Membuat Laporan Keuangan: Manual VS Aplikasi
Harmony Blog
Finance
Membuat Laporan Keuangan: Manual VS Aplikasi
October 31, 2019
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Bagi Anda yang menjalankan sebuah bisnis maupun perusahaan, membuat laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi bisnis Anda. Dalam membuat laporan keuangan dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan aplikasi atau software.

Apa bedanya Laporan Keuangan Manual dan Aplikasi?

Laporan Keuangan Secara Manual

Membuat laporan keuangan dengan cara manual adalah membuat laporan keuangan dengan mencatat pembukuan di kertas atau buku pembukuan atau mencatat menggunakan software seperti Microsoft Excel maupun Spreadsheet Google dengan mengikuti proses siklus akuntansi yang ada. Membuat laporan keuangan dengan cara manual membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak, maka dari itu banyak pemilik bisnis menyerahkan persoalan keuangan bisnisnya kepada seorang akuntan.

Aktifitas dalam pembuatan laporan keuangan manual seperti, membuat invoice sendiri, setelah itu menjadikannya jurnal, melakukan double entry secara manual untuk dijadikan Buku Besar sampai menjadi laporan keuangan. Bukan hanya itu, Anda diwajibkan membuat laporan utang dan piutang dari setiap invoice yang telah Anda terima, jika Anda berbisnis dengan produk yang banyak, Anda harus mencatat stok barang serta harga pokok penjualan dan melakukan penghitungan penjualan atau keuntungan secara manual.

Laporan Dengan Aplikasi

Pada Era yang serba digital seperti sekarang, dimana semua sudah dimudahkan dengan teknologi begitu juga dalam ruang lingkup Akuntansi atau pembukuan keuangan. Terdapat berbagai tools seperti software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam merapihkan pembukuan bisnis Anda, dengan software akuntansi Anda hanya perlu memasukkan transaksi keuangan yang terjadi dalam bisnis maupun perusahaan Anda, setelah itu software akuntansi akan secara otomatis memproses hal-hal yang dikerjakan secara manual seperti, penjurnalan, membuat buku besar, pengelolaan stok, sampai pada membuat laporan keuangan sudah dapat dikerjakan secara otomatis dan tidak perlu lagi dilakukan secara manual.

Dengan  software akuntansi online, Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi pada gadget ataupun komputer yang Anda gunakan. Harmony adalah software akuntansi online berbasis cloud, yang dapat membantu Anda dalam melakukan kegiatan pembukuan manual secara otomatis.

Harmony menyediakan 20 lebih laporan keuangan yang dapat Anda monitor kapanpun dan dimanapun. Untuk Anda yang ingin menggunakan Harmony Anda bisa mendaftar dan mendapatkan 30 Hari Gratis Disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/