5 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran agar Sukses
Harmony Blog
Business
5 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran agar Sukses
March 24, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan alamat email Anda. Kami akan mengirimkannya langsung ke email Anda

Kesuksesan dalam sebuah penawaran bisnis tidak dipengaruhi oleh faktor harga yang murah saja, tapi ada beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran agar sukses yang harus diperhatikan oleh penjual yang sedang melakukan penawaran produknya ke calon pembeli.

Membuat penawaran dengan cara yang benar akan mempengaruhi pembeli mengambil keputusan untuk membeli kepada siapa

Lantas apa saja faktor-faktornya?

Berikut 5 Faktor yang Mempengaruhi Penawaran agar Sukses :

1. Harga Barang itu Sendiri

Anda harus melihat apakah harga yang Anda tawarkan sesuai dengan harga pasar, maksudnya jangan jauh diatas harga pasar agar lebih mudah untuk pembeli memutuskan menerima penawaran Anda atau tidak. Bagaimana jika produk Anda unik atau jarang ada di pasaran? Dalam hal ini tetap menggunakan konsep harga yang menarik atau masuk diakal karena kebanyakan penjual tidak tahu kekuatan daya beli dari pembeli. Jangan berasumsi sendiri penawaran Anda pasti diterima karena mungkin saja pembeli punya pembanding dari penjual lain untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan. Konsep harga termasuk dalam bagian strategi pemasaran produk yang bisa Anda pelajari juga disini.

2. Kualitas Produk

Sangat penting bagi penjual untuk menyediakan produk atau jasa yang berkualitas yang dikehendaki oleh pembeli karena faktor kepuasaan terhadap  produk atau jasa Anda  akan mempengaruhi pembeli membeli ulang bahkan merefrensikan relasinya untuk mengkonsumsi produk atau jasa Anda dan begitu juga sebaliknya mereka bisa memberikan testimoni buruk apabila tidak puas dan tentu saja ini bisa berdampak kepada bisnis Anda. Pastikan dalam memasukkan penawaran spesifikasi dari produk atau jasa yang Anda tawarkan sesuai dengan yang akan Anda berikan kepada pembeli agar harapan mereka terpenuhi sehingga kepuasan mereka akan tercapai.

3. Harga Pesaing

Anda harus tahu persis atau perkiraan harga yang ditawarkan pesaing kepada calon pembeli Anda. Anda bisa mencari tau dari internet, di marketplace, hitungan perkiraan atau bahkan mungkin dari pembeli sendiri. Setelah Anda tau harga pesaing maka harga yang Anda tetapkan harus sama, sedikit dibawah atau sedikit diatas harga pesaing tersebut tetapi tentu saja tetap memperhatikan konsep keuntungan karena ini akan mempengaruhi kondisi kesehatan keuangan bisnis Anda. Apabila mau menetapkan harga sedikit diatas pesaing maka Anda harus memastikan bahwa harus ada nilai lebih yang tidak dimiliki pesaing dalam produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Baca juga artikel ini : Penjelasan Lengkap Pasar Persaingan Sempurna

4. Harga Barang Pengganti

Selain faktor harga pesaing, faktor harga barang pengganti sangatlah penting dalam suatu penawaran karena apabila harganya terlalu besar selisih harganya maka bukan tidak mungkin pembeli akan berganti kepada barang pengganti. Oleh karena itu penting untuk Anda sebagai penawar mengetahui jenis barang pengganti dan harganya serta menganalisa fungsi, perbedaan dan harganya sebelum memutuskan harga yang Anda masukan dalam penawaran Anda.

5. Layanan Purna Jual

Layanan purna jual atau after sales service juga merupakan faktor yang sangat penting bagi seorang pembeli memutuskan memilih penawaran penjual. Karena dengan adanya layanan purna jual yang baik maka pembeli akan merasa dimudahkan dalam mengkonsumsi produk atau jasa Anda. Apabila produk Anda merupakan produk yang sekali pakai dan tidak memerlukan layanan purna jual maka hal ini bisa digantikan dengan Anda membangun hubungan dengan pembeli tersebut misalnya dengan berinteraksi lewat messenger, email, media sosial atau juga memberitahukan secara pribadi jika ada promo terhadap produk atau jasa Anda. Apabila layanan purna jual Anda baik maka kemungkinan pembeli melakukan pembelian ulang sangatlah tinggi.

Beberapa hal yang tidak kalah penting untuk bisnis Anda yang berhubungan dengan penawaran adalah memiliki adalah memiliki data pembeli, kuantiti yang dia beli dalam periode tertentu, item apa saja yang dibeli, berapa penjualan produk atau jasa Anda dalam seminggu, sebulan atau setahun, ketersediaan produk (inventory) yang Anda jual dan juga sampai kepada keuntungan Anda dalam menjual produk atau jasa tersebut.

Untuk itu Anda butuh aplikasi pembukuan yang bisa memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan terhadap itu semua.  Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan UMKM yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/