi investasi dan risikonya.

• Memantau perkembangan akun investasi klien.

• Merekomendasikan investasi yang cocok untuk klien.

• Menjelaskan jenis layanan keuangan

• Meneliti peluang investasi.

Apabila Anda sudah menemukan seorang financial advisor yang tepat, dan Anda juga sudah mendapatkan saran ataupun nasihat finansial dari mereka, maka selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengerjakan seluruh sarannya dengan penuh percaya diri dan matang.

Untuk lebih membantu Anda dalam merencanakan keuangan perusahaan dan hal lain terkait akuntansi. Maka Anda bisa menggunakan software akuntansi untuk mempermudah Anda dalam membereskan setiap keuangan Anda secara cepat dan tepat. Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Harmony.

Harmony adalah aplikasi akuntansi online yang sangat praktis digunakan oleh siapapun termasuk bagi Anda yang tidak memiliki background akuntansi.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam melihat dan menganalisa kondisi keuangan usaha Anda. Harmony sudah dipercaya oleh ribuan pemilik bisnis dalam mengelola keuangan usaha mereka. Tunggu apalagi, silahkan coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar disini.

Yuk, ikuti informasi dari Harmony tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Berikut link Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony