Harmony Blog

Mencari Modal Usaha? Berikut Cara Mudah Mendapatkannya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

modal usahaPin

Bagi para pebisnis, modal merupakan hal yang penting dimiliki sebelum memulai usahanya. Tanpa modal itu sendiri, maka usaha tidak dapat terlaksana dengan baik. Namun modal usaha bukanlah komponen utama pada perencanaan usaha, karena pada bisnis/usaha tertentu terdapat jenis usaha yang tanpa dimulai dengan modal usaha, seperti jenis usaha jasa dan lain-lain.

Di era teknologi sekarang, mencari modal usaha terbilang mudah. Namun yang tidak kalah penting adalah modal tekad dan niat dalam memulai sebuah usaha

Pengertian Modal Usaha

Jika melihat definisinya berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, Modal Usaha merupakan uang yang dipakai sebagai pokok untuk berdagang, melepas uang, dan sebagainya; harta benda (uang, barang, dan sebagainya) yang dapat dipergunakan untuk menghasilkan sesuatu yang menambah kekayaan.

Sederhananya pengertian modal adalah sebuah aset baik seperti barang-barang atau uang yang dijadikan sebagai pokok menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Itu artinya jika kita bisa mengatur modal usaha dengan baik, maka anda juga pasti mampu membangun usaha yang lebih baik, karena sejatinya modal adalah pondasi utama dalam menjalankan usaha.

Untuk Anda yang sedang berfikir bagaimana caranya untuk mendapatkan modal, ada tips bagaimana cara untuk mendapatkannya.

5 Cara Khusus Mendapatkan Modal Usaha

Berikut ini terdapat 5 cara khusus untuk Anda yang ingin mendapatkan modal sebelum memulainya, yaitu :

1. Menggunakan Dana Tabungan

Dana tabungan pribadi adalah sumber modal yang paling aman dan tidak beresiko untuk digunakan karena Anda tidak akan dibebani dengan bunga pinjaman atau biaya tambahan lainnya jadi Anda tidak akan kebingungan untuk membayar lagi modal tersebut jika usaha Anda belum balik modal karena Anda tidak perlu memprioritaskan untuk menghitung return of investment (ROI) atau balik modal tersebut.

2. Mengajukan Pinjaman Modal Usaha ke Bank

Mengajukan pinjaman ke bank adalah menjadi salah satu cara yang banyak diambil para pebisnis. Tentu saja untuk mengajukan pinjaman modal di bank ini harus memenuhi syarat dan ketentuan dari pihak bank masing – masing. Mayoritas bank biasanya akan meliat track record company atau profil company nya untuk menjadi bahan pertimbangan kelayakan dana yang akan dicairkan oleh pihak bank serta kemampuan perusahaan untuk membayar pinjaman tersebut.

Pinjaman untuk modal usaha ke bank ini biasanya tidak luput dengan agunan bunga pinjamannya yang kurang lebih 10 – 20 persen bahkan ada yang lebih. Anda dapat memilihnya sesuai dengan yang Anda butuhkan. Namun disarankan untuk pinjaman modal usaha ke bank ini menjadi pilihan terakhir bagi para pebisnis karena anda harus membayar agunan bunga pinjaman yang pastinya tidak kecil.

3. Menjalin Kerja Sama

Cara yang ketiga ini dapat Anda pertimbangkan juga dengan menjalin kerja sama dengan rekan bisnis Anda yang biasanya dari orang – orang terdekat Anda seperti saudara atau teman yang mempunyai pemikiran yang sama dengan Anda untuk membangun sebuah bisnis.

Tidak sedikit rekan bisnis yang ingin bergabung dengan Anda itu biasnya akan membantu Anda dengan berupa modal atau dapat juga membantu dioperasional bisnis sehari – hari. Semua hal itu harus ada kesepakatan nya masing – masing  yang harus disetujui oleh ke dua belah pihak dan biasanya untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan dikemudian hari, Anda dapat membuat perjanjian tertulis.

4. Mencari Dana Hibah Perusahaan

Cara lain untuk mendapat modal usaha lainnya adalah mencari dana hibah perusahaan. Dana hibah termasuk dana pemberian yang dilaksanakan oleh seseorang kepada pihak lain yang dilakukan ketika masih hidup. Banyak perusahaan besar yang mempunyai anggaran tersendiri untuk membantu perekonomian masyarakat umum.

Kebanyakan penyaluran modal usahanya melalui CSR (Corporate Social Responsibility) dan menyalurkannya dalam bentuk event competition. Oleh karena itu, event tersebut adalah peluang untuk para calon pengusaha demi mendapatkan tambahan dana bagi kelangsungan usaha Anda.

5. Mencari Investor

Cara yang terakhir ini adalah mencari investor. Mencari investor ini sama dengan menjalin kerja sama Bedanya, investor biasanya hanya memberikan modal berupa dana tanpa ikut terjun langsung dalam operasional.

Hal lain sama seperti cara di atas, hal-hal seperti pembagian hasil atau kesepakatan lain harus dibuat berupa perjanjian tertulis agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan bila terjadi sesuatu di kemudian hari. Dan Anda juga perlu membuat laporan keuangan yang baik agar para investor juga bisa mengetahui alur keluar masuknya modal yang diberikan para investor tersebut.

Begitu mudah bukan untuk mendapatkan modal usaha? Setelah Anda mengetahui penjelasan diatas Anda tidak perlu khawatir atau bimbang lagi untuk memulai atau membuka bisnis impian Anda. Agar modal tersebut bisa digunakan dengan maksimal dan tidak digunakan sia-sia, jangan sampai terlupakan untuk selalu memantau kondisi keuangan bisnis Anda dengan sistem pencatatan keuangan yang kredibel dan bisa digunakan secara real time.

Dengan menggunakan Harmony Smart Accounting Solution sebagai solusi dalam membantu anda membuat laporan keuangan dengan biaya yang terjangkau. Mari, kita saksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pebisnis dalam rangka acara di Fintax Fair. Segera daftar sekarang disini, dapatkan GRATIS selama 30 Hari penggunaannya, dan nikmati semua kemudahannya hanya dalam genggaman Anda.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony