Harmony Blog

Penjelasan Lengkap Return On Investment (ROI) dan Perhitungannya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

return on investment - roiPin

Mungkin Anda seringkali mendengar kata ROI, sebenarnya apakah Anda sudah paham betul mengenai definisi dan cara hitung ROI yang benar? Kali ini akan dibahas secara lengkap tentang ROI atau Return On Investment. Setiap pebisnis pasti menginginkan return yang tinggi untuk bisnisnya. Return on investment merupakan salah satu unsur dari rasio profitabilitas, dimana rasio ini telah menjadi acuan perusahaan dalam pengambilan keputusan seperti contoh keputusan dalam pembelian aset, keputusan pendanaan proyek atau program, keputusan pengelolaan investasi.

Dengan return on investment Anda dapat menilai seberapa besar diperoleh laba bersih untuk menutupi investasi yang telah dikeluarkan.

Definisi Return on Investment

Return On Investment (ROI) merupakan pengukuran kemampuan perusahaan secara keseluruhan didalam menghasilkan keuntungan dengan jumlah keseluruhan aktiva yang tersedia didalam perusahaan. Sehingga bisa terlihat banyak laba bersih yang bisa diperoleh dari seluruh kekayaan yang dimiliki perusahaan.

Baca juga artikel ini : Memahami Rasio Solvabilitas Untuk Pengembangan Perusahaan

Komponen yang Mempengaruhi 

ROI juga dapat dilihat dengan mengkombinasikan dua faktor, yaitu:

1. Tingkat keuntungan, ini mengukur tingkat keuntungan yang dapat dicapai oleh perusahaan dihubungkan dengan penjualannya. Usaha mempertinggi ROI dengan memperbesar tingkat keuntungan adalah bersangkutan dengan usaha untuk mempertinggi efisiensi disektor produksi, penjualan dan administrasi.

2. Tingkat perputaran aset yang digunakan untuk kegiatan operasional. Usaha mempertinggi ROI dengan memperbesar tingkat perputaran asetadalah kebijaksanaan investasi dana dalam berbagai aktiva, baik aktiva lancar maupun aktiva tetap. Dan juga untuk mengetahui efisiensi perusahaan dengan melihat tingkat perputaran aset.

Besarnya akan berubah kalau ada perubahan profit margin atau tingkat perputaran harta, baik masing-masing atau kedua-duanya. Dengan demikian maka Anda dapat menggunakan salah satu atau kedua-duanya dalam rangka usaha untuk memperbesar return on investment.

Manfaat Return on Invesment (ROI)

a. Secara prinsip rasio ini bersifatnya yang menyeluruh, karena dapat mengukur efisiensi penggunaan modal yang bekerja, efisiensi produksi dan efisiensi bagian penjualan.

b. Bisa difungsikan sebagai acuan pembanding dengan perusahaan lain sejenis, sehingga akan diketahui dimana letak kekurangan dan kelebihannya.

c. Dapat mengalokasikan semua biaya dan modal pada setiap divisi, sehingga bisa membandingkan efisiensinya.

d. Analisa ROI juga dapat digunakan untuk mengukur profitabilitas dari setiap produk, sehingga dapat diambil kebijakan dalam strategi pemasaran produk.

e. ROI selain berguna sebagai dasar untuk pengambilan keputusan kalau perusahaan akan mengadakan ekpansi.

Analisa Return on Investment (ROI)

Analisa rasio ini sebagai analisa keuangan yang bersifat menyeluruh (komprehensif). Analisa ini sudah merupakan cara yang lazim digunakan oleh pebisnis untuk mengukur efektivitas dari keseluruhan operasi perusahaan. Sehingga keseluruhan dana yang ditanamkan dalam aktiva yang digunakan untuk operasinya perusahaan dapat menghasilkan profit.

Adapun rumus Return on Investment adalah sebagai berikut:

Image

Misalnya, berapakah ROI untuk program pemasaran baru yang diperkirakan menelan investasi Rp. 500.000 selama lima tahun ke depan dan memberikan tambahan keuntungan Rp.700.000 dalam waktu yang bersamaan? Seperti ini perhitungannya :

Image 2

Begitulah penjelasan tentang return on investment (ROI), dimana anda bisa mengukur jika keseluruhan dana dalam aktiva yang digunakan untuk operasional seberapa besar dapat menghasilkan profit. Untuk akan memperoleh perhitungan return on investment secara tepat dan akurat serta laporan keuangan yang lain.

Harmony Smart Accounting  akan memudahkan pekerjaan anda karena dapat di akses melalui gadget di mana saja dan kapan saja. Harmony adalah software akuntansi online yang dapat membantu ribuan UMKM dalam mengelola pembukuan bisnis dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun. Software ini menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan secara real-time agar lebih efektif dan efisien. Anda dapat mencoba GRATIS selama 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony