Harmony Blog

Cara Mengelola Hutang Usaha Agar Bisnis Selalu Berkembang

Diupdate Feb 24th, 2021
1

SHARES

PEMBACA

hutang usahaPin

Ketika Anda mengelola sebuah perusahaaan, tentunya keuangan adalah salah satu yang paling dibutuhkan, disaat Anda memulai sebuah perusahaan, adakalanya hutang menjadi sebuah bantuan untuk Anda memenuhi setiap kebutuhan usaha maupun perusahaan Anda dan bisa juga menjadi alat sebagai modal usaha Anda.

Salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan sebagai pemilik bisnis adalah merancang sistem yang baik dan terorganisir untuk mengelola setiap keuangan, maupun hutang usaha yang Anda miliki.

Bagaimana Cara mengelola Hutang Usaha yang Baik Bagi Perusahaan Anda?

Hutang memang sangatlah membantu bagi setiap Anda yang menjalankan sebuah usaha. Namun meskipun hutang dapat membantu Anda dalam memenuhi setiap keperluan usaha Anda, adakalanya memiliki hutang dalam jumlah yang sangat besar juga dapat meberikan resiko terhadap perusahaan Anda, bahkan usaha yang Anda jalani akan bangkrut akibat hutang usaha yang Anda miliki.

Sebaiknya kelola uang tersebut menjadi sebuah pokok dimana Anda dapat mengembalikan hutang tersebut dan mendapatkan modal dari apa yang sudah ada pinjam sebelumnya, sehingga hutang yang Anda miliki tidak menjadi sebuah beban ataupun kerugian bagi Anda. Namun, bagaimana cara mengelola hutang tersebut, agar bisnis tetap bisa berkebang ? Berikut cara dalam mengelola hutang bisnis Anda :

1. Tentukan Tingkat Prioritas Hutang

Ketika Anda ingin membayar hutang Anda, alangkah baiknya Anda harus memperhatikan prioritas hutang yang harus  Anda bayar, bukan dengan melihat jumlah uang yang harus Anda bayar, melainkan dampak atau resiko yang akan Anda terima bila Anda tidak terlebih dulu membayarnya.

2. Buat Anggaran

Mulailah dengan memeriksa setiap pendapatan usaha Anda. Dan buatlah laporan pembukuan mengenai anggaran tersebut, baik biaya pengeluaran ataupun biaya masuk. Jika Anda memperhatikan setiap pengeluaran yang Anda miliki begitu banyak dari apa yang Anda hasilkan dan Anda simpan, maka sebaiknya Anda harus memperhatikan lebih lagi setiap pengeluaran yang akan Anda keluarkan, siapkan rencana pengeluaran yang bersekala kecil dan gunakan sebagian kelebihan dana yang Anda miliki, untuk membayar sebagian utang usaha Anda.

Baca Juga : Cara Meminimalkan Risiko Piutang yang Tidak Tertagih

3. Negoisasi

Apabila Anda sedang kesulitan dalam membayar utang dan usaha yang Anda jalankan mungkin sedang dalam keadaan yang tidak baik, mulailah dengan berkomunikasi dengan pemodal Anda untuk bernegoisasi, agar mereka menurunkan jumlah suku bunga pinjaman Anda, dan tanyakan kepada pemodal apakah mereka memiliki rencana yang bisa memberikan persyarata pembayaran yang lebih baik untuk Anda.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Penggabungan Hutang Usaha

Tujuan dari penggabungan hutang yang dimaksud adalah ketika usaha tersebut memiliki banyak hutang atau pinjaman yang harus dibayar setiap bulanya. Seperti yang kita ketahui, ketika kita meminjam terhadap beberapa sumber, pasti akan sangat sulit bagi kita untuk memanejemenkan utang tersebut.

Agar Anda tidak binggung untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan dengan menggambungkan hutang tersebut disatu tempat saja, agar Anda dapat dengan mudah dalam melakukan proses pembayaran dan monitoring kedepanya. Pengabungan hutang tersebut bisa Anda lakukan dengan cara mengambil pinjaman dari satu tempat untuk melunasi hutang yang ada di beberapa sumber lainya.

Bila Anda berhasil ketika melakukan ini, maka Anda hanya memiliki pinjaman pada satu kreditor saja, dan Anda juga tidak perlu binggung dan takut ketika ada pembayaran yang terlewatkan.

5. Menggunakan Teknologi

Sudah tidak diherankan lagi, dimana perkembangan teknoligi sudah sangat berkembang pada zaman ini, maka dari itu Anda juga bisa menggunakan teknologi sebagai alat untuk mementori setiap Hutang dan keuangan yang Anda miliki, Anda tidak perlu mneggunakannya secara manual untuk mencatat setiap keuangan baik pengeluaran yang Anda keluarkan untuk membayar hutang tersebut, ataupun biaya masuk yang Anda miliki.

Dengan Anda menggunakan berbagai Software Akuntansi, setiap pembukuan keuangan Anda akan rapih, dan mudah untuk Anda ketika melakukan pengecekan terhadap laporan keuangan perusahaan Anda.

Kini Anda tidak perlu khawatir lagi dalam melakukan pembukuan perusahaan Anda, dengan Anda menggunakan Software Akuntansi Harmony, setiap kebutuhan pembukuan yang Anda perlukan dalam usaha Anda akan tersedia di aplikasi tersebut.

Harmony sangat mudah dan praktis digunakan walaupun Anda tidak memiliki background akuntansi. Tonton Fintax Fair yaitu acara yang diselenggarakan Harmony dalam mengedukasi peserta tentang keuangan dan pajak. Untuk Anda yang berminat, silahkan coba Harmony GRATIS 30hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony