Harmony Blog

5 Cara Mengatasi Kesulitan Keuangan Dalam Bisnis

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

kesulitan keuanganPin

Pada suatu survei ditemukan bahwa sebagian besar orang merasa depresi dengan masalah keuangan yang dihadapi saat ini khususnya masalah keuangan yang terjadi dalam bisnis. Masalah kesulitan keuangan dalam bisnis tersebut adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh para pebisnis karena sangat mengganggu operasional bisnis itu sendiri.

Jangan pernah menganggap uang perusahaan merupakan uang pribadi, untuk menghindari kesulitan keuangan dalam perusahaan Anda

Biasanya kesulitan keuangan ini terjadi ketika perusahaan tidak mampu lagi memenuhi kewajiban debitur karena mengalami kekurangan dan ketidakcukupan dana untuk menjalankan atau melanjutkan usahanya kembali, yang biasanya pun ditandai dengan adanya penundaan  pengiriman , kualitas produk yang menurun , dan penundaaan pembayaran tagihan dari bank. Hal ini terjadi karena kurang mengenalnya fungsi manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan.

Pemicu Kesulitan Keuangan dalam Berbisnis

Jika telah mengetahui bisnis anda telah mengalami kesulitan keuangan , anda harus bertindak secepatnya untuk memperbaikinya agar perusahaan atau bisnis anda tidak masuk  pada tahap  kesulitan yang lebih berat  seperti kebangkrutan  ataupun likuidasi. Berikut ini ada 5 cara mengatasi kesulitan keuangan dalam bisnis.

5 Cara Mengatasi Kesulitan Keuangan Dalam Berbisnis

1. Memisahkan Keuangan Pribadi dengan Perusahaan

Terkadang seringkali membuat para pebisnis gagal dalam bisnisnya adalah dengan menganggap uang yang diterima dari usaha sebagai uang pribadinya. Persepsi tersebut tidak salah apabila bisnis milik perorangan. Kebiasaan ini terkadang akhirnya membuat bisnis tersebut gagal. Seperti contoh, biaya yang seharusnya digunakan pada produksi, namun sekarang untuk membiayai kebutuhan pribadi. Hal inilah yang membuat bisnis tersebut kekurangan modal.

2. Efesiensi Pengeluaran Agar Terhindar Dari Kesulitan Keuangan

Langkah kedua yang perlu dilakukan adalah meminimalisir pengeluaran bisnis Anda. Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, lakukan pertimbangan dan kajian yang matang sehingga barang yang anda beli nantinya benar-benar efektif dan dapat digunakan maksimal. Hal ini berguna untuk memicu penekanan biaya pengeluaran yang tidak terkait dengan produk seperti biaya overhead.

3. Melakukan Inovasi Ketika Kesulitan Keuangan

Kondisi keuangan pada bisnis yang bermasalah bisa juga disebabkan karena produk yang ditawarkan kurang memiliki daya tarik sehingga terjadinya penurunan omzet. Pelaku bisnis memang sudah seharusnya mampu terus berinovasi karena hal tersebut merupakan salah satu strategi bisnis ampuh untuk mendatangkan penjualan.

4. Sisihkan Pendapatan Perusahaan Untuk Research and Development

Sebelum melakukan invovasi, perlu adanya research and development agar bisnis Anda dapat berkembang dan bisa melakukan ekspansi. Hal ini dapat mengevaluasi apa saja yang perlu ditambahkan dalam bisnis Anda, dan apakah diperlukan peningkatan dari segi kualitas dan kuantitas dalam produksi. Hal ini disebut dengan proses research and development. Namun sebelum ke tahap tersebut perlu adanya dana untuk melakukan research and development tersebut. Silakan sisihkan pendapatan bulanan bisnis Anda lalu masukkan ke dalam pos biaya research and development.

5. Lakukan Pencatatan Laporan Keuangan yang Rapi

Hal yang tidak kalah penting namun terkadang sulit dilakukan dalam berbinis adalah melakukan pembukuan yang rapi dan terstruktur. Padahal untuk melakukan pembukuan keuangan tersebut berfungsi dapat memantau alur kas masuk dan keluar sebuah bisnis. Dan hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya defisit pendapatan pada bisnis yang sedang Anda jalani.

Pilihlah sistem pembukuan keuangan yang sesuai dengan karakteristisk perusahaan Anda, sistem yang lebih terstruktur dengan teknologi berbasis Cloud namun dengan biaya yang dapat terjangkau bagi perusahaan Anda. Harmony Smart Accounting hadir sebagai solusi guna menjawab pertanyaan tersebut. Dengan tanpa biaya perawatan/maintenance untuk sistem Harmony, anda dapat mengurangi pengeluaran bisnis Anda.

Ditambah lagi dengan bebas tambahan biaya untuk penambahan user/pengguna di sistem Harmony, anda dapat dengan leluasa mencatat laporan keuangan bisnis Anda dengan Worry Free dan sembari Anda bisa lebih fokus juga dalam pengembangan bisnis Anda tersebut. Daftar sekarang disini dan Rasakan perbedaannya sekarang, dapatkan 30 Hari GRATIS penggunaan Harmony Smart Accounting Solution.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony