Apa Saja Manfaat Standarisasi ISO Dalam Sebuah Bisnis?
Harmony Blog
Business
Apa Saja Manfaat Standarisasi ISO Dalam Sebuah Bisnis?
October 21, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang istilah ISO (International organization for standardization). ISO adalah salah satu standar Internasional dalam sebuah sistem manajemen. ISO memegang penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang akan bersaing secara menyeluruh atau global dan juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen perusahaan.

Setiap perusahaan berlomba untuk mengembangkan produk dan melakukan studi kelayakan yang dimana dalam studi tersebut mempelajari lebih dalam mengenai bisnis agar dapat  memenangkan persaingan.

Melakukan persaingan tidak hanya dilakukan dengan sesama pebisnis lokal saja, tetapi juga pelaku usaha lintas negara. Itulah kenapa standar ISO dibutuhkan.

Namun melakukan pengembangan produk saja tidak cukup untuk memenangkan hati konsumen. Ada hal yang perlu dilakukan, yaitu berbagai strategi dan taktik lain yang harus diterapkan.

Adapun strategi untuk menguatkan dan meningkatkan kinerja internal perusahaan Anda, yaitu menerapkan the international Standard of organization (ISO) dan telah lama dikenal di dunia bisnis internasional.

Sebuah perusahaan yang sudah mempunyai sertifikasi ini akan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal ini disebabkan karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta kepercayaan konsumen.

Apa itu ISO?

ISO atau yang bisa disebut sebagai International Standard of Organization adalah organisasi yang bergerak dalam penetapan standar-standar internasional khususnya dalam bidang revolusi industri dan komersial.

Namun dapat di artikan bahwa setiap perusahaan atau organisasi yang melakukan kerjasama atau kompetisi secara global harus mengukur kredibilitasnya sesuai standar ini. Dengan adanya organisasi ini akan memberikan spesifikasi untuk kelas dunia dalam berbagai macam hal.

Perusahaan yang telah terverifikasi akan memiliki banyak peluang terhadap persaingan pasar global tersebut karena memberikan jaminan kualitas produk agar konsumen lebih percaya terhadap produk tersebut.

Baca Juga : 8 Pertanyaan Penting Pemilik Bisnis di Tengah Wabah Covid-19

Manfaat ISO Dalam Dunia Bisnis

Adapun beberapa manfaat ISO yang didapat dalam dunia bisnis, berikut beberapa manfaatnya :

1. Perusahaan Semakin Meningkat

Apabila sebuah perusahaan menjadi lebih kredibel dan menawarkan kualitas internasional, tentunya citra perusahaan akan meningkat. Sebab di dalam dunia bisnis, memiliki brand image yang positif sangatlah penting

Karena bisa mempengaruhi pikiran konsumen untuk terus mempercayai perusahaan menjadi lebih berkembang. Sebab memiliki citra perusahaan yang baik atau positif di pasar domestik dan pasar internasional tentu menjadi manfaat yang penting bagi perusahaan.

2. Menawarkan Kualitas Internasional

Sebuah perusahaan yang sudah mendapatkan dan memiliki sertifikasi ini tentu akan menawarkan kualitas internasional dalam setiap produk atau pelayanannya. Namun bagi Anda yang ingin mendapatkan sertifikasi ISO, terdapat siklus pasti yang harus dilewati perusahaan yaitu PDCA.

Maka oleh karena itu, setiap perusahaan yang sudah memiliki sertifikasi ini, dijamin akan menawarkan kualitas internasional dalam setiap produk, pelayanannya, hingga manajemen perusahaannya. Sehingga Anda dapat menetapkan harga jual terhadap kualitas produk yang Anda miliki.

3. Perusahaan Jadi Lebih Kredibel

Dalam setiap aktivitas yang di lakukan perusahaan dan menerapkannya dalam aktivitasnya sudah bisa dipastikan telah memenuhi standar, di mana masyarakat umumpun dapat mengetahui standar tersebut.

Sebab apabila sebuah perusahaan menerapkan sistem manajemen sesuai standar internasional akan dinilai lebih kredibel dengan standar terbaik.

Namun tidak hanya meningkatkan sebuah kesan yang positif kepada perusahaan, tetapi kepercayaan konsumen pun juga akan meningkat dengan sendirinya. Apabila kepercayaan konsumen semakin meningkat maka hal ini akan menjadi modal utama Anda untuk membuat mereka menjadi lebih loyal.

Baca Juga : Bisnis Model Canvas: Pahami Konsep Praktis dan Manfaatnya

custom-form-newsletter

Jenis-Jenis ISO

International organization for standardization memiliki berbagai jenis standar yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk melakukan persaingan global.

Setelah membahas manfaatnya, ada beberapa jeni yang perlu Anda pelajari sebagai pemahaman untuk para perusahaan yang berencana mendaftarkan standar produknya pada ISO.

• ISO 14001

Jenis ini sangat berkaitan dengan standarisasi dalam manajemen lingkungan. Jenis ini mengatur mulai dari berbagai pengolahan limbah, air, hingga efesiensi bahan bakar.

Kerangka kerja yang didasarkan pada ISO 14001 akan membantu organisasi dalam menggunakan sumber daya yang efisien, yang akan memiliki dampak positif terhadap lingkungan.

• ISO 28000

ISO 28000 merupakan sebuah standar yang khusus yang memberikan keamanan kepada perusahaan-perusahaan yang banyak memegang informasi penting seperti bank, pertambangan, dan lain-lain.

Sebab dengan adanya jenis ini, perusahaan dapat dengan mudah menentukan apakah ada langkah-langkah keamanan yang tepat yang dapat melindungi properti mereka dari berbagai ancaman.

• ISO 9001

Jenis ISO 9001 merupakan sebuah standar khusus yang mengatur tentang manajemen kualitas dengan pendekatan proses yang mana bertujuan untuk mencapai efektivitas kerja maksimum. 

Adapun tujuan dari ISO 9001 adalah menaikkan efektivitas manajemen mutu dengan memanfaatkan pendekatan proses mengedepankan aktivitas identifikasi, pengelolaan, penerapan dan peningkatan berkesinambungan. Jenis ini juga yang paling banyak atau umum digunakan.

• ISO TS 16949

Jenis ISO TS 16949 ini merupakan spesifikasi teknis yang dikeluarkan oleh ISO sebagai sistem manajemen mutu pada industri otomotif. Ruang lingkupnya mulai dari sustainability, rantai pemasok, hingga perbaikan.

• ISO 22000

ISO 22000 mengatur tentang manajemen ketahanan pangan. Namun kebanyakan dari setiap  perusahaan yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman akan menggunakan standar jenis ini.

Jenis ISO 22000 ini berlaku untuk organisasi yang terlibat dalam rantai makanan, yang tujuan utamanya adalah untuk memastikan keamanan pangan dan membantu Anda mengurangi bahaya pangan, mengendalikan risiko dan mencegah kontaminasi.

• ISO 5001

ISO 5001 merupakan jenis yang digunakan perusahaan dalam menetapkan persyaratan bagi organisasi untuk meningkatkan sistem manajemen energi internasional.

Dalam kerangka kerja ini menetapkan pengukuran, dokumen, dan laporan, yang memungkinkan organisasi untuk memantau kemajuan proses dan karyawan mereka menuju kinerja energi.

• ISP/IEC 27001

Jenis ISO 27001 ini merupakan  kerangka kerja yang membantu sebuah organisasi menerapkan, membangun, mengoperasi, memantau dan terus meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi.

jenis ISO 27001  ini digunakan atau biasanya diadaptasi oleh perusahaan di bidang IT. Dengan standar internasional dalam manajemen keamanan informasi, maka tidak heran bila perusahaan-perusahaan dalam bidang elektronik menerapkannya.

• ISO/IEC 17025

perusahaan atau organisasi yang banyak menghabiskan waktu dalam laboratorium atau lembaga pengujian maka jenis ini akan banyak dipakai dalam melakukan pengujian.

Dengan penerapan standar ini, maka hasil pengujian akan terjamin dan dapat didistribusikan kepada konsumen. Sehingga dapat meningkatkan kepercayaan pada pekerjaan mereka baik secara nasional maupun di seluruh dunia.

Sudah di jelaskan di atas mengenai informasi dari pengertian ISO, beberapa jenis dan manfaatnya. Sebab dengan menggunakan ISO, bisnis Anda akan mendapatkan banyak keuntungan sehingga perusahaan dapat bersaing secara global.

Dengan  persaingan tersebut akan membuat konsumen lebih percaya dan meningkatkan keuntungan pada perusahaan.

Namun adapun hal lain yang tak kalah penting dalam pengelolaan bisnis adalah memperhatikan pembukuan dan urusan finansial usaha secara menyeluruh. Dengan Memperhatikan pembukuan bisnis Anda, maka bisnis yang Anda jalankan dapat lebih mudah terkontrol dan dapat menjadikan bisnis Anda menjadi lebih berkembang dari sebelumnya.

Sebagai pebisnis, Anda sangat disarankan menggunakan software akuntansi yang tepat untuk kemajuan usaha Anda. Gunakan Harmony software yaitu salah satu aplikasi pembukuan terbaik untuk usaha kecil dan menengah.

Dengan menggunakan Harmony kapanpun dan dimanapun, keuangan usaha akan mudah dikelola karena terdapat 20 lebih laporan keuangan secara real time. Coba gunakan Harmony GRATIS 30 hari.

Bagi Anda yang sibuk dan membutuhkan jasa pembuatan laporan keuangan beserta analisanya bisa menggunakan Harmony Accounting Service. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/