Harmony » Blog » 

7 Strategi Marketing Mix yang Dapat Anda Terapkan dalam Bisnis Anda

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Februari 20, 2020

Dalam bisnis kita mengenal istilah bauran pemasaran atau lebih dikenal dengan marketing mix. Istilah ini merupakan strategi pemasaran yang bisa membantu menentukan kesuksesan perusahaan dalam mengejar keuntungan secara maksimal.

Konsep marketing mix ini menjadi strategi pemasaran yang baru perluasan dari konsep 4P sebelumnya. Diharapkan jadi lebih terarah kepada pasar yang tepat

Padahal marketing sendiri memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan produk saja. Untuk itulah saat ini kita juga mengenal strategi 7P yang terdiri dari product, place, price, promotion, people, process dan physical evidence.

Nah, kali ini kita akan membahas 7P sebagai strategi marketing mix yang bisa diterapkan dalam bisnis Anda:

1. Product (Produk)

Produk adalah semua jenis barang atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan, ditawarkan ke konsumen dan bisa digunakan oleh konsumen untuk memenuhi kebutuhannya. Apapun bisnis Anda, strategi 7P yang pertama ini harus ada dengan kondisi yang unik, berkualitas dan sesuai dengan ekspektasi pasar. Anda harus mampu menciptakan produk yang memang dibutuhkan dan mampu memuaskan konsumen.

Baca Juga : Strategi Permission Marketing: Untuk Kenyamanan Pemasaran

2. Price (Harga)

Harga adalah sejumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen untuk mendapatkan produk Anda. Dalam strategi ini, Anda harus bisa membuat konsumen merasa pengeluarannya sesuai dengan produk yang diperoleh. Kesalahan dalam penentuan harga bisa membuat bisnis Anda goyah lho.

3. Place (Tempat)

Strategi ketiga ini terkait dengan lokasi usaha. Semakin strategis lokasi, maka semakin besar pula potensi keuntungan yang diperoleh. Lokasi yang mudah diakses membuat transaksi jual beli berjalan lebih efisien dan efektif.

4. Promotion (Promosi)

Promosi menjadi bagian penting dalam marketing mix. Dalam strategi ini, Anda harus mampu mengidentifikasi dan menarik consumen baru, mengenalkan produk, meningkatkan jumlah konsumen, menginformasikan peningkatan kualitas produk, mengajak konsumen untuk mengunjungi lokasi penjualan hingga memotivasi dan mengedukasi konsumen untuk membeli produk. Promosi yang baik dan benar akan membuat bisnis Anda lebih sukses.

Anda juga dapat membaca artikel ini 10 Cara Ampuh Promosi Produk yang Terbukti Selalu Profit

5. People (Orang)

Sumber daya manusia menjadi elemen yang sangat penting dalam suatu bisnis. Ini juga berlaku dalam marketing mix. Setiap perusahaan harus mampu mendapatkan SDM terbaik. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih SDM adalah tingkat keloyalan, kinerja, dan juga attitude. Pemilihan SDM yang tidak benar bisa membuat konsumen kecewa dengan pelayanan perusahaan.

[elementor-template id="26379"]

6. Process (Proses)

Strategi ke-6 ini mencakup bagaimana cara perusahaan dalam melayani setiap konsumen. Mulai dari tahap pemesanan hingga konsumen mendapatkan produkya. Setiap perusahaan tentu memiliki “proses” atau cara pelayanan berbeda sesuai dengan target dan produk yang dihasilkan. Anda bisa mencoba cara pelayanan yang unik atau berbeda untuk menarik konsumen.

7. Physical Evidence (Bentuk atau Tampilan Fisik)

Tampilan fisik kantor, lokasi usaha atau tempat penjualan menjadi salah satu faktor penting dalam pemasaran. Semakin nyaman konsumen, maka semakin positif pula kesan mereka terhadap produk atau perusahaan. Ciptakan suasana yang menyenangkan, bersahabat dan nyaman agar konsumen merasa lebih rileks.

Anda dapat menerapkan strategi marketing mix dengan baik jika diiringi dengan pengelolaan keuangan yang optimal. Penggunaan software akuntansi seperti Harmony tentunya akan membuat Anda lebih fokus dalam pemasaran dan pelayanan terhadap konsumen. Kabar baiknya, Anda bisa mencoba software akuntansi ini secara Gratis 30 Hari di sini lho.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram