Harmony Blog

Anggaran Keuangan : Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Anggaran Keuangan Pengertian dan Jenis-jenisnyaPin

Anggaran keuangan adalah anggaran yang disusun secara sistematis dalam bentuk angka dan dinyatakan dalam unit moneter yang meliputi seluruh kegaiatan perusahaan dalam jangka waktu (periode) tertentu di masa yang akan datang. Perusahaan sangat membutuhkan anggaran dalam bentuk perencanaan sebagai upaya mengestimasikan keuangan perusahaan.

Tentunya anggaran memiliki peran penting sebagai bentuk pemantauan laju pertumbuhan ekonomi internal di dalam perusahaan. Sebuah perusahaan yang baik tentunya akan membuat anggaran perusahaan yang mampu membantu merencanakan dana serta mengendalikan aktivitas bisnis. Dengan adanya anggaran ini tentunya akan mempermudah perusahaan dalam mengeluarkan biaya yang harus dikeluarkan untuk mendukung kegiatan bisnis.

Dalam anggaran, satuan kegiatan dan satuan uang menempati posisi penting, yang dalam arti seluruh kegiatan akan dijumlahkan dalam satuan uang, sehingga dapat diukur pencapaian efesien dan efektivitas dari kegiatan yang dilakukan.

Jenis- Jenis Anggaran Keuangan dan Pengertiannya

Anggaran keuangan terbagi dari beberapa jenis, berikut jenis jenis dan pengertiannya :

1. Anggaran Penjual

Anggaran Penjualan adalah anggaran yang menerangkan secara terperinci dan teliti tentang penjualan dimasa datang, dimana didalamnya ada rencana tentang jenis barang, jumlah, harga, waktu serta tempat penjualan barang.

Selain itu, anggaran penjualan bisa diartikan sebagai biaya-biaya yang diperlukan untuk menjual ( komisi penjualan, gaji staff penjualan,pengiklanan, dan promosi penjualan )

Dan untuk mendistribusikan barang kepada konsumen.

2. Anggaran Produksi

Anggaran Produksi adalah suatu perencanaan secara terperinci mengenai jumlah unit produk yang diperoduksi selama periode yang akan datang. Yang didalamnya mencakup rencana mengenai jenis ( kualitas ), jumlah ( kuantitas ), dan waktu produksi yang akan dilakukan.

3. Anggaran Biaya Bahan Baku

Anggaran Biaya Bahan Baku adalah anggaran yang bertujuan untuk menentukan berapa banyak bahan baku yang dibutuhkan untuk diproduksi, dan berisi perencanaan mengenai bahan baku yang menyatakan suatu kuantitas bahan baku beserta satuan uang.

4. Anggaran Biaya Tenaga Kerja Secara Langsung

Anggaran Biaya Tenaga Kerja Secara Langsung adalah anggaran yang berisi perkiraan jumlah biaya tenaga kerja langsung yang dikeluarkan perusahaan di masa yang akan datang.

dan dapat digunakan sebagai dasar penyusunan anggaran kas dan laba rugi. Pada umumnya, perhitungan dalam anggaran ini memiliki 2 dasar penghitungan, yaitu upah per unit dan upah per jam.

5. Anggaran Overhead Pabrik

Anggaran Overhead Pabrik adalah suatu perencanaan yang terperinci mengenai biaya-biaya tidak langsung yang dikeluarkan sehubungan degan proses produksi selama periode yang akan datang, meliputi jenis biaya, waktu secara tempat (departemen) dimana biaya tersebut terjadi.

6. Anggaran Persediaan

Anggaran Persediaan adalah anggaran yang merencanakan secara lebih terperinci tentang persediaan barang selama periode yang akan datang. Yang didalamnya meliputi rencana jenis barang yang tersedia, jumlah barang yang tersedia, serta nilai barang yang tersedia dari waktu kewaktu.

7. Anggaran Kas

Anggaran Kas adalah anggaran yang digunakann untuk perencanaan dan pengendalian kas. Anggaran kas menunjukkan posisi kas masuk, dan kas keluar pada setiap periode waktu. Anggaran kas membantu manajemen untuk tetap menjaga keseimbangan (balance) kas yang ada di dalam perusahaan.

8. Anggaran Laba Rugi

Anggaran Laba Rugi adalah anggaran yang melaporkan seluruh proyeksi penerimaan dan pengeluaran untuk jangka waktu anggaran tertentu, untuk menunjukan proyeksi penerimaan (pendapatan) yang akan diterima oleh perusahaan.

9. Anggaran Neraca

Anggaran Neraca adalah anggaran yang merencanakan keadaan keuangan perusahaan pada suatu periode. Dalam anggaran ini jumlah kekayaan terlihat pada bagian aktiva, sedangkan jumlah utang terlihat pada bagian pasiva. Anggaran ini dibuat berdasarkan hasil dari anggaran kas dan anggaran laba rugi.

10. Anggaran Posisi Keuangan

Anggaran Posisi Keuangan adalah anggaran mengenai rencana perubahan aktiva, hutang dan modal perusahaan selama periode yang ditetapkan. Untuk menyusun anggaran ini, perusahaan dapat melihat lagi hasil dari anggaran neraca yang telah dibuat.

Sudahakah Anda mengetahui berbagai jenis jenis dari sebuah anggaran keuangan ? Setiap anggaran mempunyai setiap pegertian dan tujuan yang berbeda beda.

Berbagai jenis anggaran keuangan diatas dapat membantu bisnis Anda untuk mengontrol finansial bisnis. Dengan begini, resiko kehabisan biaya atau hal-hal yang tidak diinginkan bisa diminimalisir sejak awal. Untuk memudahkan Anda dalam penyusunan anggaran keuangan perusahaan Anda, terutama dalam pembukuan laporan keuangan perusahaan, Anda bisa menggunakan Software akuntansi Harmony untuk membuat laporan keuangan Anda lebih mudah.

Harmony membantu Anda memberesekan pembukuan dimana Anda hanya perlu memasukan transaksi yang terjadi sehingga semua Laporan keuangan akan tersajikan secara real time.

Mulailah sekarang juga dengan Harmony, Anda dapat membuat laporan keuangan yang rapih secara real time dimanapun dan kapanpun. Untuk menggunakan Software Harmony, segera daftarkan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony