Bisnis Model Canvas: Pahami Konsep Praktis dan Manfaatnya
Harmony Blog
Business
Bisnis Model Canvas: Pahami Konsep Praktis dan Manfaatnya
November 5, 2019
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Di dalam dunia bisnis, tentu saja setiap orang yang menginginkan kegiatan usaha mereka terus berjalan dan berkembang. Salah satu model bisnis yang dapat membuat pekerjaan menjadi efektif dan efisien yang dapat diterapkan yaitu bisnis model canvas.

Selain itu, sebuah bisnis juga membutuhkan manajemen, strategi, dan sistem yang berguna untuk mempermudah orang yang bekerja agar lebih efektif dan juga efisien.

Pengertian Bisnis Model Canvas

Bisnis model canvas merupakan sebuah model dalam strategi manajemen yang berfungsi untuk menterjemahkan konsep, infrastruktur, konsumen, dan keuangan perusahaan dalam bentuk elemen-elemen visual.

Konsep pada model ini mengandalkan gambar ide agar setiap orang mempunyai pandangan yang riil dan sama terhadap tipe-tipe konsumen mereka, cara kerja perusahaan dan lain-lain.

Dengan menerapkan bisnis model canvas, dalam merumuskan konsep bisnis akan menjadi lebih sederhana. Metode ini diperkenalkan pertama kali oleh Alexander Osterwalder dalam bukunya yang berjudul Bussiness Model Generation, yang menjelaskan bagaimana cara sederhana untuk mempresentasikan suatu elemen penting yang ada pada model bisnis. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menerapkan model bisnis tersebut.

Manfaat Bisnis Model Canvas

1. Lebih Cepat

Ketika ingin merencanakan sebuah bisnis, Kita mungkin memerlukan lembar rencana bisnis dalam jumlah yang banyak dan detail. Tentunya hal itu akan sangat rumit dan merepotkan bukan?

Nah bagi Anda yang ingin menjadi pengusaha yang mempunyai keinginan untuk meluncurkan usaha startup dengan biaya rendah cocok untuk menggunakan metode ini. Bisnis model canvas dengan lebih cepat dapat membuat ide bisnis yang telah ada dapat langsung diwujudkan tanpa membuat Anda merasa repot.

Setiap produk yang ingin Anda jual, pastikan bahwa itu sudah mengetahui harga pokoknya terlebih dahulu. Nah, Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Sebuah Produk?

2. Membuat Diskusi Bisnis Lebih Terstruktur

Dengan menggunakan bisnis model ini, Anda tidak perlu membuat rencana bisnis yang sangat panjang dan menghabiskan banyak waktu serta kertas untuk menulis rencana bisnis yang ingin dibangun. Model bisnis ini dapat dijadikan sebagai brainstorming pada saat meeting dengan karyawan. Bagian penting dalam model canvas dapat mempercepat proses meeting dan juga membuat diskusi ketika meeting menjadi lebih terstruktur agar tidak melenceng ke permasalahan lain.

custom-form-newsletter

3. Dapat Mengetahui Nilai Proporsi

Nilai proporsi disini mempunyai arti bagaimana penempatan antara konsumen dengan produk yang ada dalam sebuah bisnis. Dengan menerapkan metode ini, Anda dapat mengetahui nilai proporsi sehingga Anda dapat mengetahui seperti apa layanan yang telah diterima konsumen dari perusahaan. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui masalah konsumen misalnya pelayanan yang diberikan oleh perusahaan sudah baik atau belum.

Dari penjelasan di atas tentu sekarang Anda sudah mengetahui bahwa adanya model bisnis canvas dapat menjadi inovasi dalam dunia bisnis agar menjadi lebih baik. Dengan menggunakan metode ini, bisnis yang dijalankan akan terus berkembang dan dapat memberikan layanan terbaik bagi konsumen Anda.

Agar bisnis tersebut berkembang, penting bagi Anda untuk memiliki pencatatan keuangan yang rapih. Untuk itu, Harmony dapat membantu Anda dalam membereskan pembukuan dengan praktis dan mudah. Software Harmony akan membantu Anda menerima laporan keuangan secara real time dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun.

Kapan Anda akan memulai? Yuk gunakan teknologi akuntansi jaman now untuk membereskan pembukuan Anda sekarang juga. Dapatkan pelatihan video tutorial secara online, lifetime customer support dan Gratis 30 Hari untuk software Harmony dengan mendaftarkan akun secara Gratis disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/