Harmony Blog

Strategi Marketing Ampuh Untuk UKM Menjelang Momen Lebaran

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

strategi marketing menjelang lebaranPin

Hampir 30 hari kita menjalani ibadah puasa bagi masyarakat muslim yang menjalankannya, biasanya sebagian masyarakat sudah mulai sibuk mempersiapkan datangnya momen hari raya Idul Fitri 2020/1441 Hijriah tepatnya hari Minggu 24 Mei 2020 atau biasa kita kenal “Lebaran”. Momen lebaran seperti ini ditunggu-tunggu oleh para pebisnis UKM, dengan meningkat permintaan para konsumen sehingga dapat menciptakan kenaikan omset dan profit berlipat. Apakah kali ini kenyataannya seperti itu? Dibutuhkan strategi marketing yang tepat menjelang lebaran kali ini. Dikarenakan kita masih menghadapi situasi pandemi covid-19 ini.

Pebisnis yang smart pasti tahu strategi marketing menjelang lebaran ditengah kondisi wabah corona covid-19 ini, agar dapat mempertahankan bisnisnya dan tetap bisa menghasilkan profit bagi perusahaan.

Kini Anda tidak diperbolehkan berkumpul dengan banyak orang dan menjaga jarak dengan sesama (social distancing) dan berlakunya PSBB bahkan sudah ada himbauan dari pemerintah untuk tidak diperbolehkan mudik guna dapat memutus rantai penyebaran wabah corona covid-19 tersebut. Hal tersebut membuat pebisnis UKM mencari strategi marketing menjelang lebaran apakah itu strategi marketing mix atau strategi pemasaran 4p guna untuk mempertahankan bisnisnya dan tetap menghasil profit bagi perusahaan. Kali ini akan dibahas mengenai strategi marketing menjelang lebaran. Simak terus artikel ini.

Berdasarkan survei dari Smesco Indonesia, salah satu institusi dibawah naungan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemkop UKM), ternyata UMKM sektor makanan olahan yang paling banyak terpukul. Untuk Mengetahui hasil survey tersebut didapat dari informasi Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata memberikan penjelasan dari daftar surveinya 722 responden UMKM yang disebar mulai tanggal 31 Maret – 20 April lalu, didapatkan hasil surveinya 35,6% pelaku UMKM sektor olahan makanan yang paling berdampak.

Kemudian disusul sektor kerajinan 13,8%, fashion sebesar 16% serta sisanya adalah sektor lain seperti rumah makan, jasa, manufaktur, pertanian, warung kopi, kue kering, perdagangan dan lainnya.

Pada survei tersebut dijelaskan bahawa, sekitar 35,9% hasil responden UMKM mengalami penurunan omzet lebih dari 60% dan ada 27,7% responden yang terpaksa berhenti beroperasi untuk sementara. Kemudian UMKM yang omzetnya turun antara 31%-60% sebanyak 20,8%, dan sisanya UMKM yang mengalami penurunan omzet 10%-30%.

Sehingga strategi marketing menjelang lebaran untuk para UMKM adalah mencoba strategi pemasaran produk berbasis online atau dikenal dengan istilah digital marketing, diantaranya sebagai berikut:

1. Strategi Promosi Marketplace

Strategi marketing menjelang lebaran yang pertama adalah mulai menggunakan strategi promosi marketplace seperti shoppe, bukalapak, tokopedia, olx, dan lain sebagainya. Marketplace menjadikan Anda memiliki ruko atau lapak tempat Anda menjual produk, akan tetapi kali ruko atau lapak tersebut berbasis online. Sehingga Anda tidak mesti bertatap muka langsung dengan pembeli langsung, dengan membuat isi marketplace menarik dapat menarik perhatian para konsumen untuk menindak-lanjuti produk yang Anda jual bahkan ada juga yang langsung membeli.

Dalam promosi marketplace Anda bisa memulai dengan perbaikan dari segi copywriting iklan Anda dalam marketplace, Anda harus menggunakan kata-kata pemicu perhatian konsumen untuk membeli. Selain itu Anda bisa menggunakan strategi produk limited edition sehingga dapat membranding pola pikir konsumen untuk cepat membeli sebelum kehabisan. Ada juga yang menggunakan strategi bundling package, dengan Anda sering membuat paket promo 2 produk dan harga menjadi lebih murah.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

2. Strategi Promosi Media Sosial

Strategi marketing menjelang lebaran selanjutnya adalah mencoba menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk yang Anda jual. Mungkin Anda mengetahui bahwa saat ini setiap hari orang selalu di media sosial baik itu di FB, Instragram, Youtube, Whatapp dan lain sebagainya. Hal tersebut dikarenakan media sosial saat ini menjadi ajang curahan hati status pribadinya untuk ingin ditunjukan kepada orang lain bahwa Anda exist. Kondisi seperti ini Anda bisa terapkan dengan mempromosikan produk Anda pada media sosial, sehingga orang lain akan mengetahui apa yang Anda coba tawarkan.

Biasanya mempromosikan produk dalam media sosial tidak membutuhkan kata-kata yang banyak, cukup Anda dapat membuat konten gambar produk semenarik maksimal mungkin dengan berbeda sedikit kata-kata pemicu perhatian konsumen untuk minimal menyukai promosi produk Anda dan bahkan bisa sampai menanyakan harga dari produk Anda tawarkan. Anda bisa menggunakan media online yang lagi hits saat ini seperti melalui aplikasi meeting virtual zoom, live streaming facebook, Instagram live dan masih banyak lainnya.

3. Strategi Promosi Website

Strategi marketing menjelang lebaran yang ketiga adalah penggunaan maksimal website produk Anda sehingga dapat menghasilkan profit yang maksimal. Dengan media website Anda bisa menggunakan strategi search engine optimization (SEO) atau pay per click (PPC) dengan mengupayakan website Anda supaya bisa mendapatkan peringkat paling atas di hasil pencarian. Website Anda akan menghasilkan trafik organik yang tinggi dan tepat sehingga Anda tidak hanya fokus pada trafik tinggi saja melainkan pada tujuan utama website produk Anda.

4. Strategi Content Marketing

Strategi marketing menjelang lebaran yang terakhir adalah membuat content marketing semenarik mungkin. Content marketing disini bisa berupa artikel, video, audio atau infografis yang berorientasi pada solusi atas masalah yang ada dan produk Anda sebagai solusinya. Dengan memanfaatkan digital marketing menjadi strategi marketing menjelang lebaran ditengah wabah corona covid-19 ini untuk menggunakan metode-metode content marketing seefisien mungkin, sehingga tidak menyebabkan pemborosan biaya-biaya yang membuat profit Anda berkurang.

Dalam menghitung profit perusahaan di era teknologi cloud saat ini Anda pasti membutuhkan satu sistem pembukuan keuangan bisnis bernama Harmony Smart Accounting Solution yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis Anda. Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony