Harmony Blog

Apa Itu Brand Ambassador dan Cara Memanfaatkannya Untuk Bisnis

Diupdate Mar 11th, 2021
3

SHARES

PEMBACA

brand ambassadorPin

Dalam bidang pemasaran, brand atau merek merupakan sesuatu yang sangat penting. Oleh karena itu, tidak sedikit perusahaan yang menggunakan brand ambassador dalam memasarkan produk mereka. Penggunaan brand ambassador cukup efektif untuk meningkatkan penjualan suatu produk. Lalu apa itu brand ambassador dan bagaimana cara memanfaatkannya untuk bisnis Anda? Simak penjelasannya berikut ini.

Brand ambassador bisa menjaga reputasi dan meningkatkan citra brand yang diwakilinya.

Pengertian Brand Ambassador

Brand ambassador artinya seorang duta merek atau individu yang dibayar dan diandalkan oleh perusahaan untuk menjadi ikon atas suatu produk. Definisi lainnya, brand ambassador artinya orang yang disewa oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk mewakili suatu merek secara positif dengan tujuan membantu meningkatkan branding dan penjualan produk tersebut.

Dari dua pengertian tersebut, bisa disimpulkan bahwa brand ambassador artinya adalah seseorang yang mempromosikan brand sebuah produk dengan tujuan meningkatkan brand awareness dan penjualan produk tersebut.

Seorang brand ambassador harus memiliki visi, mencintai dan menggunakan produk yang dipromosikannya karena citra brand tersebut melekat pada dirinya, termasuk dalam kehidupan sehari-harinya. Contoh brand ambassador di bidang bisnis kuliner yaitu sebuah restoran, harus memiliki visi bagaimana restoran tersebut bisa memiliki image yang baik dan dikenal oleh masyarakat serta memikirkan cara meningkatkan penjualan di restoran itu.

Baca juga : 9 Strategi Pemasaran Produk Makanan Yang Meledakan Omzet

Contoh brand ambassador produk kerajinan yang profesional, maka dia harus mengetahui strategi pemasaran produk kerajinan yang efektif. Dia juga harus memiliki visi bagaimana agar branding produk tersebut sukses yaitu dikenal oleh target market yang ditetapkan oleh perusahaan. Selain itu, brand ambassador tersebut harus menguasai tentang produk kerajinan mulai dari bahan, fungsi, dan harga serta cara meningkatkan penjualan produk kerajinan yang diwakilinya.

Tanggung Jawab Brand Ambassador

Seorang brand ambassador memiliki tanggung jawab terhadap produk yang dipercayakan kepadanya dan perusahaan yang memberikan pekerjaan tersebut. Tanggung jawab tersebut antara lain :

• Mengerti dan memahami visi dan misi perusahaan yang memberikan tugas kepadanya.

• Mewakili secara positif dalam berbagai bentuk terhadap brand yang dipegang.

• Meningkatkan brand awareness melalui word of mouth marketing.

• Mempromosikan brand yang dipegang melalui akun media sosial pribadinya.

• Bersama tim sales dan marketingmembuat strategi pemasaran, khususnya branding yang efektif.

• Terkadang dengan perjanjian tertentu, harus membantu pembuatan konten, seperti menulis artikel blog, mereview produk dan membuat video testimoni.

• Memberikan masukan dan saran kepada perusahaan tentang produk baru atau layanan yang dibutuhkan konsumen dan cara meningkatkan penjualan produk yang diwakili.

• Biasanya juga ikut berpartisipasi dalam event marketingyang diadakan perusahaan.

Hal Penting dalam Memilih Brand Ambassador

Sebuah perusahaan tidak boleh memilih brand ambassador secara sembarangan karena dia akan merepresentasikan produk perusahaan tersebut. Beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih brand ambassador adalah :

1. Harus Memiliki Passion

Seorang brand ambassador harus memiliki passion dalam merepresentasikan suatu produk. Karena citra merek produk yang diwakili sangat melekat kepadanya maka brand ambassador harus memiliki kecintaan dan kepercayaan yang kuat terhadap produk tersebut. Seorang brand ambassador wajib menggunakan produk yang dipromosikan agar menjadi contoh dan testimoni untuk calon konsumen.

2. Memiliki Profesionalisme

Selain passion, seorang brand ambassador juga harus profesional dalam menjalankan pekerjaannya. Dia juga harus menjaga image brand yang melekat padanya dengan menjaga sikap dan moralitas, termasuk di dalamnya menjauhi tindakan pidana atau melawan hukum. Profesionalisme brand ambassador juga diperlihatkan dengan mengetahui tentang penerapan strategi pemasaran STP yang tepat untuk produk yang dia wakili.

3. Memiliki Fleksibilitas

Seorang brand ambassador juga harus memiliki fleksibilitas dalam bekerja. Ketika ada event yang mengharuskan dia hadir di tempat tertentu dia harus berusaha datang, atau jika ada kegiatan yang mengharuskan terjun ke lapangan untuk mempromosikan produk maka juga harus bersedia. Serta fleksibilitas lainnya demi menunjang kesuksesan produk yang dipercayakan kepadanya.

4. Aktif Mempromosikan

Selain itu, jika Anda menggunakan brand ambassador maka pilihlah yang bisa aktif mempromosikan produk Anda. Brand ambassador tersebut harus mempromosikan di keluarga, teman dan media sosial pribadinya karena semakin sering mempromosikan maka brand awareness produk yang diwakili akan semakin meningkat.

Baca juga : 10 Cara Pemasaran Bisnis Ekspor Yang Dapat Anda Terapkan

Manfaat Brand Ambassador untuk Bisnis

Lalu, apa manfaat langsung pemakaian seorang brand ambassador untuk bisnis Anda? Manfaatnya antara lain :

1. Untuk Menjaga Reputasi Brand Anda

Brand ambassador mampu menjaga reputasi brand Anda dengan melakukan kegiatan branding yang positif. Bahkan brand yang sedang mendapat citra kurang baik, secara perlahan bisa menjadi baik kembali apabila dipromosikan dengan konsisten oleh brand ambassador yang memiliki image positif dan disukai masyarakat.

2. Mampu Meningkatkan Citra Brand Anda

Manfaat lain dari menggunakan brand ambassador adalah mampu meningkatkan citra brand Anda. Masyarakat dan pelanggan yang melihat bahwa Anda berinvestasi dalam mempromosikan produk melalui brand ambassador dapat meningkatkan kepercayaan terhadap produk tersebut. Brand ambassador yang selalu melakukan kegiatan branding dan promosi yang posifit akan membuat citra brand Anda semakin naik.

3. Untuk Mendekatkan Brand Anda pada Pelanggan

Seorang brand ambassador bisa mendekatkan brand Anda kepada para pelanggan. Tentu saja hal ini bisa dilakukan jika Anda memilih brand ambassador yang tepat, yaitu yang bisa mengkomunikasikan dengan baik produk Anda kepada para pelanggan. Contoh brand ambassador yang bisa mengkomunikasikan sebuah produk dengan baik misalnya dia menyampaikan filosofi dan aspek sosial budaya yang ada pada brand tersebut.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Memberikan Review Baik untuk Produk Anda

Selain itu, brand ambassador juga bermanfaat memberikan review baik untuk produk Anda. Hal ini akan membuat pelanggan semakin mempercayai produk tersebut dan berdampak pada peningkatan penjualan yang Anda harapkan.

Bagaimana, bermanfaat bukan pemakaian brand ambassador untuk sebuah produk? Pemakaian brand ambassador akan mempermudah Anda dalam menjalankan bisnis dan mengembangkannya. Selain itu, agar bisnis bisa berkembang dengan baik, Anda juga harus bisa mengelola keuangannya dengan optimal. Agar laporan keuangan usaha bisa dibuat dengan cepat dan mudah, sebaiknya Anda menggunakan software akuntansi dalam mengerjakannya.

Harmony adalah software akuntansi online yang mudah dan praktis digunakan. Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang akan mempermudah Anda dalam menjalankan usaha. Harmony sudah membantu ribuan pemilik bisnis dalam merapikan pembukuan dan laporan keuangan mereka. Jadi, tunggu apalagi? Coba gunakan GRATIS Harmony 30 hari dengan mendaftar di sini.

Bagaimana jika Anda adalah pebisnis yang sibuk sehingga tidak sempat membuat laporan keuangan? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan dengan harga terjangkau yang dikerjakan oleh profesional berpengalaman dalam bidang akuntansi

Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang akuntansi, keuangan, pajak, bisnis dan marketing di media sosial Harmony. Follow akun FacebookInstagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony