Harmony Blog

Dampak Revolusi Industri 4.0 Bagi Bisnis di Indonesia

Diupdate Feb 24th, 2021
16

SHARES

PEMBACA

Pin

Dampak revolusi industri merupakan suatu perubahan besar di bidang teknologi yang menyebabkan perubahan di bidang lainnya. Dampak revolusi industri dimulai pada tahun 1750 dan biasa disebut revolusi industri 1.0 ketika ditemukan mesin uap. Revolusi industri 2.0 dimulai ketika adanya pergantian penggunaan mesin uap ke mesin yang menggunakan tenaga listrik.

Revolusi industri 3.0 dimulai ketika proses produksi sudah menggunakan mesin yang mampu bergerak dan di kontrol, mulai digunakan nya robot sederhana, hingga penggunaan komputer. Saat ini revolusi industri sudah mencapai tahap yang lebih tinggi yang disebut revolusi industri 4.0.

Revolusi Industri 4.0 memiliki potensi untuk meningkatkan tingkat pendapatan global dan meningkatkan kualitas hidup populasi di seluruh dunia.

Dampak revolusi industri bagi Indonesia sudah merambah di berbagai bidang kehidupan seperti pemerintahan, transportasi, pendidikan, dan ekonomi. Akibatnya banyak perubahan dan dampak yang dirasakan oleh masyarakat, baik oleh pelaku maupun pengguna.

Dengan bertambah cangih nya setiap teknologi, perusahaan pun dalam melakukan meeting, dapat melakunya tanpa harus bertatap muka, dapat melakukan nya dengan menjalani meeting online, hanya dengan menggunakan alat teknologi seperti laptop dan hp. Contoh laptop dan hp juga merupakan bisa di sebut sebagai revolusi industri 4.0.

Pengertian Revolusi

Pengertian revolusi industri 4.0 adalah suatu perubahan fundamental di bidang industri yang telah memasuki era baru. Gelombang keempat dari perjalanan dan perkembangan revolusi industri.

Secara sederhana, revolusi industri 4.0 dapat dipahami sebagai perkembangan teknologi pabrik yang mengarah pada otomasi dan pertukaran data terkini secara mudah dan cepat yang mencakup sistem siber-fisik, internet of things, komputasi awan (cloud computing), dan komputasi kognitif.

Otomasi sendiri merupakan sebuah teknik penggunaan mesin yang disertai dengan teknologi dan sistem kontrol guna mengoptimalkan produksi dan pengiriman barang serta jasa. Dalam teknik ini, peran tenaga kerja manusia tak lagi mendominasi, karena kerja mesin-mesin robotik mampu bekerja lebih cepat dengan hasil yang lebih baik dalam kuantitas maupun kualitas.

Dampak Revolusi 4.0 Bagi Bisnis

Dampak revolusi industri 4.0 bagi pebisnis adalah dapat memudahkan para pebisnis untuk berkolaborasi dan berbagi data di antara pelanggan, produsen, pemasok, dan pihak lain dalam rantai pasokan.

Ini meningkatkan produktivitas dan daya saing, memungkinkan transisi ke ekonomi digital, dan memberikan peluang untuk mencapai pertumbuhan dan keberlanjutan ekonomi. Berikut dampak revolusi Industri 4.0 pada bisnis :

1. Peningkatan Daya Saing Bisnis

Dampak revolusi Industri 4.0 adalah meningkatkan daya saing global melalui kerja sama dan konfederasi perusahaan. Terlihat bahwa produk tidak lagi dibuat oleh seorang pekerja di masa depan, melainkan oleh robot atau programmer. Dan tidak perlu waktu yang lama dalam memproses sebuah produk barang, sehingga dapat mempermudah perusahaan dalam mempercepat pemasaran produk, dan untuk melakukan pemasaran, sebaiknya Anda melakukan strategi positioning.

Sebab strategi positioning menjadi faktor yang sangat penting didalam meningkatkan kekuatan posisi pasar perusahaan. Selain itu, strategi positioning diperlukan sebagai langkah-langkah dalam menentukan segmen pasar untuk bisnis.

2. Peningkatan Produktivitas dan Pendapatan

Dengan peningkatan efisiensi, penurunan biaya operasional menyebabkan peningkatan pendapatan dan keuntungan. Ini juga mendorong peningkatan produktivitas. Dan dampak revolusi Industri 4.0 adalah salah satu pendorong utama peningkatan pendapatan perusahaan, mengatasi kesulitan keuangan dalam bisnis, dan dapat meningkatkan pertumbuhan PDB negara.

3. Pengembangan Teknologi yang Dipercepat

Dampak revolusi Industri 4.0 adalah menyediakan platform untuk dasar inovasi lebih lanjut dengan teknologi yang berkembang. Sistem dan layanan manufaktur dapat dikembangkan lebih lanjut.

Misalnya, dengan aplikasi pembukuan akuntansi, semakin berkembangnya teknologi pembukuan akuntansi, maka semakin dapat mempermudah para pebisnis dalam membereskan pembukuan yang mereka miliki, salah satu pembukuan yang dapat mempermudah Anda adalah dengan menggunakan Harmony Accounting Services.

Selain memudahkan Anda dalam membereskan pembukuan, Harmony juga membantu ribuan pemilik usaha besar dan kecil untuk mengembangkan usahanya, dengan hanya menggunakan analisis laporan keuangan yang tepat Anda dapat memperoleh hasil keuangan perusahaan dengan cepat.

Manfaat Utama Industri 4.0

Dari dampak revolusi Industri 4.0, adapun manfaat yang diharapkan bisa mengoptimalkan produksi. Menentukan harga jual produksi adalah keuntungan bagi perusahaan karena bisa mengarahkan efisiensi waktu produksi. Hal ini akan sangat berpengaruh bagi industri yang menggunakan peralatan manufaktur mahal.

Manfaat lainnya adalah untuk menciptakan pasar fleksibel yang berorientasi pada pelanggan. Komunikasi yang baik antara pabrik dan pelanggan akan berpengaruh baik bagi kegiatan industri. Hal lainnya yang juga menjadi manfaat keberadaan Industri 4.0 adalah penerapan teknologi yang mendorong berbagai bidang untuk meningkatkan kemampuannya.

Dengan kata lain mendorong penelitian dan pendidikan bergerak lebih maju dalam mengambil kesempatan. Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah bahwa industri 4.0 akan memungkinkan peluang-peluang sebagai berikut.

• Memberi perincian peristiwa dari mulai komposisi fisik, manufaktur, dan   nomor seri.

• Meningkatkan visibilitas status ketersediaan barang dan proses pengiriman

• Memberi informasi real time akan arus barang

• Transparansi berbagai informasi produk seperti kualitas dan asal barang

• Menurunkan biaya untuk menangani rantai pasokan yang kompleks

• Tautan ke struktur proses bisnis back-end seperti menggunakan ERP.

Baca Juga : 10 Karakter Pemimpin Yang Harus Anda Tahu dan Terapkan

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Tantangan Terhadap Industri 4.0

Dalam menghadapi dampak revolusi industri bagi dunia terdapat beberapa tantangan yang harus dihadapi, yaitu sebagai berikut.

• Tantangan dalam keamanan, menjadi tantangan mengingat risiko keamanan di sistem IT yang masih belum benar-benar terjamin. Integrasi secara online akan memberi ruang untuk kebocoran dan pencurian terhadap data.

• Dalam permodalan, adalah merupakan sebuah tantangan lain karena untuk mengubah sistem tentu membutuhkan investasi besar dalam teknologi baru. Dan transformasi juga harus mempertimbangkan tingkat risiko yang mungkin sangat besar karena tidak mungkin transformasi dengan modal besar justru mengorbankan pangsa pasar di masa depan.

• Dalam ketenagakerjaan, juga menjadi pertimbangan karena perlu keterampilan khusus dari tenaga kerja yang harus berhadapan dengan teknologi baru.

• Privasi, yang tidak hanya menjadi kekhawatiran produsen tapi juga bagi pelanggan. Dalam industri, produsen perlu mengumpulkan dan menganalisa data. Hal ini bisa saja dianggap ancaman oleh pelanggan terhadap privasinya.

Secara menyeluruh revolusi industri 4.0 juga berdampak pada proses pembukuan dan pencatatan keuangan pada bisnis. Dengan majunya teknologi dan berkembangnya kebutuhan bisnis, pembukuan tidak lagi hanya mencatata transaksi dan mencari untung rugi dalam bisnis.

Pembukuan dan akuntansi pada bisnis telah berkembang menjadi data pasti kesehatan suatu bisnis, parameter yang menjadi indikasi baik atau tidaknya bisnis tersebut.

Dengan pembukuan yang baik Anda juga bisa membuat bisnis Anda berkembang dengan cepat, karena pembukuan dapat memetakan masalah keuangan yang terjadi seperti efisiensi pengeluaran, mencegah fraud, dan mengambil keputusan penting lainnya berdasarkan laporan keuangan yang tersedia.

Bagi Anda yang ingin memiliki sebuah pembukuan yang rapi dan tepat, Anda dapat menggunakan Software Akuntansi Harmony. Harmony merupakan Software Akuntansi yang sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapihkan pembukuan bisnis perusahaan. Dengan fitur yang lengkap dan juga mudah digunakan walaupun tidak memiliki background sebagai seorang akuntan. Ingin mengetahui fitur Harmony secara lengkap? Daftar Gratis 30 Hari sekarang juga disini.

Anda juga dapat melihat postingan terupdate mengenai dunia bisnis, akuntansi, pajak, dan lainya dengan menggunjungi Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony