Harmony Blog

10 Cara Ampuh Promosi Produk yang Terbukti Selalu Profit

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

promosi produkPin

Beberapa pebisnis akan merasa keuntungan yang dimiliki tidak besar yang didapat, atau bisa saja Anda kurang melakukan promosi produk sekreatif mungkin. Dengan adanya promosi produk merupakan penentuan dari sukses atau tidaknya bisnis Anda yang sedang dijalani.

Jika promosi produk yang dilakukan seadanya, maka hasil pendapatannya akan seadanya juga. Begitu sebaliknya, promosi produk dilakukan dengan cara maksimal, akan membuat keuntungan Anda naik dan bertambah. Akan ada banyak para pelaku bisnis kecil bahkan sampai bisnis menengah yang kurang kreatif dalam mempromosikan produknya.

Dengan memiliki ide yang banyak merupakan cara memanfaatkan strategi marekting community promosi produk yang bisa dilakukan untuk menarik perhatian pembeli, supaya konsumen tetap melakukan pembelian, dan tetap bersaing secara sehat dengan pebisnis lainnya.

Berikut ini hasil dari suatu keuntungan dan menambah pengetahuan Anda adalah ide cara promosi produk yang akan disebutkan pada artikel ini untuk membuat konsumen menjadi sangat tertarik dengan apa yang Anda tawarkan, selanjutnya konsumen akan melakukan pembelian secepatnya.

Promosi produk adalah suatu langkah yang diambil dengan tujuan meningkatkan penjualan dengan menggunakan ide menarik yang bertujuan untuk meningkatkan terjadinya pembelian produk atau jasanya.

Apa Itu Promosi Produk

Pengertian promosi produk yaitu sebuah kegiatan komunikasi yang di lakukan oleh pemilik produk atau jasa yang di berikan kepada masyarakat dengan memiliki tujuan supaya produk atau jasa, nama perusahaan, dan merek branding dapat di kenal secara langsung atau tidak langsung dengan masyarakat. Sehingga, sekaligus dapat mempengaruhi supaya masyarakat tersebut menggunakan jasa atau produk yang ditawarkan.

Sebagai promosi produk juga berupa kegiatan dari pemasaran bahkan penjualan dalam rangka untuk memberikan informasi dan dapat menambah permintaan konsumen terhadap barang atau jasa dari suatu perusahaan dengan cara memberikan suatu pengaruh kepada konsumen supaya dapat membeli produk atau jasa yang di jual oleh perusahaan.

Media Promosi Produk

Adanya media atau marketing communication dikatakan sebagai promosi produk merupakan tempat penampungan komunikasi secara tidak langsung dengan menawarkan produk atau jasanya dan sebagainya supaya dapat dikenal masyarakat lebih luas lagi.

Suatu cara media promosi yang yang sudah lama yaitu promosi dari mulut ke mulut, dan bahkan dilanjutkan dengan media promosi konvensional seperti : brosur, poster, katalog, pamflet, booklet, spanduk, billboard, banner, flyer, reklame, kartu nama, iklan TV, radio, media cetak koran bahkan majalah ataupun lainnya.

Dengan berkembangnya media promosi produk setiap tahun, promosi secara digital bisa saja seperti jejaring sosial di facebook, twitter, instagram youtube dan tiktok. Akan tetapi, pemanfaatan media tidak selalu menguntungkan ada juga yang akan merugikan.

Sehingga dibutuhkan keahlian dalam promosi produk didalam media dengan kemampuan menciptakan ide baru dan unik supaya pesan atau iklan tersebut melekat pada ingatan pembeli.

Dengan menggunakan media promosi produk pastinya akan memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda. Sebagai pebisnis Anda perlu detail dan pintar mengamati kebiasaan dari target pasar Anda supaya dapat memilih media yang tepat untuk untuk dipromosikan dan tidak terbuang biaya yang lebih.

10 Contoh Promosi Produk

Pada artikel ini Anda akan diberikan pengetahuan 10 cara ampuh promosi produk yang terbukti selalu menguntungkan bagi pebisnis lainnya seperti yang Anda butuhkan. Berikut ini 10 cara promosi produk yaitu :

1. Memberikan Promo Uji Coba Gratis

Adanya sales promotion disetiap produk tertentu di indetikan dengan produk yang biasanya Anda sebagai pebisnis akan memberikan sampel atau free trial kepada konsumen. Seperti contohnya cemilan, minuman ringan, jasa les inggris, atau produk digital seperti website serta khususnya software accounting seperti harmony.

Buatlah penawaran yang Anda lakukan itu benar-benar semenarik mungkin bagi konsumen, hingga pada akhirnya konsumen mau meluangkan waktunya untuk mencoba sampel atau uji coba gratis yang Anda berikan.

Untuk memberikan promosi produk uji coba gratis, selaku konsumen akan merasakan bagaimana kelebihan dan keunggulan dari produk yang ditawarkan setelah dipakai.

Meskipun keuntungan bagi pemilik bisnis merupakan seperti mengumpulkan feedback, testing market, dan tentunya akan meningkatkan ide menarik dari penjualan tersebut.

2. Buy 2 Get 1 FREE

Cara solusi masa kini yang sangat ampuh untuk membuat pelanggan melakukan transaksi pembelian. Sehingga, stock produk tersebut dibatasi supaya produk tersebut tidak kehabisan. Menggunakan sales promotion juga sangat berguna ketika Anda ingin memberikan diskon sebesar 50%. Dengan hasil tersebut akan lebih menarik bagi konsumen dengan membeli produk tersebut.

Walaupun promosi produk akan menguntungkan untuk pemilik bisnis karena pada akhirnya konsumen akan membeli 2 produk yang ditawarkan. Dibandingkan dengan memberikan diskon sebesar 50% kepada pelanggan hanya bisa membeli hanya 1 produk saja. Dengan cara ini juga bisa di sesuaikan kemampuan Anda sekreatif munngkin, contohnya seperti Buy 3 Get 1 free.

3. Beli paketan jauh lebih untung

Promosi produk yang biasanya dijual secara paket atau bundle, bisa Anda temukan dimulai dari restoran cepat saji, mobil, design software, sampai sabun cuci baju beserta bonus piring. Dari beberapa keuntungan tersebut yang ditawarkan dengan produk paketan keuntungan bagi penjual merupakan biaya menjadi efesien, contohnya mengurangi biaya distribusi serta pemasaran.

Oleh karena itu yang sangat penting bagi penjual yaitu meningkatkan konversi penjualan dari keuntungan meskipun profit bersihnya sedikit berkurang, jika pada awalnya Anda menjual lebih dari 1 produk secara langsung dan serentak. Namun, sebagai pembeli juga akan merasakan permintaannya terpenuhi dengan lengkap dan efesien hanya dengan 1 kali pembelian perpaket.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Kode Promo Produk (Kode Voucher)

Cara menggunakan kode promosi produk biasanya digunakan oleh penjual sebagai pemilik bisnis e-commerce, tentunya kode tersebut memiliki sistem yang terintegrasi untuk masukin kode tertentu supaya pelanggan bisa mendapatkan keuntungan yang meningkat. Dengan cara tersebut Anda bisa memberikan kode promo atau voucher secara kepada pembeli, bahkan dengan cara seperti masukkan email, atau masukkan nomor hp , share dan sebagainya.

5. Potongan Harga Produk (Diskon)

Pada tahap jenis promosi yang paling sering digunakan oleh para pemilik bisnis yaitu diskon. Cara paling diminati pebisnis dan konsumen dengan melakukan potongan harga, akan membuat para pembeli berminat dan memborong sebuah produk yang ditawarkan sehingga pemilik bisnis memiliki keuntungan.

6. Pergunakan Promosi Produk Dengan Teknik Copywriting

Sebagai pemilik bisnis tidak perlu menggunakan cara promo blunder ketika Anda sudah memilih untuk menggunakan promosi produk dengan menggunakan sales promotion yang tepat untuk bisnis Anda. Sebagai salah satunya disebabkan ketika Anda tidak paham bagaimana cara menyampaikan promosi dengan tepat sesuai target pembeli.

Teknik seperti ini biasanya sering diabaikan oleh para pelaku bisnis, padahal dengan cara teknik copywriting juga akan berpengaruh terhadap tingkat keberhasilan dengan cara salah satunya menggunakan balance scorecard suatu manajemen promosi bagi keuntungan bisnis Anda.

7. Memberikan Konsultasi Gratis

Untuk menjual suatu produk Anda, sebagai pebisnis dalam merekrut sales promotion Anda bisa menggunakan cara konsultasi gratis melalu sales tersebut dengan menarik pembeli dalam berkonsultasi lebih dalam kelebihan dari suatu produk Anda.

Seperti contoh jasa layanan kecantikan wanita, layanan makeup, berikan layanan coba gratis dan berikan solusi untuk melakukan check up kulit dan wajah konsumen Anda setelah tahap terakhir promosikan produk Anda yang cocok dengan jenis dan kebutuhan mereka.

8. Kursus Gratis

Bagi anda yang memiliki bisnis penjualan produk yang membutuhkan keahlian untuk pemakaiannya, bisa berikan kursus gratis. Kursus gratis ini untuk mengoptimalkan manfaat produk Anda. Pelanggan pasti akan merasa senang dan berterimakasih atas layanan tersebut.

9. Hadiah Voucher

Dengan adanya hadiah voucher yang diberikan kepada pelanggan ketika membeli suatu produk banyak dan bundler dengan cara promosi ini biasanya bertujuan untuk meningkatkan repeat order kepada pembeli.Sebagai pemilik bisnis kecil sampai dengan menengah yang belum memiliki sistem otomatis bisa dengan menggunakan cara manual, seperti contoh memberikan voucher elektronik yang isinya kode link unik melalui email atau nomor hp pembeli. Buatlah syarat voucher dan pastikan jika Anda memberikan syarat maupun ketentuan masa berlakunya.

10. Menggunakan Promosi Produk Secara Bersamaan

Dengan melakukan kerjasama promosi produk dengan pemilik bisnis lainya. Cobalah dan tentukan bisnis lain tersebut memang memiliki segmen pasar yang sesuai dengan produk bisnis Anda. Seperti, pembeli handphone di toko Anda mendapat gratis kartu internet, karena Anda bekerjasama dengan pihak kartu prabayar.

Untuk meningkatkan keuntungan yang maksimal juga harus dilakukan dengan meningkatkan cara promosi produknya. Promosi produk yaitu cara bagaimana produk harus terjual dengan memberikan keuntungan yang lebih bagi pebisnis. Meskipun, keuntungan pebisnis juga akan terus meningkat.

Cara selain melakukan promosi, yaitu dengan mengembangkan sebuah bisnis Anda diharuskan memiliki proses pengelolaan keuangan yang baik dan rapih. Anda bisa menggunakan software akuntansi keuangan untuk memudahkan kegiatan akuntansi usaha Anda. Cobalah gunakan Harmony Software sebagai solusi untuk kemudahan pengelolaan laporan keuangan Anda.

Harmony adalah software akuntansi online yang dapat membantu ribuan UMKM dalam mengelola pembukuan bisnis dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun. Software Harmony menyediakan lebih dari 20 jenis laporan keuangan secara real-time agar lebih efektif dan efisien. Anda dapat mencoba GRATIS selama 30 hari disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Subscribe Harmony Newsletter
        Subscribe Email Harmony M
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony