5 Cara Mengatasi Kesulitan Keuangan Dalam Bisnis
Harmony Blog
Finance
5 Cara Mengatasi Kesulitan Keuangan Dalam Bisnis
April 23, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Pada suatu survei ditemukan bahwa sebagian besar orang merasa depresi dengan masalah keuangan yang dihadapi saat ini khususnya masalah keuangan yang terjadi dalam bisnis. Masalah kesulitan keuangan dalam bisnis tersebut adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh para pebisnis karena sangat mengganggu operasional bisnis itu sendiri.

Jangan pernah menganggap uang perusahaan merupakan uang pribadi, untuk menghindari kesulitan keuangan dalam perusahaan Anda

Biasanya kesulitan keuangan ini terjadi ketika perusahaan tidak mampu lagi memenuhi kewajiban debitur karena mengalami kekurangan dan ketidakcukupan dana untuk menjalankan atau melanjutkan usahanya kembali, yang biasanya pun ditandai dengan adanya penundaan  pengiriman , kualitas produk yang menurun , dan penundaaan pembayaran tagihan dari bank. Hal ini terjadi karena kurang mengenalnya fungsi manajemen keuangan dalam sebuah perusahaan.

Pemicu Kesulitan Keuangan dalam Berbisnis

Jika telah mengetahui bisnis anda telah mengalami kesulitan keuangan , anda harus bertindak secepatnya untuk memperbaikinya agar perusahaan atau bisnis anda tidak masuk  pada tahap  kesulitan yang lebih berat  seperti kebangkrutan  ataupun likuidasi. Berikut ini ada 5 cara mengatasi kesulitan keuangan dalam bisnis.

5 Cara Mengatasi Kesulitan Keuangan Dalam Berbisnis

1. Memisahkan Keuangan Pribadi dengan Perusahaan

Terkadang seringkali membuat para pebisnis gagal dalam bisnisnya adalah dengan menganggap uang yang diterima dari usaha sebagai uang pribadinya. Persepsi tersebut tidak salah apabila bisnis milik perorangan. Kebiasaan ini terkadang akhirnya membuat bisnis tersebut gagal. Seperti contoh, biaya yang seharusnya digunakan pada produksi, namun sekarang untuk membiayai kebutuhan pribadi. Hal inilah yang membuat bisnis tersebut kekurangan modal.

2. Efesiensi Pengeluaran Agar Terhindar Dari Kesulitan Keuangan

Langkah kedua yang perlu dilakukan adalah meminimalisir pengeluaran bisnis Anda. Sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu, lakukan pertimbangan dan kajian yang matang sehingga barang yang anda beli nantinya benar-benar efektif dan dapat digunakan maksimal. Hal ini berguna untuk memicu penekanan biaya pengeluaran yang tidak terkait dengan produk seperti biaya overhead.

3. Melakukan Inovasi Ketika Kesulitan Keuangan

Kondisi keuangan pada bisnis yang bermasalah bisa juga disebabkan karena produk yang ditawarkan kurang memiliki daya tarik sehingga terjadinya penurunan omzet. Pelaku bisnis memang sudah seharusnya mampu terus berinovasi karena hal tersebut merupakan salah satu strategi bisnis ampuh untuk mendatangkan penjualan.

4. Sisihkan Pendapatan Perusahaan Untuk Research and Development

Sebelum melakukan invovasi, perlu adanya research and development agar bisnis Anda dapat berkembang dan bisa melakukan ekspansi. Hal ini dapat mengevaluasi apa saja yang perlu ditambahkan dalam bisnis Anda, dan apakah diperlukan peningkatan dari segi kualitas dan kuantitas dalam produksi. Hal ini disebut dengan proses research and development. Namun sebelum ke tahap tersebut perlu adanya dana untuk melakukan research and development tersebut. Silakan sisihkan pendapatan bulanan bisnis Anda lalu masukkan ke dalam pos biaya research and development.

5. Lakukan Pencatatan Laporan Keuangan yang Rapi

Hal yang tidak kalah penting namun terkadang sulit dilakukan dalam berbinis adalah melakukan pembukuan yang rapi dan terstruktur. Padahal untuk melakukan pembukuan keuangan tersebut berfungsi dapat memantau alur kas masuk dan keluar sebuah bisnis. Dan hal tersebut dapat meminimalisir terjadinya defisit pendapatan pada bisnis yang sedang Anda jalani.

Pilihlah sistem pembukuan keuangan yang sesuai dengan karakteristisk perusahaan Anda, sistem yang lebih terstruktur dengan teknologi berbasis Cloud namun dengan biaya yang dapat terjangkau bagi perusahaan Anda. Harmony Smart Accounting hadir sebagai solusi guna menjawab pertanyaan tersebut. Dengan tanpa biaya perawatan/maintenance untuk sistem Harmony, anda dapat mengurangi pengeluaran bisnis Anda.

Ditambah lagi dengan bebas tambahan biaya untuk penambahan user/pengguna di sistem Harmony, anda dapat dengan leluasa mencatat laporan keuangan bisnis Anda dengan Worry Free dan sembari Anda bisa lebih fokus juga dalam pengembangan bisnis Anda tersebut. Daftar sekarang disini dan Rasakan perbedaannya sekarang, dapatkan 30 Hari GRATIS penggunaan Harmony Smart Accounting Solution.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/