Apa Saja Jenis Bisnis Keuangan Yang Ada Di Indonesia?
Harmony Blog
Business
Apa Saja Jenis Bisnis Keuangan Yang Ada Di Indonesia?
April 24, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Apakah Anda pernah mendengar kata Peer To Peer Lending? Atau menggunakan aplikasi pencari modal usaha online? Dewasa ini, perusahaan dengan jenis produk yang bergerak pada bisnis keuangan tersebut begitu maraknya menjamur di Indonesia. Artikel kali akan membahas apa saja jenis bisnis keuangan yang ada di Indonesia, yang bisa Anda manfaatkan tentunya kedalam bisnis Anda.

Perusahaan-perusahan di bidang bisnis keuangan saat ini sedang menjamur, bisa dijadikan sebagai bantuan usaha yang manjur, agar usaha menjadi semakin makmur.

Dahulunya perusahaan-perusahaan hanya bersifat simpan pinjam biasa yang menawarkan kepada konsumennya secara direct/langsung.  Jika masih  teringat di dalam benak, dahulu kala sering akrab di telinga dengan Koperasi Simpan Pinjam dimana para penyedianya menawarkan dana segar kepada customernya dengan jumlah tenor beragam, bunga yang menarik, namun terkadang syarat pengajuan yang sedikit menyulitkan pelanggannya. Dan masih banyak lagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang bisnis keuangan lainnya yang beredar di Indonesia.

Jenis-Jenis Perusahaan Bisnis Keuangan di Indonesia

Seiring dengan perkembangan teknologi, perusahaan dengan bisnis keuangan bergerak menuju arah digitalisasi. Mereka semakin berlomba-lomba memudahkan pelanggannya dengan membuat aplikasi yang user friendly, agar bisa dinikmati oleh konsumennya. Lantas apa saja jenis-jenis perusahaan yang bergerak di bidang bisnis keuangan tersebut? Berikut ini Jenis perusahaan yang bergerak pada bidang Bisnis Keuangan di Indonesia.

1. Perusahaan Pinjaman Dana Tunai Online

Semakin majunya perkembangan zaman, jika seseorang yang biasanya untuk mengajukan pinjaman kredit itu memerlukan proses dan syarat yang cukup panjang maka dengan adanya teknologi secara online yang dapat dikatakan adalah pinjaman online sehingga orang – orang akan lebih mudah untuk mengajukan pinjaman dengan waktu yang sangat singkat bahkan dalam waktu hitungan jam Anda akan dapat mencairkan dana pinjaman kredit Anda, maka dari itu pinjaman online yang saat ini banyak diminati untuk orang yang membutuhkan pinjaman dana tunai online.

2. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi simpan pinjam adalah lembaga keuangan non bank yang berbentuk koperasi dengan kegiatan usaha menerima simpanan dan memberikan pinjaman uang kepada para anggotanya dengan bunga yang serendah-rendahnya. Badan usaha ini biasa dikenal sebagai koperasi kredit yang berdiri sendiri dimana anggota-anggotanya adalah orang-orang atau badan-badan yang tergabung dalam koperasi tersebut. Mereka yang tidak terdaftar sebagai anggota tidak bisa menyimpan atau meminjam uang dari koperasi simpan pinjam.

Modal koperasi berasal dari modal pinjaman dan modal sendiri. Modal pinjaman adalah modal yang dihimpun dari anggota, koperasi lainnya dan atau anggotanya, bank dan lembaga keuangan lainnya, penerbitan obligasi dan suratutang lainnya, sumber lain yang sah (berupa modal penyertaan). Sedangkan yang dimaksud dengan modal sendiri adalah modal yang berasal dari anggota. Modal sendiri itu berupa simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan bebas atau sukarela dana cadangan, dan hibah.

Baca juga : Bagaimana Peranan Koperasi Dalam Memajukan Perekonomian?

3. Bisnis Keuangan Peer To Peer Landing (P2P)

Pengertian pinjaman peer to peer adalah sebuah digital platform pinjaman yang mempertemukan langsung antara peminjam dengan pemberi pinjaman tanpa menggunakan perantara dan sistem ini berbasis teknologi informasi. Ini juga termasuk pinjaman online karena semua prosesnya dilakukan dengan cara digital menggunakan aplikasi. Selain menjadi sebuah pinjaman, Peer to Peer Lending juga bisa dijadikan sebagai salah satu referensi investasi online yang diminati.

Perbedaan antara Peer to Peer Lending dengan Pinjaman Dana Tunai Online adalah, jika pada P2P Lending, hanya sebuah marketplace/ penyedia tempat yang menghubungkan antar si pemilik dana dengan peminjam dana, dan biasanya si peminjam dana tersebut diharuskan menyediakan beberapa syarat seperti surat-surat pendirian sebuah perusahaan dan lain-lain. Sedangkan untuk Pinjaman Dana tunai Online adalah sebuah perusahaan berteknologi digital yang menyediakan dana tunai kepada peminjam sebagai konsumen mereka. Peminjam ini bisa perorangan dengan cukup melampirkan KTP dan foto diri secara langsung.

Perusahaan P2P Lending ini mulai populer di kaum milenial untuk mengambil pinjaman sebagai modal usaha daripada harus meminjam dari bank yang memiliki syarat yang rumit dan waktu pencairan yang lama.

4. Perusahaan Leasing dan Kredit Barang

Apakah Anda pernah melakukan kredit kendaraan bermotor atau barang lainnya? Perusahaan atau Lembaga yang menyediakan perkreditan barang tersebut disebut Perusahaan Leasing atau Multifinance. Perusahaan ini memberikan layanan pembiayaan dengan sistem kontrak sewa yang digabungkan dengan pembelian secara angsuran kepada perusahaan maupun perorangan. Perusahaan ini cukup membantu Anda yang ingin memiliki kendaraan bermotor atau barang lainnya tanpa harus membayar secara tunai.

5. Bisnis Keuangan – Perusahaan Sekuritas

Sekuritas itu sendiri merupakan sebuah surat utang bersifat liquid, yang dapat dengan mudah dan cepat dijadikan uang atau kas, atau bisa juga diuangkan. Perusahaan efek atau perusahaan sekuritas adalah pihak yang melakukan kegiatan usaha sebagai Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek, dan/atau Manajer Investasi.

Untuk para pebisnis yang sebagian besar menghabiskan waktunya untuk berinvestasi online, perusahaan sekuritas punya peranan penting dalam membantu orang-orang buat berinvestasi di pasar modal dan dengan melalui perusahaan sekuritas atau perusahaan efek ini, masyarakat dapat mentransaksikan dana mereka untuk memiliki produk-produk investasi yang diinginkan.

Sederhananya, perusahaan sekuritas menjadi perantara agar masyarakat mendapat produk investasi yang mereka mau. Sementara itu, pihak-pihak yang menawarkan produk-produk investasi bisa memperoleh dana dari masyarakat.

Ada banyak produk investasi yang ditransaksikan lewat perusahaan sekuritas atau perusahaan efek. Produk-produk investasi yang diperjualbelikan antara lain saham, obligasi, surat utang negara (SUN), surat berharga syariah negara (SBSN), hingga reksa dana.

Kesimpulan

Semua perusahaan-perusahaan tersebut memiliki beragam manfaat tersendiri yang memudahkan Anda sebagai konsumen mereka nantinya. Namun disarankan tetap harus mempertimbangkan resikonya. Jangan sampai perusahaan yang sebelumnya dapat membantu Anda dalam kesulitan keuangan, malah justru menjebak Anda ke dalam lingkaran utang yang semakin dalam.  

Dana yang diterima tersebut nantinya bisa menjadi modal usaha Anda, atau jika Anda sudah memiliki bisnis, Anda bisa mengembangkannya dengan menggunakan modal usaha dari perusahaan perusahaan bisnis keuangan tersebut.  Dan setiap penggunaan dananya tersebut, disarankan untuk mencatat setiap pengeluaran dan pemasukannya nanti, agar dapat lebih rapi, dan bisa melakukan pengembalian atas modal pinjaman tersebut.

Gunakan sistem akuntansi untuk membantu Anda mencatat laporan pengeluaran dan pemasukan keuangan tersebut, seperti Harmony Smart Accounting Solution, yang mampu membantu Anda membuat pelaporan keuangan yang lebih simple tanpa ribet dan bisa digunakan dimana saja dan kapan saja. Daftarkan sekarang disini, raih GRATIS 30 Hari penggunaannya, dan nikmati kemudahannya hanya dalam genggaman perangkat Anda.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/