Harmony » Blog » 

5 Cara Komunikasi Bisnis Yang Efektif Ditengah Wabah Corona

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
April 9, 2020

Keadaan virus corona atau yang disebut Covid-19 membuat kita menjadi lebih waspada untuk menghindarinya. Mungkin sebagai alternatif, Anda bisa mempelajari juga reaksi China dalam menanggapi virus corona. Berapa lama wabah ini tetap ada? Bagaimana cara komunikasi bisnis ditengah corona terhadap klien atau karyawannya?

Komunikasi yang lancar akan menghasilkan bisnis yang beroperasi secara lancar dan efektif kepada karyawan, klien dan investor.

Demi keselamatan masyarakat ataupun karyawan pemerintah akhirnya melakukan aturan kebijakan dalam memberikan pengarahan untuk setiap anggota masyarakatnya belajar, beraktivitas dan bekerja secara produktif dirumah. Namun sebagai pebisnis juga penting untuk mengetahui kewajiban hukum saat masa corona.

Himbauan yang seperti ini membuat pebisnis maupun pengusaha mengalami kerugian sehingga menjadi krisis karena adanya keterbatasan kegiatan. Dengan hal ini banyak pengusaha harus menanggapi berbagai hal untuk memberikan informasi kepada karyawan bagaimana perusahaan dapat memperkerjakan karyawannya dirumah.

Agar komunikasi tersebut lancar dengan upaya yang harus dilakukan perusahaan dalam menjalankan bisnis supaya tetap berjalan yaitu 5 cara yang bisa kita lakukan agar berkomunikasi secara efektif dirumah pada saat wabah Covid-19.

Dikutip dari Harvard Business Review yang ditulis oleh Paul A. Argendi tentang 5 langkah cara komunikasi bisnis ditengah corona dalam bekerja, ini adalah panduan bagi para pengusaha dalam menghadapi berbagai cara untuk menjalankan bisnisnya untuk berkomunikasi dengan karyawan, klien sampai dengan investor.

Apa Saja 5 Langkah Komunikasi Bisnis Ditengah Krisis Wabah Corona

1. Buatlah Komunikasi Yang Terpusat

Komunikasi untuk tim pusat secara langsung dalam menerima informasi yang searah dan dapat secara langsung dilakukan maupun dimengerti dibutuhkan oleh setiap karyawan ataupun suatu tim.

Namun, dalam keadaan wabah virus Covid-19 diperlukan adanya sebuah tim pusat yang dapat memantau dan menjadi penerima sumber hasil informasi atau memberikan arahan secara terstruktur agar komunikasi secara tidak langsung dengan karyawan dapat diterima dan dilakukan secara baik.

Untuk merencanakan dan menjalankan suatu bisnis dibutuhkan adanya komunikasi antara atasan dengan bawahan setiap divisi.

Setiap tim yang dibuat akan menjadi lebih efektif jika dibagi menjadi lima orang hingga tujuh orang seperti contoh Direktur, Eksekutif Marketing, Eksekutif SDM, Manager Finance, Manager Marketing, dan Kepala bidang IT.

Untuk melakukan komunikasi tim pusat secara efektif yaitu :

a. Berkomunikasi secara terstruktur dan menerima informasi secara bertahap untuk memantau situasi dan keadaan setiap kegiatan bisnis yang dilakukan karyawan.

b. Menerima sumber informasi secara rutin setiap kendala yang diterima dari setiap karyawan.

c. Memberikan informasi terbaru setiap kegiatan bisnis yang harus dilakukan oleh karyawan.

d. Menerima saran atau ide bisnis yang didapat secara terbuka dan memberikan tanggapan informasi yang didapat.

e. Membuat kesimpulan dan membuat hasil informasi secara ringkas dari setiap hasil kegiatan dari komunikasi yang diterima.

2. Komunikasi Bisnis dengan Karyawan Ditengah Wabah Corona

Melakukan komunikasi bisnis ditengah corona dengan karyawan sangat penting dalam memberikan informasi tertentu yang diterima dari tim pusat. Sebagai perantara, komunikasi ini sangat penting dibutuhkan setiap rekan kerja ataupun divisi lainnya.

Sehingga, kebutuhan perusahaan secara tepat dan dapat menempatkan kenyamanan kepada setiap karyawan untuk menerima dan menanggapi saran dan ide-ide bisnis baik yang terjadi dalam kondisi sekarang maupun dimasa depan. Maka kebijakan PHK di tengah corona, bukanlah hal yang tepat.

Untuk berkomunikasi secara efektif dengan karyawan dilakukan sebagai berikut :

a. Memberikan informasi terbaru untuk tim pusat secara teratur yang didapat dari media sosial.

b. Memberikan informasi kepada tim pusat berbagai keadaan yang dialami dalam melakukan suasana pekerjaan yang didapat seperti diperjalanan ataupun bekerja dirumah.

c. Berkomunikasi rutin secara setiap hari. Anda dapat memaksimalkan aplikasi saat bekerja dari rumah untuk memudahkan Anda berkomunikasi dengan rekan kerja Anda.

d. Memberikan informasi secara tepat waktu dan tidak terlambat memberikan hasil informasi atau pemikiran tentang hal yang baru.

3. Berkomunikasi Secara Teratur dengan Klien (Konsumen)

Kedekatan dan perhatian perusahaan dengan pelanggan atau customer sangat dibutuhkan, berbeda penerapan dalam berkomunikasi antara klien maupun dengan karyawan. Untuk itu diharapkan perusahaan lebih memperhatikan pelanggan yang harus dilakukan sebagai berikut :

a. Fokus pada kepentingan pelanggan.

Seperti contoh barang yang diberikan peningkatan pembersihan pesanan, penambahan karyawan dalam pengambilan pesanan, dan peningkatan pelayanan.

b. Memberikan bantuan bila sangat dibutuhkan.

Seperti contoh diberikan asuransi dalam pengiriman barang yang sangat penting ataupun bernilai lebih.

c. Memberikan perhatian yang lebih kepada pelanggan, dan menahan penawaran terkait penjualan yang ditawarkan.

Seperti contoh melayani dalam bentuk, video call jika ada sesuatu yang bersifat seperti meeting dapat digantikan dengan meeting virtual.

4. Memberikan Kepercayaan Terhadap Pemegang Saham

Dalam kondisi wabah seperti ini di pasar saham merupakan hal yang luar biasa terkait kerugian yang diterima setiap perusahaan, dengan adanya pelaporan keuangan informasi terbaru setiap bulannya untuk mengetahui setiap penghasilan yang diterima perusahaan.

Mungkin Anda sebagai pebisnis juga tertarik untuk membaca artikel ini Keringanan Kredit Untuk UMKM Dimasa Virus Corona, Apakah Benar?

Sehingga yang dilakukan pasar saham memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi dampak wabah virus yang menjadi kendala setiap kegiatan operasional perusahaan. Dalam menangani investor untuk memberikan kepercayaan yaitu sebagai berikut :

a. Bersikap secara terbuka tidak ada yang dirahasiakan dan dapat menyanggupi kewajiban hutang jangka pendek.

b. Menjelaskan setiap kendala atau masalah krisis perusahaan yang dialami untuk memperkuat investor dalam waktu yang cukup lama.

c. Melakukan komunikasi bisnis ditengah corona secara tepat dalam berbagai hal masalah yang diterima untuk melakukan kegiatan operasional perusahaan.

[elementor-template id="26379"]

5. Bersikap Proaktif untuk Tim

Dalam wabah yang dilalui oleh tim, banyak yang terjadi yang dapat terpengaruhi dalam kondisi yang diterima dari luar. Sebaiknya, untuk dapat hasil yang terbaik untuk menjaga tindakan yang berdampak negative bagi rekan atau tim lainnya.

Untuk meningkatkan hubungan yang baik dengan tim sebaiknya dilakukan sebagai berikut :

a. Bersikap lebih perduli dan berguna bagi tim untuk memberikan pembersih Hand-sanitaizer ataupun makanan yang sehat dan bergizi untuk rekan kerja lainnya.

b. Memberikan informasi yang diterima dari setiap media dalam memberikan saran untuk kenyamanan bagi rekan kerja dan meningkatkan penilaian untuk tim.

c. Menerima informasi dan pemikiran secara terbuka tentang yang terjadi didalam perusahaan dan tidak membocorkan informasi diluar perusahaan.

Ketika mendapati hasil dengan ketidakpastian dalam suatu bisnis ditengah krisis virus corona, para pebisnis perlu mengetahui bagaimana cara komunikasi menjadi efektif bagi suatu karyawan Anda.

Memberikan perhatian yang lebih kepada karyawan sangat dibutuhkan dari pada mengkhawatirkan suatu hal kesalahan yang tidak bisa diprediksi. Dalam kondisi seperti ini perusahaan mewajibkan untuk saling memberikan informasi untuk memberikan informasi sebanyak yang diketahui dalam berbagai hal seperti lebih waspada terhadap kesalahan dan tidak tergesa-gesa pada dampak yang dimiliki.

Maka dari itu Harmony hadir untuk membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda, mengelola pembukuan dan menyusun laporan keuangan Anda secara real-time, akurat dan tepat.

Tidak perlu ragu lagi, yuk kita saksikan bagaimana Harmony membantu ribuan pebisnis dalam rangka acara di Fintax Fair. Software akuntansi ini akan membantu Anda walaupun tidak memiliki background akuntansi dengan konsultasi dengan kami di live chat Harmony. Daftarkan sekarang juga Akun Anda, dan dapatkan software Harmony GRATIS 30 Hari disini.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram