Harmony Blog

Pengertian Gross Profit atau Laba Rugi Kotor dalam Pembukuan

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

laba rugi kotorPin

Laporan keuangan sangat berkaitan dengan bagaimana perusahaan bisa menganalisa untung atau rugi yang dialami. Itulah sebabnya setiap perusahaan selalu melibatkan laba rugi kotor (gross profit) dalam laporan laba rugi maupun laporan komprehensif laba rugi. Bahkan, untuk dapat menganalisa laba bersih, diperlukan data-data yang berkaitan dengan laba rugi kotor pada periode tertentu.

Melihat pentingnya analisa keuangan terkait dengan laba rugi kotor, perusahaan harus paham dengan analisa laporan laba rugi secara detail.

Dengan demikian, rating penjualan perusahaan akan meningkat dan beban perusahaan akan menurun.

Definisi Gross Profit

Gross profit atau laba rugi kotor menurut arti umum yaitu pendapatan dari penjualan sebelum dikurangi biaya overhead, gaji pegawai, pajak, dan pembayaran bunga. Dengan demikian, di dalam laba rugi kotor terdapat keuntungan sekaligus terdapat biaya untuk membuat produk maupun biaya untuk penyediaan jasa. Laba rugi kotor masih belum bisa disebut keuntungan murni dari penjualan.

Menurut arti khusus, laba rugi kotor adalah jumlah penjualan bersih pasca mengalami pengurangan Harga Pokok Penjualan (HPP). Selama biaya produksi sudah dipertanggungjawabkan, maka pendapatan sudah bisa dikategorikan sebagai laba rugi kotor.

Dari pengertian umum maupun pengertian khusus tersebut, bisa dimengerti bahwa laba kotor adalah pendapatan dari penjualan yang sudah dipotong biaya pertanggungjawaban produksi tetapi masih belum terpotong biaya untuk gaji, pajak, dan pembayaran suku bunga perusahaan.

Baca Juga : 4 Karakteristik Laporan Keuangan Yang Harus Anda Tahu

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Cara Menghitung Laba Kotor

Cara menghitung laba kotor bisa dilakukan dengan menghitung selisih pendapatan dan HPP. Pendapatan merupakan hasil atau laba dari penjualan, sedangkan Harga Pokok Produksi (HPP) merupakan biaya produksi untuk menghasilkan produk dan jasa. Dengan adanya HPP, maka penentuan harga produk menjadi lebih mudah, sehingga akan semakin jelas menentukan laba kotor yang akan diterima oleh perusahaan. Cara menghitung laba kotor bisa menggunakan laba kotor rumus, yaitu:

Laba Kotor (gross profit) = Pendapatan – HPP

Perlu Anda ketahui bahwa penentuan HPP, penjualan, gross profit, dan laba bersih merupakan tahapan dalam membuat pembukuan sederhana perusahaan.

Contoh Perhitungan Laba Kotor (Gross Profit)

Untuk membantu Anda memahami permasalahan laba rugi kotor, berikut ini akan dibantu dengan sebuah contoh dalam menghitungnya.

Misalnya, dalam satu periode penjualan, PT. Putra Putri Pertiwi telah melakukan penjualan sebesar Rp 100.000.000. Sedangkan HPP yang telah diakumulasikan sebelumnya sebesar Rp 60.000.000. Selain itu, terdapat pengeluaran untuk biaya pemasaran sebesar Rp 5.000.000, biaya administrasi Rp 15.000.000, dan pajak sebesar Rp 5.000.000.

Dari masalah di atas, untuk menghitung laba kotor hanya perlu mengurangkan penjualan dengan HPP dan mengabaikan unsur-unsur lain seperti biaya pemasaran, biasa administrasi, dan pajak. Cara menghitungnya yaitu:

Laba Kotor (gross profit)  = Pendapatan – HPP

= Rp 100.000.000 – Rp 60.000.000

= Rp 40.000.000

Jadi, laba kotor yang diperoleh PT. Putra Putri Pertiwi dalam satu periode tersebut adalah Rp 40.000.000.

Demikianlah pengertian gross profit dan cara menghitungnya. Gross profit sangat penting dalam laporan keuangan karena akan menentukan besarnya laba bersih perusahaan. Untuk menghitung data-data yang lebih luas, tentu melakukan secara manual akan menyita banyak waktu dan pikiran.

Tak perlu ribet, solusi menghitung laporan keuangan untuk perusahaan Anda adalah dengan software akuntansi Harmony yang telah diintegrasikan. Penggunaan software harmony sangat mudah sehingga akan menghemat waktu, biaya, dan tenaga tim akuntansi dan admin keuangan.

Untuk dapat menikmati fitur-fitur lengkap dari software akuntansi harmony, caranya mudah! Klik link ini dan isi data secara lengkap. Jangan khawatir, Anda akan dapatkan software Harmony tanpa perlu membayar apapun alias GRATIS selama 30 hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony