Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Sebuah Produk?
Harmony Blog
Business
Bagaimana Cara Menentukan Harga Jual Sebuah Produk?
July 3, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Cara menentukan harga jual produk ataupun menentukan harga pokok penjualan pada bisnis Anda tentu sama pentingnya dengan merancang produk Anda semenarik mungkin. Sebab ini merupakan salah satu faktor penentu apakah konsumen akan kembali membeli produk Anda atau tidak dan apakah keuntungan yang Anda dapatkan memang menguntungkan bagi bisnis Anda atau tidak.

Cara menentukan harga jual produk dapat dilihat dari beberapa indikator, seperti harga kompetitor, minat atau permintaan, dan laba. Gunakan dengan cermat cara tersebut untuk tingkatkan profitabilitas.

Meskipun Anda melakukan cara menentukan harga jual jasa ataupun produk yang baik, jika harga yang Anda tetapkan tidak tepat maka konsumen enggan untuk kembali. Cara menentukan harga jual jasa ataupun produk yang ingin dijual memang bukan hal yang mudah. Lalu bagaimana sebenarnya cara menentukan harga jual produk tersebut?

Agar Anda memahaminya lebih jelas, berikut dalam artikel ini akan di jelaskan bagaimana cara menentukan harga jual produk yang baik bagi perusahaan Anda.

Definisi Penetapan Harga Jual Produk

Salah satu keputusan yang cukup sulit dihadapi oleh suatu perusahaan adalah cara menentukan harga jual produk. Meskipun pada kenyataannya cara menentukan harga jual produk adalah sama, yaitu didasari pada harga pokok penjualan dan harga jual, permintaan, persaingan dan laba. Namun kombinasi optimal dari seluruh faktor tersebut berbeda sesuai dengan sifat produk, pasar dan tujuan perusahaannya

Menurut Ronald J. Ebert dan Ricky W mengutarakan “bahwa penetapan harga jual adalah proses penentuan yang akan diterima oleh suatu perusahaan dalam penjualan produknya. Perusahaan akan menggunakan berbagai cara penetapan harga.”

Sedangkan Hansen & Mowen menyatakan “bahwa harga jual adalah jumlah moneter yang dibebankan oleh suatu unit usaha kepada konsumen atas produk yang dijual.”

Dari pengertian tersebut mengenai cara menentukan harga jual , dapat disimpulkan harga jual produk adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memproduksi suatu produk. Cara yang dapat dilakukan untuk menarik minat konsumen adalah dengan cara menentukan harga jual jasa dan produk yang tepat untuk produk yang terjual.

Selain itu, untuk menentukan harga produk perlu perhitungan yang baik sehingga harga produk sesuai dengan keuntungan dan target yang telah direncanakan. Pastikan bahwa Anda telah menghitung BEP dengan tepat agar tetap optimal dalam menjalankan bisnis kedepannya. Manfaat BEP juga mengacu pada keadaan yang dialami oleh perusahaan dalam kegiatan operasi agar tidak menderita kerugian dan juga tidak memperoleh keuntungan.

Tujuan Menentukan Harga Jual Produk

Adapun beberapa tujuan dari menentukan harga pokok bagi bisnis Anda yaitu:

Menjaga Kualitas Produk atau Diferensiasi Service

Setiap pengusaha tentu melakukan banyak berbagai cara agar bisnis sukses dan berkembang. Jika sebuah persaingan dalam usaha atau bisnis yang sama sudah cukup banyak dan kuat.

Maka salah satu cara yang bisa digunakan untuk menjaga target market konsumen adalah dengan cara menentukan harga jual produk menjadi lebih murah.

Mengutamakan Penjualan dan Penetrasi Pasar

Untuk dapat menarik perhatian para konsumen yang menjadi target market maka perusahaan sebaiknya dengan cara menentukan harga jual produk serendah mungkin. Dengan begitu, peningkatan permintaan yang juga datang dari market share pesaing atau kompetitor akan terpacu.

Memaksimalkan Keuntungan

Penetapan harga pada dasarnya memperhitungkan tingkat keuntungan yang ingin diperoleh oleh perusahaan. Semakin besar margin keuntungan yang ingin diperoleh, maka akan meningkat pula harga produk yang ditetapkan untuk konsumen. Oleh sebab itu, sebelum melakukan cara menghitung harga jual produk tersebut sebaiknya juga memperhitungkan daya beli konsumen serta variable lain.

Mempertahankan Kelangsungan Hidup Proses Opersional

Perusahaan yang baik akan menentukan harga jual produk dengan memperhitungkan segala kemungkinan yang ada agar tetap mempunyai dana yang cukup untuk tetap menjalankan aktifitas usaha bisnis yang sedang dijalani. Karena hal tersebut berguna untuk menentukan apa yang dimaksud fleksibilitas pada indikator keberhasilan manajemen.

Menentukan Balik Modal ROI (Return on Investment)

Biasanya setiap bisnis pasti menginginkan tingkat pengembalian modal yang tinggi. ROI (Return on Investment) yang tinggi dapat diraih dengan cara penerapan struktur modal seperti menaikkan profit margin dan meningkatkan angka penjualan.

Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Minimarket dengan Modal Terjangkau

Cara Menentukan Harga Jual Produk

1. Menggunakan Margin Pricing

Cara menentukan harga jual yang pertama adalah dengan metode margin pricing. Sebelumnya Anda harus menentukan harga jualnya terlebih dahulu untuk menentukan margin. Setelah itu tinggal memasukan dalam rumus perhitungan harga, dari hasil perhitungan ini Anda bisa melihat kira-kira harga yang dijual terlalu mahal atau murah.

Jika Anda ingin memiliki sebuah bisnis katering, namun Anda belum mengetahui cara menentukan harga jual makanan untuk tiap porsi makanan yang ingin Anda jual. Berikut contoh cara menentukan harga jual makanan.

Pada saat ingin menjual catering makanan sehat dengan bahan baku modal Rp. 30.000 ribu, dan Anda ingin menjualnya seharga Rp. 40.000 ribu. Lalu apakah keuntungan yang diambil terlalu besar atau tidak? Untuk mengetahui cara menentukan harga jual makanan, berikut rumus yang harus Anda pakai yaitu.

Margin = (Harga Jual – Harga Modal) / Harga Jual

Cara menghitung harga jual dan keuntungannya adalah :
Margin = (Rp. 40.000 – Rp. 30.000) / Rp. 40.000

Margin = 0,25 atau 25%

Maka keuntungan yang didapat dalam seporsi katering makana Anda sebanyak 25%.

2. Cara Menentukan Harga Jual Dengan Markup Pricing

Markup adalah salah satu cara menentukan harga dengan menambahkan keuntungan langsung dari harga beli. Dengan kata lain, Anda harus bisa mengkalkulasi terlebih dahulu jumlah modal yang Anda butuhkan sebelum mendapatkan markup picingnya. Hasil dari persentase tersebut yang nantinya akan menjadi keuntungan yang bisa Anda raih dari sebuah produk.

Untuk lebih mengetahui lebih dalam mengenai markup pricing. Berikut akan diberikan contoh cara menentukan harga jual minuman. Sebelum mengetahui cara menentukan harga jual minuman, adapun rumus yang harus Anda pakai untuk menghitungnya yaitu:

Harga Jual = Bahan Baku Modal + (Bahan Baku Modal x Markup)

Harga modal satu gelasnya Rp 20.000, kemudian markup yang ingin ditambahkan adalah 25%. Apakah harganya terlalu mahal atau murah? Berikut cara menghitung harga jual minuman dan keuntungannya yaitu:

Rp. 20.000 + (20.000 x 25% ) = Rp. 25.000

Hasilnya keuntungan yang Anda dapatkan dari satu cup es kopi sebesar Rp. 5.000 ribu.

3. Value Based Pricing

Penetapan harga berdasarkan nilai (value-based pricing)adalah strategi penetapan harga di mana perusahaan mempertimbangkan manfaat produk untuk menentukan harga. Dari perspektif perusahaan, manfaat tercermin dari nilai yang ditambahkan ke produk. Sementara itu, bagi konsumen, manfaat berarti nilai yang mereka rasakan (kepuasan).

Bagi sebuah pemilik usaha memang sangatlah sulit untuk menggunakan metode ini. Biasanya, ada dua cara yang pebinis lakukan, yang pertama adalah melakukan riset terhadap beberapa responden. Di mana setiap responde akan memberikan penilaian dan juga harga terhadap produk yang tengah dirilis.

Cara kedua yang dilakukan pebisnis adalah dengan memberikan harga tinggi secara langsung. Biasanya para pelanggan akan rela untuk membayar sebuah produk apabila produk tersebut memiliki kualitas produk, popularitas dan kelangkaan.

custom-form-newsletter

4. Memakai Harga yang Sudah Ditentukan

Harga yang ditentukan atau biasa disebut dengan MSRP (Manufacturer Suggested Retail Price) atau harga yang direkomendasikan produsen untuk digunakan pengecer saat akan menjual produknya. Produsen pertama kali mulai menggunakan MSRP untuk membantu membuat standar harga berbagai produk di beberapa lokasi dan pengecer.

Pengecer biasanya menggunakan MSRP dengan produk yang sangat terstandarisasi, misalnya seperti barang elektronik dan lain-lain. Kelebihannya adalah Anda sebagai penjual dapat menghemat waktu hanya dengan menggunakan MSRP saat memasang harga produk Anda.

Namun, dengan menggunakan MSRP Anda tidak dapat bersaing dalam harga dan beberapa pengecer di industri tertentu akan menjual produknya dengan harga yang sama.

5. Keystone Pricing

Keystone pricing adalah metode yang sangat umum digunakan oleh pedagang eceran, membuat mereka meraup keuntungan dalam jumlah besar. Secara garis besar, keystone adalah model penetapan harga divmana pedagang eceran memberikan harga sebuah produk “dua kali lipat dari harga grosir”.

Setelah mengetahui secara detail tentang cara menentukan harga jual produk tersebut, diharapkan Anda dapat memperhitungkan harga pokok dan keuntungan yang didapatkan dalam bisnis yang sedang Anda buat.

Setelah Anda mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk atau jasa pada bisnis yang dijalankan, tetap harus melihat dan mencatat setiap keuangan tersebut. Agar lebih baik dan rapi perlu suatu sistem pencatatan keuangan seperti software akuntansi. Salah satu software akuntansi yang dapat membantu setiap pembukuan Anda adalah Harmony.

Harmony adalah software akuntansi online yang bisa membantu Anda mengelola keuangan usaha dengan cepat dan tanpa repot. Harmony praktis dan mudah digunakan serta memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Silahkan coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan Linked In Harmony.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/