Harmony Blog

Mengenali Neraca Lajur untuk Laporan Keuangan Perusahaan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Mengenali Neraca Lajur untuk Laporan Keuangan PerusahaanPin

Neraca lajur adalah lembaran kertas kerja berlajur atau berkolom yang digunakan secara manual. Neraca lajur menjadi salah satu alat yang bisa digunakan untuk membantu perusahaan dalam menyusun laporan keuangan.

Dalam prakteknya, neraca lajur memiliki beberapa elemen seperti neraca saldo, jurnal penyesuaian, neraca saldo setelah penyesuaian, laporan laba rugi dan neraca.

Selain itu, neraca lajur juga bisa memberikan informasi yang jelas mengenai keadaan laporan keuangan perusahaan meski laporan keuangan belum dibuat. Perusahaan juga lebih mudah dalam proses pencarian kesalahan dalam pembukuan yang mungkin terlewatkan.

Jaman digitalisasi saat ini, kesalahan dalam pembukuan dapat di hindari sebelumnya. Anda dapa menggunakan aplikasi pembukuan untuk membantu proses pencatatan setiap transaksi bisnis Anda.

Lalu bagaimana format pembuatan neraca lajur ini?

1. Nama Akun atau Perkiraan

Kolom pertama dalam neraca lajur diisi oleh seluruh kode akun perkiraan. Keberadaan kolom ini sangat penting karena akan menjadi acuan dalam melihat posisi debit dan kredit saldonya.

Baca Juga : 5 Langkah Mudah Membuat Laporan Umur Piutang dan Analisanya

2. Neraca Saldo

Selanjutnya ada kolom neraca saldo. Anda hanya perlu memindahkan seluruh akun perkiraan beserta saldo dari neraca saldo yang Anda buat ke dalam kolom neraca saldo di neraca lajur.  Pastikan Anda tidak salah dalam menempatkan saldo kredit dan debit setiap akunnya ya.

3. Jurnal Penyesuaian

Sebelum neraca lajur, jurnal penyesuaian tentunya telah dibuat dan Anda hanya perlu memindahkannya ke kolom penyesuaian di neraca lajur. Jural penyesuaian sendiri dibuat dengan menyesuaikan perkiraan-perkiraan pada neraca saldo agar saldo yang terlihat benar-benar sesuai dengan kondisi realnya.

4. Neraca Saldo Setelah Penyesuaian

Setelah kolom neraca saldo dan jurnal penyesuaian di neraca lajur terisi, maka Anda bisa dengan mudah membuat neraca saldo setelah penyesuaian. Untuk perkiraan neraca saldo yang tidak terpengaruh oleh jurnal penyesuaian, Anda bisa langsung memindahkan saldonya ke dalam kolom neraca saldo setelah penyesuaian.

Sebaliknya, untuk perkiraan yang terpengaruh harus dihitung dulu berapa nilai setelah dikurangi atau diitambah setelah penyesuaian. Jika perhitungan selesai, maka tinggal isikan hasilnya ke kolom neraca saldo setelah penyesuaian. Ingat untuk menjumlahkan saldo di kolom kredit dan debitnya untuk tahu apakah posisinya seimbang atau tidak.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

5. Neraca

Kolom ini diisi dengan semua akun riil dari neraca saldo setelah penyesuaian untuk melihat apakah masih ada kesalahaan saat menyusun neraca saldo. Selain itu kolom neraca ini juga digunakan untuk memeriksa ketepatan perhitungan yang dilakukan.

6. Perhitungan Laba Rugi

Jika akun riil dari neraca saldo setelah penyesuaian dipindah ke kolom neraca, maka akun-akun nominal akan dipindah ke kolom perhitungan  laba rugi. Ingat untuk menjumlahkan kolom debit dan kredit pada kolom ini untuk mengetahui apakah perusahaan untung atau rugi.

Mungkin Anda juga tertarik dengan artikel ini Pengertian Gross Profit atau Laba Rugi Kotor dalam Pembukuan

Jika sisi debit lebih besar dari kredit, maka perusahaan mengalami kerugian. Sebaliknya, jika kolom kredit memiliki saldo lebih besar dari kolom debit maka ini berarti perusahaan memperoleh keuntungan.

Dari data-data di atas tentunya Anda bisa membuat laporan keuangan lebih mudah bukan?

Agar Anda lebih mudah lagi dalam membuat laporan keuangan ataupun menyelesaikan siklus akuntansi secara keseluruhan, Anda bisa menggunakan software akuntansi.

Harmony menjadi salah satu software akuntansi terbaik dan sudah membantu ribuan pemilik bisnis maupun perusahaan dalam membereskan pembukuannya di Indonesia. Selain memiliki sistem yang canggih, Harmony juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang tidak hanya keren tapi juga fungsional.

Apapun jenis perusahaan Anda, Harmony akan siap untuk membantu pengelolaan keuangan. Kabar baiknya, Anda dapat menggunakannya tanpa latar belakang akuntansi sekalipun dan Anda juga bisa mencoba software Harmony secara Gratis 30 hari sebelum memutuskan untuk menggunakannya dalam jangka panjang lho. Yuk, daftar sekarang juga!

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony