Harmony Blog

Bagaimana Peranan Koperasi Dalam Memajukan Perekonomian?

Diupdate Feb 24th, 2021
13

SHARES

PEMBACA

peranan koperasiPin

Kedudukan Koperasi di Indonesia sangat lah penting,terutama di bidang sistem perekonomian Indonesia. Koperasi sebagai suku guru ekonomi mempunyai peranan penting dalam pertumbuhan ekonomi rakyat serta mewujudkan demokrasi ekonomi sebagai sifat kebersamaan dan gotong royong dalam perekonomian. Kebijakan pembangunan koperasi di arahkan untuk memantapkan posisi dan peranan koperasi yang seimbang dengan usaha nasional lainnya sehingga mampu menjadi guru perekonomian nasional dalam sistem perekonomian.

Untuk memajukan perkembangan perekonomian rakyat, pembangunan koperasi ditujukan pada pertumbuhan budaya dan citra positif serta penguatan kelembagaan koperasi agar mampu berperan sebagai wadah kegiatan masyarakat.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Bisnis, Komponen dan Penerapannya

Pengertian Koperasi

Bukankah Anda sudah tidak asing lagi mendengar tentang istilah koperasi? Secara bahasa, koperasi berasal dari dua kata bahasa inggris, yaitu “Co” yang artinya bersama dan “Operation” yang artinya bekerja. Maka menurut bahasa koperasi ialah bekerja secara bersama-sama.

Menurut Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 “Koperasi adalah badan usahan yang beranggotakan orang-seorang atau badan Hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.”

Berdasarkan Undang-Undang tersebut dapat disimpulkan bahwa koperasi adalah sebagai badan usaha gerakan ekonomi rakyat yang memiliki watak sosial serta memiliki badan hukum,yang didirikan berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi,dan dioperasikan oleh para anggotanya untuk memenuhi kepentingan bersama para anggotanya dibidang ekonomi.

Jenis Koperasi dan Manfaatnya

Koperasi juga mempunyai beberapa jenis yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Koperasi Konsumsi

Koperasi Konsumsi adalah sebuah koperasi yang menjual berbagai barang kebutuhan pokok. Harga barang dari koperasi umumnya lebih murah dari harga yang ada di pasaran. Contoh barang yang di jual yaitu beras,telur,gula,tepung,dan lain sebagainya. Manfaat koperasi konsumsi adalah untuk memenuhi setiap kebutuhan sehari-hari para anggotanya.

Baca juga : Langkah Membuat SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan)

2. Koperasi Produksi

Koperasi Produksi adalah sebuah koperasi yang memiliki tujuan untuk membantu usaha para anggotanya.Contoh bentuk koperasi seperti untuk para petani,peternak,dan sejenisnya. Manfaat koperasi produksi adalah mengadakan penyediaan barang,memudahkan memperolah barang baku,mempercepat proses produksi,serta mensejahterakan pengusaha kecil dan menengah.

3. Koperasi Simpan Pinjam

Koperasi Simpan Pinjam biasanya di sebut sebagai koperasi kredit. Sesuai dengan namanya, koperasi ini menyediakan pinjaman dan penyimpanan uang. Contoh Koperasi Simpan Pinjam yaitu Koperasi Auto 2000, Koperasi Karyawan Yamaha, Koperasi Mekar Gudang Garam, dan lain-lain.
Manfaat koperasi simpan pinjam adalah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan pinjaman uang dalam jangka yang pendek sesuai persyaratan yang ada dan bunga yang rendah.

Peranan Koperasi

Usaha koperasi di Indonesia sangat penting dan perlu terus dikembangkan. Hal tersebut bisa dilihat dari peranan koperasi dalam mengembangkan perekonomian Indonesia,antara lain :

a. Mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi rakyat.

b. Memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional.

c. Meningkatkan taraf hidup sederhana masyakarat Indonesia.

d. Mewujudkan pendapatan masyarakat yang adil dan merata dengan cara menyatukan,membina,dan mengembangkan setiap potensi yang ada.

e. Menciptakan dan memperluas lapangan kerja sehingga jumlah pengangguran berkurang.

f. Menyelenggarakan pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

g. Mempersatukan serta memperdayakan daya usaha anggota dan masyarakat.

Peran koperasi memang sangatlah dibutuhkan dalam perekonomian di Indonesia terutama di dalam masyarakat. Maka dari itu jika Anda tertarik menjadi anggota koperasi, Anda juga bisa mendapatkan berbagai keuntungan dan manfaat ketika bergabung dengan koperasi. Koperasi tentu saja membutuhkan pengelolaan keuangan yang benar, Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan dari Harmony  yang dapat mengelola data keuangan Anda dengan lebih mudah dan tepat.

Harmony adalah software akuntansi yang dapat Anda gunakan dengan mudah,walaupun Anda tidak mempunyai background sebagai seorang akuntan. Saksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pebisnis atau UKM untuk memiliki pembukuan yang rapih melalui konferensi tahunan kami yaitu Fin Fax Fair. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah pembukuan memiliki peran penting bagi setiap bisnis Anda? Mulai rapihkan pembukuan Anda dengan mendaftarkan akun sekarang juga disini dan dapatkan Gratis 30 Hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony