5 Contoh Laporan Keuangan yang Sering Digunakan Serta Fungsinya
Harmony Blog
Accounting
5 Contoh Laporan Keuangan yang Sering Digunakan Serta Fungsinya
January 22, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Tahukah Anda bahwa laporan keuangan merupakan salah satu laporan yang sangat penting untuk suatu usaha?

Hal ini dikarenakan laporan keuangan mempunyai karakteristik yang mampu menunjukkan kondisi finansial suatu usaha dalam periode waktu tertentu. Semua bisnis wajib mempunyai laporan keuangan jika mau bisnis tersebut tetap eksis dan berkembang.

Laporan keuangan perusahaan adalah sesuatu yang vital yang harus dimiliki perusahaan dalam menjalankan usahanya.

Dari laporan keuangan dapat terlihat bagaimana kondisi keuangan perusahaan dalam satu periode. Perusahaan yang sehat bukan berarti perusahaan yang tidak memiliki hutang, tetapi bagaimana perusahaan mengelola hutang dan aset yang dimiliki untuk keberlangsungan bisnisnya.

Tidak hanya bagi perusahaan yang sudah besar saja, laporan keuangan juga sangat penting untuk bisnis kecil dan menengah. Dengan adanya laporan keuangan, para pemilik bisnis maupun pihak investor dapat melihat kondisi keuangan perusahaan dalam periode tertentu.

Membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia dibutuhkan ketelitian untuk menghasilkan data keuangan yang akurat.

5 Contoh Laporan Keuangan yang Sering Digunakan

Berikut contoh laporan keuangan yang sering digunakan perusahaan yaitu:

1. Laporan Laba/Rugi

Jenis laporan keuangan ini biasa dikenal dengan nama lain seperti income statement atau profit loss statement. Fungsi utamanya yaitu untuk menilai kinerja keuangan suatu perusahaan dilihat dari kerugian atau keuntungan yang diperoleh di periode tersebut.

Tak hanya itu, laporan laba rugi juga bisa menyediakan informasi tentang pajak perusahaan hingga menjadi bahan evaluasi manajemen.

Beberapa hal yang harus ada dalam laporan laba rugi adalah pendapatan, harga pokok produksi, beban, beban pajak hingga laba atau rugi perusahaan. Laporan laba rugi terdiri dari dua bentuk yaitu single step dan multiple step.

Selain itu adapun komponen laporan keuangan laba rugi yang perlu Anda ketahui yaitu, pendapatan, beban atau biaya, dan pendapatan di luar aktivitas operasional bisnis.

Berikut contoh laporan keuangan tampilan laporan laba dan rugi dalam aplikasi Harmony :

laporan keuangan laba rugi

2. Laporan Perubahan Modal

Selanjutnya adalah laporan perubahan modal yang akan menggambarkan perubahan aktiva bersih selama satu periode, perubahan ini bisa berupa peningkatan ataupun penurunan.

Dalam jenis laporan keuangan ini, Anda juga bisa melihat poin-poin apa saja yang menjadi penyebab perubahan modal.

Laporan perubahan modal hanya bisa dibuat setelah laporan laba/rugi karena membutuhkan jumlah kerugian atau keuntungan yang diperoleh perusahaan. 

Berikut contoh tampilan laporan perubahan atau pergerakan modal dalam aplikasi Harmony :

laporan keuangan pergerakan modal

3. Laporan Neraca

Laporan neraca keuangan atau yang biasa dikenal dengan nama balance sheet ini dibuat untuk menunjukkan posisi dan informasi keuangan dari suatu perusahaan. Komponen laporan keuangan pada neraca terdiri atas aset, kewajiban dan ekuitas. Neraca bisa dibuat dengan persamaan akuntansi yaitu:

Aset = Kewajiban + Modal

Sisi aset dan pasiva (kewajiban+modal) harus seimbang untuk membuat neraca degan benar. Neraca biasa dibuat dalam bentuk skontro ataupun vertikal. Setiap perusahaan bisa memilih bentuk neraca ini sesuai dengan kebutuhan. Berikut contoh tampilan laporan neraca dalam aplikasi Harmony :

laporan neraca

4. Laporan Arus Kas

Ada istilah yang mengatakan bahwa “Cash is King” tetapi “Cash Flow is King Kong”. Istilah ini untuk menunjukan betapa cash flow sangat penting dalam suatu usaha . Laporan arus kas (cash flow statement)  memberikan informasi tentang aliran kas perusahaan. Laporan ini juga bisa difungsikan sebagai indikator untuk memprediksi arus kas di periode selanjutnya. Cash flow statement memiliki 3 aktivitas utama yaitu aktivitas operasi, investasi dan pendanaan.

Sumber arus kas masuk dapat terlihat melalui laporan ini. Contoh sumber arus kas masuk bisa didapatkan dari pinjaman, pendanaan, atau hasil kegiatan operasional perusahaan. 

Sementara untuk sumber arus kas keluar berasal dari beban yang ditanggung oleh perusahaan baik dari kegiatan operasional maupun investasi. Berikut contoh tampilan Laporan Arus Kas menggunakan aplikasi Harmony :

laporan arus kas

5. Catatan Atas Laporan Keuangan

Beberapa orang mungkin belum terlalu familiar dengan laporan ini. Namun, catatan atas laporan keuangan pada dasarnya merupakan bagian dari laporan-laporan keuangan yang disajikan oleh suatu perusahaan meskipun keberadaannya tidak diwajibkan.

Mayoritas perusahaan yang membuat laporan ini adalah perusahaan skala besar ataupun perusahaan yang sudah go public.

Laporan ini dibuat untuk memberikan penjelasan yang lebih rinci mengenai beberapa hal yang ada pada laporan-laporan keuangan sebelumnya.

Letak catatan atas laporan keuangan biasanya ada di bagian paling belakang. Meski sebenarnya ini merupakan hal yang biasa terjadi yaitu bahwa laporan ini dibuat di akhir periode, tapi bisa dilihat bahwa beberapa perusahaan terkadang mengalami kesulitan dalam membuatnya.

Jadi agar laporan beserta catatannya tetap dibuat dengan baik dan tepat waktu, hindari membuatnya saat diperiode akhir tetapi cobalah selesaikan secara bertahap diperiode tertentu sebelum deadline penyerahan laporan keuangan dan catatannya tersebut.

Baca Juga: Langkah Membuat Laporan Penjualan Bisnis dengan Mudah

Fungsi Laporan Keuangan

Selain jenis laporan keuangan di atas, adapun fungsi laporan keuangan yang perlu Anda ketahui yaitu:

1. Menggambarkan Kondisi Perusahaan

Fungsi laporan keuangan adalah digunakan sebagai penilaian atau gambaran pada kondisi suatu perusahaan secara keseluruhan. Sebab dari laporan tersebut pebisnis dapat mengetahui apakah arus kas yang keluar masuk berjalan dengan lancar pada periode sebelumnya, dan lain sebagainya.

Dari informasi-informasi yang terdapat dalam laporan keuangan itulah yang kemudian menunjukkan bagaimana keadaan perusahaan pada suatu periode.

Apabila suatu perusahaan berada dalam kondisi laba yang baik dan tidak ada masalah dalam arus kas serta aset yang dimiliki, maka dapat dikatakan bahwa perusahaan dalam kondisi yang baik.

Dan jika laporan keuangan menunjukkan yang sebaliknya, berarti kondisi perusahaan perlu dikhawatirkan karena berada dalam situasi yang tidak baik.

custom-form-newsletter

2. Bahan Evaluasi Kinerja

Dengan adanya laporan keuangan yang dapat menggambarkan keadaan dan kondisi perusahaan, pihak manajerial perusahaan juga dapat menggunakan laporan tersebut untuk mengevaluasi kinerja.

Misalnya dari laporan keuangan dapat dilihat bahwa perusahaan mengalami kerugian pada periode ini, maka pihak manajerial akan mengevaluasi apa yang menyebabkan hal itu terjadi dan berusaha untuk mengatasinya.

3. Bentuk Pertanggungjawaban Perusahaan

Laporan keuangan merupakan bentuk laporan dari kegiatan dan transaksi keuangan yang dilakukan oleh perusahaan. Maka hal ini dapat dikatakan bahwa laporan keuangan merupakan laporan yang menunjukkan bentuk pertanggungjawaban kepada berbagai pihak yang terkait. 

Demikianlah penjelasan tentang 5 jenis laporan keuangan yang sering digunakan dalam perusahaan. Selain laporan keuangan tersebut adapula laporan pendukung yang juga merupakan bagian penting dalam keuangan suatu perusahaan.

Salah satu kegagalan Anda dalam berbisnis yaitu dalam menyajikan laporan keuangan yang tidak sesuai standar dan bagaimana Anda dapat memantau arus kas Anda ketika sedang sibuk tanpa perlu menggunakan laporan keuangan.

Maka dari itu, Anda perlu memiliki laporan pembukuan seperti software akuntansi, yang dapat membantu setiap laporan keuangan Anda secara cepat dan tepat.

Gunakan software yang sudah dipakai banyak entitas bisnis di Indonesia seperti Harmony yang terintegrasi dengan kegiatan bisnis Anda atas transksi hingga pembukuan laporan keuangan secara akurat dan mudah walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun buat akun Anda dan dapatkan pemakaian Gratis 30 Hari.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi

Jangan lupa untuk kunjungi sosial media Harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya? sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/