Harmony Blog

Apa itu Branding Equity? Simak Selengkapnya

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

branding equityPin

Sebagai salah satu cara menerapkan branding equity dapat lebih mudah dipahami sebagai ekuitas merek, dimana branding equity merupakan salah satu cara dalam meningkatkan suatu trafik penghasilan untuk keberhasilan perusahaan.

Dengan memiliki nama brand dan terkenal dari berbagai kalangan produk yang dipasarkan, bisa saja para pembeli ata konsumen akan merelakan pengeluaran uangnya untuk membayar diatas standar karena produk tersebut telah memenuhi branding equity maupun kualitas produk.

Branding equity merupakan suatu janji penjual yang disampaikan kepada konsumen mengenai apa yang menjadi keunggulan atau keunikan produknya.

Meskipun berbanding terbalik ketika suatu perusahaan belum mencapai branding equity. Maka, pencapaian branding equity bagi perusahaan merupakan suatu keuntungan dan tentunya menghasilkan omset yang besar pada saat penjualan dan dipasarkan.

Untuk memahami lebih jelas apa itu branding equity dan bagaimana cara marketing serta contoh berikut artikel ini akan membahas lebih lanjutnya dibawah ini.

Pengertian Brand Equity

Branding equity adalah suatu ekuitas merek yang bisa menciptakan nilai suatu barang yang Anda jual sebagai produk yang sudah memiliki kualitas dan kuantitas yang sangat baik. Untuk setiap konsumen pasti akan merasakan kepuasan tersendiri dari apa yang dimiliki pada suatu produk Anda. Dengan menciptakan branding equity yaitu cara berinovasi sekreatif mungkin hingga para konsumen tidak merasakan kecewa akan suatu produk.

Meskipun suatu perusahaan mempunyai ekuitas merek yang unggul, akan tetapi para pembeli akan memberanikan diri untuk membeli brand yang disukai. Sebagai konsumen akan mempercayakan produk dari perusahaan Anda meskipun diluar sana lebih banyak produk yang lebih murah. Beberapa komponen ekuitas merek ini dibagi menjadi 3 seperti :

1.Saran pembeli yaitu, setiap tanggapan apapun yang diberikan konsumen akan menunjukkan positif negatifnya. Tinggal dimanakah posisi konsumen berada, apakah Mereka merasa puas atau merasa kecewa.

2. Pengaruh pembeli yaitu, jika berdampak positif ini akan memberikan keuntungan lebih karena naiknya laba yang diterima perusahaan, begitupun sebaliknya.

3. Hasil keuntungan yaitu, nilai yang dihasilkan bisa dilihat dari produk yang dikeluarkan dan seberapa besar minat konsumen.

Contoh Brand Equity

Untuk membahas mengenai beberapa contoh produk yang telah mencapai branding equity merupakan perusahaan yang pada awalnya telah menerapkan suatu rencana strategi dagang yang kreatif. Dengan mencoba berbagai pola promosi yang bisa menarik hati para kpembeli dan menentukan harga yang pas dengan distribusi yang akan dikeluarkan. Berikut beberapa contoh produk yang telah mencapai brand equity yaitu :

1.Branding Equity Starbucks

Kopi starbuck tidak hanya mendefinisikan sebuah produk, starbuck juga meluncurkan berbagai rasa yang mencerminkan suasana hati dan rasa yang berbeda. Oleh karena itu, starbuck berhasil membangun tingkat loyalitas pelanggan yang tinggi. Bahkan starbuck juga menjual kopi dengan kualitas terbaik dan produk terkait seperti mug minuman. Starbuck juga menjadi branding equity dengan pertumbuhan tercepat.

2. Branding Equity Apple

Banyak keluaran gadgets yang lebih canggih dan lebih booming dari pada apple. Namun karena telah memiliki branding equity, apple menjadi salah satu merek yang banyak diambil para konsumen. walaupu banyak merek lain yang lebih berkualitas namun untuk mendapatkan sebuah branding equity perlu proses yang panjang.

3. Branding Equity Sampoerna

Nilai asset yang dimiliki dari pembelian sampoerna ini lebih rendah dari produk yang dipasarkan. Namun, branding equity dari sampoerna ini telah membuahkan hasil dari semula hanya 2 miliar kini mencapai 6 miliar.

Baca Juga : 5 Strategi Rahasia Meningkatkan Konversi Penjualan

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Brand Equity Dalam Marketing

Dengan branding equity pada marketing merupakan strategi pemasaran produk untuk semenarik mungkin menambah pembeli atau konsumen. Anda perlu juga memperhatikan dari segi slogan, logo bahkan kualitas brand dan produknya harus diperhatikan seperti beberapa contoh produk yang telah mencapai brand equity yaitu :

1. Tentukan Nama Branding Equity Anda

Pengaruh pemilihan nama sebuah bisnis bisa jadi sangat kecil atau besar tergantung pada jenis bisnis yang Anda mulai. Menjadi sebuah branding lebih dari sekedar nama produk. Bahkan karakteristik, tindakan, dan reputasi dari sebuah branding yang akan membuatnya dikenal dan membuatnya memiliki arti di pasaran atas penjualan.

Meskipun sebagai pemilik branding, merupakan salah satu komitmen penting yang harus Anda tetapkan di awal pendiriannya nama brand. Sebagai nama brand akan berpengaruh pada pembuatan logo, penentuan nama domain website, marketing comuniccation, hingga pendaftaran merk dagang keberhasilan bagi perusahaan.

Untuk itu coba buatlah sebuah merk yang sulit ditiru oleh pihak pesaing, bahkan yang paling penting, buatlah nama brand yang unik dan mudah diingat oleh perusahaan dan banyak orang. Pergunakanlah waktu dalam memilih nama brand yang memiliki arti luas apabila Anda berencana untuk memiliki bisnis Anda dengan produk jenis lainnya.

Beberapa penggunnaan tool berikut sebagai bantuan seperti :

• Business Name Generator dari BizNameWiz

• Company Name Generator dari NameMesh

• Business Name Generator dari Shopify

2. Cari Tahu Siapa Target Pembeli dan Pesaingnya

Sebagai langkah kedua yang sangat signifikan untuk dilakukan adalah dengan menentukan segmen pasar dan melakukan riset terhadap target pembeli dan pesaing Anda.

Jika Anda ingin membangun sebuah brand, tentukan kepada siapa produk yang akan dijual dan perhatikanlah dari analisa branding pesaing Anda. Mencoba cari tahu siapa saja yang menjadi pesaing potensial yang menjual produk yang mirip dengan yang akan Anda jual dipasaran. Sehingga, dari sana Anda juga bisa mempelajari siapa pembeli yang menjadi target.

Berikut beberapa cara untuk membantu Anda, seperti :

• Pergunakanlah Google dengan menggunakan kata kunci pencarian yang berhubungan dengan produk yang dijual atau kategori produk dan analisa setiap kompetitor yang muncul di hasil pencarian yang akan dituju.

• Mencari informasi sebanyak mungkin lewat forum maupun website di luar.

• Berbicaralah dengan beberapa orang yang termasuk kriteria target pembeli Anda dan tanyakan mereka mengenai brand apa yang menjadi preferensi mereka yang sangat disukai.

• Cobalah cari tahu mengenai akun media sosial yang sesuai dengan brand yang ingin Anda bangun dan cari tahu demografis orang-orang yang mengikutinya melalui tanggapan konsumen.

3. Tentukan Gaya, Logo Dan Visi Branding Equity Anda

Dengan menentukan warna dan font yang terkandung dalam brand Anda merupakan sesuatu yang sangat penting untuk ditetapkan dalam branding equity produk Anda.

Selanjutnya menentukan nama dan slogan brand Anda, dan kini saatnya Anda menentukan penampilannya secara visual yang baik. Untuk menentukan warna apa yang menjadi warna utamanya, dan font apa yang akan digunakan.

Cara memudahkan Anda bisa mencari inspirasi warna dengan menggunakan tool seperti Stylify.me sehingga Anda dapat menentukan font yang digunakan dengan mencari inspirasi melalui font pair pada website.

Seperti logo yang Anda inginkan juga bisa menggunakan pendekatan yang lebih sederhana ketika mendesain logo, seperti konsep minimalis yang ditawarkan Google lewat logonya, atau bahkan Facebook dan Twitter yang bisa terinpirasi.

Bahkan seperti slogan yang baik dilihat akan mampu mewakili visi dan misi brand Anda yang merupakan sesuatu penting namun tetap saja sulit untuk diciptakan dan ditiru oleh pesaing.

4. Kembangkan Terus

Mempertahankan sebuah nama brand tidak berhenti saat Anda membuat logo dan slogan tetapi juga memanfaatkan strategi marketing communication sebagai branding. Branding equity Anda juga harus selalu ada dan tetap konsisten walaupun pelanggan Anda dapat berpindah keproduk yang lain.

Sebagai pebisnis Anda akan terus membentuk dan mengembangkan bisnis brand Anda setiap kali Anda mendapatkan pelanggan baru setiap tahunnya, dan mempelajari keinginan mereka serta bagaimana caranya pelayanan yang memuaskan dengan mereka untuk meningkatkan brand dan produk yang berkualitas.

Sebagai pebisnis Anda juga perlu menjaga reputasi Anda di pasaran, terutama di hadapan pelanggan setia, sehingga Anda mampu menciptakan basis pelanggan yang loyal terhadap bisnis Anda. Sehingga, Anda sudah tahu langkah-langkah apa saja yang perlu Anda jalani untuk membangun brand bisnis dari awal untuk dipasrkan.

Dengan pembahasan diatas Anda sebagai pebisni harus memiliki kesabaran dengan membangun branding equity secara maksimal. Akan tetapi perlu Anda ketahui marketing pemasaran Anda tidak akan keberhasilan yang dimiliki tidak akan mengkhianati. Anda tentunya juga tidak boleh melupakan usaha untuk membangun sistem akuntansi bagi bisnis Anda.

Meskipun usaha penjualan akan berkesinambungan dengan usaha membangun sistem akuntansi bisnis Anda. seperti Harmony Software Akuntansi Online yang bisa menunjang sistem akuntansi Anda menjadi lebih baik.

Harmony adalah software akuntansi online yang dapat membantu ribuan UMKM dalam mengelola pembukuan bisnis dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun. Software ini menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan secara real-time agar lebih efektif dan efisien. Anda dapat mencoba GRATIS selama 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony