Harmony Blog

Membuat Laporan Keuangan: Manual VS Aplikasi

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

Membuat Laporan Keuangan Manual AplikasiPin

Bagi Anda yang menjalankan sebuah bisnis maupun perusahaan, membuat laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting dilakukan untuk mengetahui kondisi bisnis Anda. Dalam membuat laporan keuangan dapat dilakukan secara manual maupun menggunakan aplikasi atau software.

Apa bedanya Laporan Keuangan Manual dan Aplikasi?

Laporan Keuangan Secara Manual

Membuat laporan keuangan dengan cara manual adalah membuat laporan keuangan dengan mencatat pembukuan di kertas atau buku pembukuan atau mencatat menggunakan software seperti Microsoft Excel maupun Spreadsheet Google dengan mengikuti proses siklus akuntansi yang ada. Membuat laporan keuangan dengan cara manual membutuhkan waktu dan tenaga yang cukup banyak, maka dari itu banyak pemilik bisnis menyerahkan persoalan keuangan bisnisnya kepada seorang akuntan.

Aktifitas dalam pembuatan laporan keuangan manual seperti, membuat invoice sendiri, setelah itu menjadikannya jurnal, melakukan double entry secara manual untuk dijadikan Buku Besar sampai menjadi laporan keuangan. Bukan hanya itu, Anda diwajibkan membuat laporan utang dan piutang dari setiap invoice yang telah Anda terima, jika Anda berbisnis dengan produk yang banyak, Anda harus mencatat stok barang serta harga pokok penjualan dan melakukan penghitungan penjualan atau keuntungan secara manual.

Laporan Dengan Aplikasi

Pada Era yang serba digital seperti sekarang, dimana semua sudah dimudahkan dengan teknologi begitu juga dalam ruang lingkup Akuntansi atau pembukuan keuangan. Terdapat berbagai tools seperti software akuntansi yang dapat membantu Anda dalam merapihkan pembukuan bisnis Anda, dengan software akuntansi Anda hanya perlu memasukkan transaksi keuangan yang terjadi dalam bisnis maupun perusahaan Anda, setelah itu software akuntansi akan secara otomatis memproses hal-hal yang dikerjakan secara manual seperti, penjurnalan, membuat buku besar, pengelolaan stok, sampai pada membuat laporan keuangan sudah dapat dikerjakan secara otomatis dan tidak perlu lagi dilakukan secara manual.

Dengan  software akuntansi online, Anda tidak perlu lagi melakukan instalasi pada gadget ataupun komputer yang Anda gunakan. Harmony adalah software akuntansi online berbasis cloud, yang dapat membantu Anda dalam melakukan kegiatan pembukuan manual secara otomatis.

Harmony menyediakan 20 lebih laporan keuangan yang dapat Anda monitor kapanpun dan dimanapun. Untuk Anda yang ingin menggunakan Harmony Anda bisa mendaftar dan mendapatkan 30 Hari Gratis Disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony