Harmony Blog

Membuat Pembukuan Sederhana Yang Mudah dan Simple

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Langkah Mudah Membuat Pembukuan SederhanaPin

Hal yang selalu terlintas ketika anda berbincang tentang bisnis adalah kata profit. Namun, untuk mencapai kata itu para pebisnis perlu untuk memperhitungkan itu semua. Disinilah peran penting dari pembukuan yang tidak boleh diabaikan, setidaknya untuk mengetahui setidaknya bisnis yang Anda jalani untung atau rugi. Bukan hanya itu yang dapat tersajikan, Anda dapat melakukan analisa pada setiap transaksi dalam bisnis Anda dan masih banyak lagi. Kami akan membahas langkah mudahnya dalam membuat pembukuan sederhana.

Hal ini sebaiknya dilakukan ketika diawal membuat bisnis, karena jika bisnis sudah besar dan banyak transaksi, tentu Anda akan kerepotan untuk mengurus pembukuannya. Anda akan menjadi tidak fokus terhadap perkembangan bisnis. Untuk membuat pembukuan Anda dapat memulai dari membuat pembukuan sederhana agar Anda tidak bingung dan pusing.

Pembukuan adalah topik yang membosankan dan membuat pusing namun jika Anda ingin kaya, topik ini akan menjadi yang paling penting.

Robert T. Kiyosaki penulis buku Rich Dad Poor Dad

Inilah Langkah Praktis Membuat Pembukuan Sederhana

1. Mulai Dengan Catatan Kas

Dalam langkah pertama ini tugas Anda adalah membuat pembukuan catatan kas, atau disebut juga buku kas. Banyak dari Anda mungkin sudah sering mendengar apa itu buku kas. Buku kas adalah gabungan catatan transaksi pengeluaran dan pemasukan.

Baca Juga : Apa itu Kas dalam Akuntansi Bisnis?

Pengeluaran dan pemasukan sangat penting untuk Anda ketahui darimana saja transaksi tersebut, misal untuk pengeluaran seperti belanja pembelian bahan baku, stok barang, operasional, administrasi, dan banyak lainnya. Catat semua transaksi tersebut, dengan begitu Anda dapat mengetahui jumlah pengeluaran bisnis Anda. Bukan hanya pengeluaran, Anda juga harus mencatat pemasukan seperti penjualan barang maupun jasa dalam bisnis Anda. Catat dengan konsisten setiap hari dan komitmen untuk mengumpulkan bukti-bukti transaksi lalu di catat.

Ketika Anda sudah terbiasa dalam melakukan pencatatan Anda akan merasakan manfaat dari fungsi pembukuan ini. Mengetahui pemasukan, pengeluaran, keuntungan perharinya dan dapat merencanakan strategi promosi terkait keuangan yang sudah bisa Anda alokasikan untuk perkembangan bisnis Anda. Sebagai pemilik bisnis, Anda bisa melakukan pembukuan secara manual maupun aplikasi seperti buku, microsoft excel, ataupun software akuntansi.

2. Catat Persediaan Anda

Setelah membuat pembukuan pencatatan kas, langkah selanjutnya adalah membuat pembukuan persediaan. Persediaan yang dimaksud adalah stok barang yang Anda jual, pada saat terjadi penjualan Anda diharuskan untuk mencatat stok yang sudah dikeluarkan atas penjualan tersebut. Dari pencatatan pembukuan persediaan ini Anda dapat mengetahui jumlah stok perharinya, jadi Anda dapat memastikan stok barang apa saja yang laku dan tidak laku sehingga tidak menimbun banyak stok barang.

Bagi Anda yang mempunyai bisnis dengan stok barang yang banyak, memang dirasa akan cukup menghabiskan waktu dalam melakukan pelacakan stok mana yang berkurang dan bertambah setiap harinya, namun jika Anda menggunakan alat bantu seperti software akuntansi yang dapat memberikan kemudahan dalam mengelola stok, tentunya pencatatan persediaan secara realtime dapat dilakukan dengan mudah dan otomatis.

3. Catat Inventaris Barang

Hal ini dilakukan bagi Anda yang ingin mengetahui aset apa saja yang Anda miliki terkait dengan bisnis Anda. Misal, Anda mempunyai laptop untuk digunakan sebagai aktifitas bisnis Anda, maka laptop tersebut merupakan aset yang bisa Anda catat. Pembukuan ini berguna untuk menjaga dan mengendalikan aset bisnis Anda. Namun secara kompleks dalam pencatatan ini, barang yang digunakan mempunyai nilai penyusutan, ini berhubungan dengan seberapa besar aset yang Anda miliki untuk Anda ketahui kedepannya.

Itulah 3 langkah membuat pembukuan sederhana, jika Anda ingin lebih praktis dalam mengelola pembukuan dan mendapatkan laporan keuangan secara realtime, Anda dapat menggunakan software akuntansi seperti Harmony.

Membuat Pembukuan Sederhana dan Praktis? Mulailah Dengan Harmony

Era digital saat ini, Anda tidak perlu khawatir lagi dalam mengelola pembukuan bisnis. Sudah saatnya Anda menggunakan teknologi jaman now seperti Harmony.

Dengan Harmony Accounting Software berbasis cloud atau online, Anda dapat mencatat segala jenis transaksi seperti uang masuk, stok barang, invoice, biaya yang dikeluarkan hingga laporan keuangan yang real time. Harmony juga telah membantu ribuan pebisnis untuk menikmati teknologi pembukuan yang terjangkau, mulai dengan 149rb-an Anda sudah dapat langsung menggunakan software canggih ini.

Kapan Anda akan memulai? Tunggu apalagi, gunakan Harmony dan dapatkan Gratis 30 Hari dengan mendaftar akun Anda disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!
        Software Akuntansi Online Harmony

        Tingkatkan keahlian Anda bersama pakar kami, gratis!

        • 00HARI
        • 00JAM
        • 00MENIT
        • 00DETIK