Harmony Blog

Langkah Membuat Laporan Penjualan Bisnis dengan Mudah

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

laporan penjualanPin

Laporan penjualan memiliki peran yang sangat penting untuk mengambil keputusan dalam bentuk pemasaran, harga, serta metode penjualan. Secara tidak langsung, laporan penjualan dapat juga berfungsi sebagai dorongan untuk meningkatkan produktivitas bisnis, peningkatan volume kualitas, dan peningkatan kuantitas dalam produk.

Selain itu, laporan penjualan berguna sebagai pembukuan dengan konsep sederhana untuk perbandingan antara pendapatan dan pengeluaran. Sebagaimana telah Anda ketahui bahwa penjualan merupakan ujung tombak perusahaan perdagangan.

Laporan penjualan bertindak sebagai media untuk menyampaikan informasi tentang perubahan yang terjadi dalam kegiatan penjualan. Tak cuma itu, tentunya menjadi bagian penting dalam pembahasan lengkap mengenai laporan keuangan segmen.

Jika perusahaan dapat membuat laporan penjualan dengan karakteristik laporan keuangan yang terperinci, akurat, dan mudah dibaca, maka data yang disajikan juga lebih transparan.

Data tersebut akan sangat membantu Anda dalam menyusun setiap jenis laporan keuangan dan memudahkan Anda pula untuk membuat keputusan terkait penjualan produk.

Dengan informasi penjualan yang terperinci Anda dapat menerima informasi lebih cepat dan memahami kondisinya.

Laporan ini dapat membuat pihak-pihak terkait untuk membuat keputusan dengan cepat dan bertanggung jawab atas segala perubahan yang terjadi pada neraca keuangan.

Sebelum membuat laporan ini, Anda harus menyiapkan beberapa hal yang erat kaitannya dengan catatan keuangan bisnis, khususnya untuk jangka waktu tertentu.

Beberapa hal yang harus Anda siapkan yaitu catatan pembelian barang, catatan penjualan barang, catatan biaya-biaya, catatan hutang, piutang, dan uang kas usaha.

Catatan tersebut nantinya akan menjadi referensi dasar dalam menyiapkan laporan ini dalam bisnis Anda. Setelah laporan keuangan dibuat, maka Anda dapat segera menyusun laporan penjualan sederhana baik perhitungan laporan stok barang maupun laporan harian.

Peran Laporan Penjualan Pada Perusahaan

Selain laporan keuangan yang lengkap, perusahaan masih membutuhkan laporan lain untuk menunjang kegiatan operasional perusahaan yaitu laporan penjualan sederhana. Laporan ini berisi kumpulan informasi kegiatan penjualan yang disajikan sebagai bahan catatan dan analisa penjualan.

Perlu Anda ketahui bahwa, laporan ini memiliki peranan yang cukup penting dalam pengambilan keputusan bisnis, yaitu keputusan untuk pemasaran, harga, dan metode penjualan.

Jadi, tidak bisa disangkal lagi kalau laporan ini memiliki peran dan fungsi yang sangat penting. Anda tidak boleh melakukan kesalahan dalam menyusunnya dan harus benar-benar akurat dalam menyusunnya.

Dalam kegiatan penjualan, segala kegiatan tersusun dalam siklus yang saling berkaitan satu sama lainnya dan tidak bisa berdiri sendiri. Setiap siklus selalu menyediakan data untuk kegiatan penjualan lainnya.

Baca Juga : Neraca Saldo : Penjelasan Lengkap dan Contoh Praktisnya

5 Pertimbangan Pentingnya Laporan Penjualan Bagi Perusahaan

Pentingnya laporan penjualan harian dikarenakan memiliki banyak fungsinya, maka dari itu inilah 5 pertimbangan mengapa pentingnya laporan penjualan yaitu:

1. Sebagai Bahan Evaluasi

Adanya laporan penjualan ini dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi terhadap informasi yang diperoleh, tentang kondisi perusahaan yang sedang baik atau tidak. Apabila transaksi tersebut memiliki perubahan maka pebisnis harus mengontrol transaksi yang telah berjalan agar tidak terjadi kerugian.

Namun dengan membuat contoh laporan penjualan harian, hal ini akan bisa diatasi, karena pemilik bisa mengetahui laporan penjualan tersebut menurun atau tidak. Pebisnis juga dapat mengatur laporan penjualan tersebut dengan melakukan promosi agar dapat menarik pelanggan.

Laporan penjualan harian ini tentu berfungsi dalam membantu pebisnis untuk menyusun strategi penjualan, maka dari itu laporan tersebut harus selalu terupdate.

2. Menunjukkan Kondisi Bisnis

Penyajian laporan keuangan merupakan sebuah cara dalam menunjukkan kondisi perusahaan. Selain itu laporan keuangan ini dapat memberikan informasi angka keuntungan atau rugi yang diperoleh pada bisnis dalam laporan laba rugi. Dengan demikian ketika perusahaan mengalami kerugian, maka pebisnis harus mempertimbangkan strategi dalam meningkatkan penjualannya.

Sebagai contoh laporan penjualan harian memang tidak secara langsung dapat digunakan untuk melihat kondisi perusahaan, namun adanya laporan ini pebisnis dapat memantau penjualannya menguntungkan atau tidak secara akurat.

3. Meraih Peningkatan Produktivitas

Fungsinya laporan penjualan ini bisa diketahui berapa banyak peningkatan produktivitas antar transaksi yang telah terjadi setiap harinya.

Selanjutnya jika informasi sudah didapat oleh perusahaan, maka pebisnis harus menentukan target apa saja yang dapat meningkatkan produktivitas di masa mendatang. Sehingga perusahaan yang Anda jalankan dapat berkembang menjadi lebih baik lagi.

4. Sebagai Bentuk Pertanggungjawaban

Secara umum laporan penjualan merupakan laporan yang bisa dijadikan sebagai bentuk pertanggungjawaban, dari beberapa konsumen yang terkait dengan perusahaan. Maka dari itu laporan keuangan ini harus di buat seakurat mungkin, karena informasinya bisa di dapat dari setiap transaksi penjualan.

Kegunaan laporan harian selalu berkaitan dengan laporan keuangan akhir periode, supaya penyajian laporan keuangan tersebut bisa di dapat dengan tepat dan mudah tanpa terjadinya selisih atau kesalahan. Sehingga pemilik saham atau dewan direksi dapat percaya terhadap perusahaan yang sedang dijalankan.

5. Menggambarkan Kredibilitas Perusahaan

Dengan menyajikan laporan keuangan yang akurat dan tepat merupakan bukti bahwa perusahaan mampu berkembang dengan baik. Selain itu adanya laporan penjualan dapat mendukung perhitungan dalam laporan keuangan atas transaksi penjualan secara harian.

Setelah ini Anda juga bisa membuat buku besar agar lebih terinci setiap transaksi yang terjadi. Mungkin kini Anda kesulitan dalam melakukannya, namun tidak perlu khawatir Anda bisa menggunakan layanan jasa pembukuan yang dapat membantu Anda. Dibantu oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Contoh Cara Membuat Laporan Penjualan

Tentunya Anda masih bingung cara membuat laporan penjualan harian atas bisnis Anda. Kini laporan tersebut bisa disajikan dalam berbagai caranya mulai dari manual sampai dengan menggunakan teknologi yang lebih cepat. Berikut ini contoh laporan penjualan:

1. Contoh Laporan Penjualan Sederhana

Dengan membuat contoh laporan penjualan harian biasanya dapat Anda ketahui dengan cara manual, atau excel seperti di bawah ini.

Contoh laporan penjualan harmonyPin

2. Contoh Laporan Penjualan Dengan Software Pembukuan

Nah, kini Anda tidak perlu repot karena dengan software pembukuan Anda sudah dibantu cara membuat laporan penjualan secara cepat dan praktis. Di bawah ini ada beberapa contoh laporan penjualan yang disajikan oleh Harmony Accounting Software:

a. Contoh Laporan Penjualan – Rangkuman

Contoh laporan penjualan rangkumanPin

b. Contoh Laporan Penjualan – Perincian

Contoh laporan penjualan perincianPin

c. Contoh Laporan Penjualan – Per Pelanggan

Contoh laporan penjualan per pelangganPin

Secara umum perusahaan yang berkembang dengan baik akan memiliki laporan keuangan yang sehat. Di mana hal ini juga membutuhkan laporan penjualan harian, namun ketika perusahaan Anda masih membuat laporan secara manual seperti contoh di atas.

Maka banyak kemungkinan terjadi kesalahan manual (human error) ketika membuat maupun menghitungnya. Oleh karena itu untuk memudahkan Anda dalam mengelola dan membuat laporan yang terperinci dan akurat, sebaiknya Anda memilih Software Akuntansi Harmony yang terintegrasi secara mudah dan akurat.

Software Akuntansi Harmony, dapat menyimpan, menganalisis, serta mengelola keuangan dan akuntansi bisnis Anda dengan berbagai fitur modern dan lengkap. Dengan demikian, Anda tidak perlu lagi bingung dalam menyusun laporan secara manual, termasuk laporan lainnya.

Harmony menyediakan 20 lebih laporan keuangan secara realtime. Segera daftarkan akun Anda dan buktikan manfaat fitur software Harmony secara GRATIS 30 Hari disini. Untuk mengenal Harmony lebih lanjut, kunjungi halaman sosial media Harmony supaya tidak ketinggalan berita terbaru seputar keuangan, bisnis dan lainnya. Dengan mengklik sukai dan ikuti updatenya melalui Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony