Apa Itu Marketing Communication? Berikut Pengertian Lengkapnya
Harmony Blog
Marketing
Apa Itu Marketing Communication? Berikut Pengertian Lengkapnya
May 28, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis dan Marketing Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Anda sebagai pebisnis pasti pernah merasakan kondisi dimana dari tahun ke tahun penjualan produk Anda malah semakin menurun bahkan para konsumen sudah tidak membeli atau menggunakan produk Anda. Banyak faktor yang mempengaruhi kondisi tersebut padahal upaya strategi pemasaran produk Anda sudah dilakukan dengan baik dan benar, langkah-langkah strategi marketing sudah Anda lakukan semaksimal mungkin atau bahkan cara penerapan branding produk Anda agar meningkatkan loyalitas konsumen. Dari beberapa faktor-faktor diatas strategi dalam marketing communication yang harus Anda tingkatkan. Kali ini akan dibahas pengertian secara lengkap marketing communication. Simak terus artikel ini

Marketing Communication sangat penting dalam suatu perusahaan karena bertujuan dapat meningkatkan konversi penjualan dan profit perusahaan.

Pengertian Marketing Communication

Mendengar istilah marketing pasti berkaitan dengan penjualan produk dimana marketing dapat dikatakan sebagai satu kesatuan dalam kegiatan perusahaan dengan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga konsumen tersebut akan menjadi loyal dan terus menggunakan produk Anda. Adapun pengertian marketing menurut beberapa ahli, sebagai berikut:

Philip Kotler (1997), Marketing adalah suatu proses social dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan prosuk yang bernilai kepada pihak lainnya.

Menurut Wikipedia, Marketing adalah aktivitas, serangkaian institusi, dan proses menciptakan, mengomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukarkan tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum.

American Marketing Association dalam Kleindl dan Burrow (2005), Pengertian marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen. Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing.

KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Marketing adalah proses, cara, perbuatan memasarkan suatu barang dagangan. Marketing menyebar luaskan ketengah-tengah masyarakat.

Swasta (1996), Pengertian marketing bersandar pada konsep inti yang meliputi kebutuhan (needs), keinginan (wants), dan permintaan (demands). Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran bila juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual.

Baca Juga Artikel Ini: 5 Cara Komunikasi Bisnis Yang Efektif Ditengah Wabah Corona

Sedangkan istilah marketing communication atau dikenal dengan istilah “Marcom” itu sudah sangat digunakan oleh para pebisnis, karena dengan adanya marketing communication Anda akan diperkenalkan bagaimana caranya membuat produk Anda menjadi produk yang sangat menarik sehingga dapat meningkatkan konversi penjualan dan pastinya akan meningkatkan keuntungan dan profit perusahan Anda. Berikut beberapa pengertian marketing communication menurut para ahli, sebagai berikut:

Kotler dan Amstrong (2008:116), menurut Kotler dan Amstrong, marketing communication perusahaan adalah paduan spesifik iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, penjualan personal, dan sarana pemasaran langsung yang digunakan perusahaan untuk mengkomunikasikan nilai pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan.

Tjiptono (1995:219), menurut Tjiptono, marketing communication adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk, dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.

Morrisan, marketing communication proses pengembangan hubungan dengan konsumen dengan cara mengamati kebutuhan dan keinginan konsumen yang dilanjutkan dengan pengembangan suatu produk (product) guna memuaskan kebutuhan konsumen dan memberikan penawaran harga (price) serta melakukan distribusi supaya tersedia di tempat (place) yang menjadi pasar produk yang bersangkutan.

Philip Kotler (2001), marketing communication adalah suatu proses perencanaan dan menjalankan konsep, harga, promosi, serta distribusi sejumlah barang atau jasa guna menciptakan pertukaran yang mampu memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Dari pengertian para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa marketing communication adalah segala aktivitas pemasaran dimulai dari membuat konsep modifikasi suatu produk sampai memberikan layanan kepada konsumen setelah penjualan (after sales) sehingga dapat meningkatkan konversi penjualan dan meningkatkan keuntungan atau profit perusahaan.

Bentuk-bentuk Marketing Communication

Menurut Kotler dan Amstrong (2008:116), terdapat beberapa bentukan dari marketing communication diantaranya sebagai berikut:

1. Iklan (Advertising), iklan merupakan bentukan dari marketing communication dengan mengembangkan kualitas atau promosi yang menarik sehingga dapat menarik daya beli konsumen. Iklan ini sangat berpotensi besar dalam menarik perhatian apalagi adanya kata-kata edukasi dalam iklan itu biasanya menjadi nilai lebih dari produk yang akan ditawarkan kepada konsumen.

2. Promosi penjualan (Sales Promotion), bentukan marketing communication ini biasanya berbentuk promo-promo dalam jangka waktu deket sehingga dapat merangsang perhatian lebih dari konsumen itu sendiri.

3. Penjualan secara Pribadi (Personal Selling), bentukan marketing communication ini biasanya adanya tindakan penawaran secara personal sehingga pendekatan secara personal biasanya dapat meningkatkan daya beli konsumen sendiri. Marketing communication harus pandai dalam melakukan promosi secara langsung.

4. Pemasaran Langsung (Direct Marketing), bentukan marketing communication ini memiliki hubungan langsung dengan konsumen atau kita kenal dengan istilah “door to door”.

custom-form-newsletter

Strategi Marketing Communication

Pada dasarnya marketing communication merupakan tindakan perencanaan segmentasi, controlling dan positioning untuk mempromosikan produk sesuai sasaran sehingga tujuan produk sesuai dengan sasarannya. Berikut proses penerapan marketing communication, sebagai berikut:

a. Sumber (Source), adalah sumber pesan yang dapat menentukan arah tujuan komunikasi dan menetapkan sebagai sasaran komunikasi. Pemasaran adalah cara tercepat yang bertujuan sebagai mengkampanye iklan sampai promosi yang mengarahkan kampanye itu melalui segment sasaran tertentu.

b. Proses Enconding, adalah persandian sebuah kode yang memiliki suatu kode penyampaiannya menjadi sebuah pesan. Dalam agensi iklan dapat merancang pesan yang disandikan dalam bentuk iklan. Pesan disandikan wiraniaga dalam bentuk presentasi penjualan.

c. Pengiriman (Tranmission), adalah hasil dari proses sebuah pesan yang dikirimkan melalui media agar bisa menjangkau audiens dan tepat sasaran. Penyebaran komunikasi untuk pemasaran dapat melalui youtube, media masa, televisi, Instagram dan media social lainnya bahkan bisa melalui komunikasi getok tular dari wiraniaga, atau selebaran direct-mail yang dikirimkan pada sasaran.

e. Umpan balik (feedback) mengukur adanya suatu efektivitas komunikasi pemasaran pada sumber konsumen.

d. Proses Decoding oleh penerima agar pesan bisa dipahami dua pertanyaan utama yaitu apakah konsumen menafsirkan pesan seperti yang di inginkan pengiklan dan apakah pesan berdampak positif pada sikap dan perilaku konsumen.

Seperti itulah penjelasan mengenai pengertian lengkap marketing communication. Dengan aplikasi keuangan ini dapat membantu segala keperluan keuangan bisnis Anda dalam satu sistem aplikasi keuangan bisnis bernama Harmony Smart Accounting Solution yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/