Harmony Blog

10 Karakter Pemimpin Yang Harus Anda Tahu dan Terapkan

Diupdate Feb 24th, 2021
9

SHARES

PEMBACA

karakter pemimpinPin

Kepemimpinan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu organisai karena sebagian besar keberhasilan dan kegagalan suatu organisasi ditentukan oleh pimpinan dan karakter pemimpin dalam organisasi tersebut.

Dalam sebuah Kalimat pemimpin, terdapat pengertian yang mengandung kalimat membina, mengarahkan, atau mengatur, menuntun dan juga menunjukkan ataupun mempengaruhi.

Karakter pemimpin yang baik, akan memberikan pengaruh yang baik terhadap bisnis.

Pemimpin harus mempunyai etika berbisnis dan tanggung jawab yang baik secara fisik maupun spiritual terhadap keberhasilan aktivitas kerja dari yang dipimpin.

Menjadi pemimpin itu tidak mudah dan setiap pemimpin masing-masing tidak akan mempunyai kesamaan, baik karakter pemimpin yang dimiliki, ataupun cara pemimpin dalam  menjalankan ke-pemimpinannya. Berikut 10 Karakter yang harus dimiliki seorang pemimpin.

10 Karakter Pemimpin yang Harus Anda ketahui

Berikut karakter pemimpin Yang harus Anda perhatikan dan Anda terapkan ketika Anda menjadi seorang pemimpin :

1. Memiliki Pendirian Teguh

Sebagai pemimpin harus memiliki karakter pemimpin yang teguh akan pendirian, dan tidak mudah terpengaruh oleh perkataan orang lain. Pemimpin yang memiliki pendirian yang teguh akan menjadi pemimpin yang berjalan sesuai dengan visi dan tujuannya, tanpa terpengaruh oleh setiap orang yang disekitarnya.

Sebagai pemimpin harus memiliki komitmen terhadap keputusan dan tindakan yang Anda lakukan, jika Anda menerapkan karakter tersebut terhadap diri Anda, maka bawahan/karyawan Anda akan memiliki tanggung jawab yang penuh atas setiap pekerjaan yang Anda berikan.

2. Jujur

Memiliki karakter pemimpin yang jujur sangat penting dalam kepemimpinan. Karakter pemimpin yang baik harus selalu jujur kepada anggota tim atau kliennya atas setiap resiko yang dialami pemimpin, baik itu mengenai kerugian ataupun keuntungan yang dia alami oleh pemimpin tersebut.

Sebagai pemimpin harus bisa memiliki sikap yang  terbuka dalam setiap kondisi yang dialami, justru dengan Anda bersikap seperti itu, justru akan mempererat relasi Anda, dan dengan begitu Anda dapat mendapatkan setiap pendapat yang mungkin saja dapat membantu Anda keluar dari situasi yang sedang Anda alami.

3. Adil

Sebagai pemimpin, sikap adil sangatlah dibutuhkan dalam kepemimpinan Anda. Karakter pemimpin yang adil membuat setiap para karyawan Anda merasa akan keadilan yang Anda miliki terhadap mereka. Jangan sampai ada kecemburuan sosial antar karyawan yang dapat menyebabkan ketidak lancaran bisnis yang sedang Anda jalani.

Pemimpin yang adil akan mengerti dan tahu terhadap pekerjaan apa saja yang pantas kepada karyawannya sesuai dengan batas kemampuan yang dimiliki masing-masing karyawan tersebut. Dengan karakter pemimpin yang bersikap adil, seorang pemimpin akan lebih dihargai dan dihormati terhadap karyawan-karyawannya.

 4. Cerdas

Sebagai pemimpin harus memiliki pengetahuan yang luas, karakter pemimpin seperti ini sangatlah harus dimiliki. Sebab sebagai pemimpin, Anda juga harus memberikan ilmu pengetahuan Anda terhadap setiap karyawan Anda, dan mengajarkan mereka kepada pengetahuan yang mungkin belum mereka mengerti.

5. Mampu Bersikap Tenang Dalam Kondisi Apapun

Didalam dunia bisnis, tentu setiap pemimpin akan merasakan masa dimana mereka mengalami jatuh dan bangun ketika membangun sebuah usaha. Dalam situasi seperti itulah karakter pemimpin yang tenang dalam menghadapi situasi seperti itu sangat diperlukan.

Carilah jalan keluar yang mampu membangun usaha Anda kembali, dan jangan membuat karyawan Anda menjadi khawatir akan situasi yang sedang terjadi, bangun rasa kepercayaan dan semangat karyawan Anda untuk membuat keputusan ditengah krisis yang sedang dialami.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

6. Komunikasi Yang Baik

Membangun komunikasi yang baik merupakan karakter pemimpin yang harus diterapkan kepada setiap karyawannya. Dengan Anda sering berkomunikasi dengan karyawan Anda, maka akan lebih mempermudah karyawan Anda untuk  mengerti akan maksud dan tujuan yang Anda berikan.

Dan dengan adanya komunikasi yang baik antara pemimpin dengan karyawan, bisa mencegah terjadinya perbedaan pendapat dan kesalah pahaman yang dapat menimbulkan kekacauan dalam berbisnis.

7. Bertanggung Jawab

Sebagai pemimpin sikap taggung jawab dan mental merupakan suatu hal yang harus diterapkan dalam setiap karakter pemimpin. Sebagai pemimpin harus siap menerima resiko yang mungkin saja terjadi pada bisnis yang sedang mereka jalankan. Dan dalam situasi seperti itulah sikap tanggung jawab tersebut sangatlah dibutuhkan dalam seorang pemimpin.

8. Menginspirasi

Sebagai pemimpin Anda juga harus menjadi ispirasi bagi setiap karyawan Anda, karakter pemimpin yang dapat menginspirasi juga berdampak positif terhadap karyawan Anda, dengan begitu secara langsung Anda dapat memotivasi bawahan Anda maupun orang lain yang mendengarkanya, hal ini merupakan kebiasaan pengusahaan sukses yang harus ditiru.

Ketika Anda memberikan ispirasi ataupun motivasi terhadap karyawan Anda, itu akan menambahkan semangat kerja mereka, dan semakin membuat mereka terispirasi terhadap perkataan yang Anda berikan kepada mereka. Dengan begitu mereka akan lebih tekun dan giat dalam melakukan pekerjaan mereka.

9. Keyakinan

Untuk menjadi pemimpin yang efektif, Anda harus memiliki karakter pemimpin yang cukup percaya diri untuk memastikan bahwa orang lain atau karyawan Anda mengikuti perintah Anda. Jika Anda tidak yakin tentang keputusan dan kualitas Anda sendiri, maka bawahan Anda tidak akan pernah mengikuti Anda. 

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus memiliki keyakinan percaya diri, menunjukkan ketegasan dalam mengambil suatu keputusan bahkan keputusan ditengah krisis sekalipun, untuk mendapatkan rasa hormat dari bawahan Anda. 

Ini tidak berarti bahwa Anda harus terlalu percaya diri, tetapi Anda setidaknya harus mencerminkan tingkat kepercayaan yang diperlukan untuk memastikan bahwa pengikut Anda mempercayai Anda sebagai pemimpin.

10. Empati

Memiliki rasa empati terhadap bawahan atau karyawan Anda, itu merupakan karakter pemimpin yang mempunyai rasa kepedulian terhadap karyawannya. Pemimpin harus memiliki tingkat kepekaan tinggi terhadap lingkungan kerja disekitarnya. Kondisi para karyawan harus mendapatkan perhatian khusus.

Rasa empati terhadap masalah yang sedang dialami para karyawan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Mencoba untuk mengerti kondisi bahawan tersebut merupakan bentuk rasa kepedulian pemimpin terhadap mereka.

Itulah karakter yang harus Anda tahu dan Anda terapkan ketika Anda menjadi seorang pemimpin. Pemimpin adalah kunci sebuah keberhasilan setiap karyawan, dengan tidak adanya pemimpin, maka setiap visi dan misi yang akan dilakukan itu semua tidak akan terlaksana dengan baik tanpa adanya arahan yang diberikan oleh pemimpin.

Kepedulian pemimpin terhadap karyawan bukan saja terlihat dari karakter pemimpin, melainkan cara pemimpin dalam memperlakukan para karyawan dalam pekerjaan yang dilakukan oleh karyawan tersebut.

Pemimpin harus bisa membuat sebuah pekerjaan yang nyaman, dan tidak menambah kesulitan para karyawan saat mengerjakanya, seperti dalam menghitung setiap laporan keuangan.

Sebagai pemimpin, Anda juga harus bijak dalam menemukan strategi baru untuk menghitung setiap laporan keuangan perusahaan Anda. Dengan Anda menggunakan aplikasi seperti software akuntansi harmony, bukan saja karyawan Anda yang tidak akan mengalamai kesulitan dalam menghitung laporan keuangan Anda, melainkan usaha yang Anda jalankan juga mendapatkan keuntungan yang bisa membuat keuangan Anda semakin aman dan jauh dari setiap kerugian.

Terkait dengan keuangan, perusahaan Anda juga harus memiliki laporan keuangan yang tepat. Tanpa adanya laporan keuangan, perusahaan Anda tentu tidak akan dapat berkembang dengan mudah. Harmony merupakan software akuntansi online yang membantu Anda menyiapkan laporan keuangan secara otomatis dan realtime. Daftarkan segera perusahaan Anda dan dapatkan 30 Hari Gratis dengan daftar disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony