5 Tips Pembukuan Praktis Untuk Bisnis Kedai Kopi
Harmony Blog
Accounting
5 Tips Pembukuan Praktis Untuk Bisnis Kedai Kopi
September 22, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Dengan melakukan pembukuan kedai kopi, bisnis kedai kopi Anda tentu akan lebih mudah untuk dikelola. Bisnis ini semakin banyak disebabkan meningkatnya minat masyarakat dalam memulai bisnis kopi, serta banyaknya masyarakat yang ingin menikmati kopi bersama teman maupun keluarga.

Kini sebuah bisnis kopi sudah meluas dari berbagai lokasi, mulai dari warung, kedai kopi tradisional hingga kafe modern. Sehingga pebisnis yang memulai bisnis kopi bertujuan untuk meraih keuntungan dan tentu agar lebih rapi Anda perlu melakukan pembukuan kedai kopi.

Bagi para pebisnis yang melakukan pembukuan kedai kopi agar dapat membantu melihat kondisi keuangan, serta membuat keputusan hingga melakukan evaluasi

Sebuah bisnis kopi dapat memberikan peluang besar dan menjanjikan bagi bisnis Anda. Namun itu semua tergantung bagaimana cara Anda dalam mengatur keuangan serta pembukuan kedai kopi Anda.

Sebab salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh pebisnis yang baru ataupun yang sudah memulai bisnis kopi yaitu mengabaikan pembukuan akuntansi pada bisnisnya baik itu pembukuan kedai kopi, ataupun jenis bisnis lainnya.

Baca Juga : 5 Tips Pembukuan dan Contoh Laporan Keuangan Usaha Kue

Mengapa Kedai Kopi Menguntungkan?

Berikut di bawah ini beberapa alasan mengapa membangun sebuah bisnis kedai kopi menjadi pilihan bisnis yang menguntungkan :

1. Tidak Memerlukan Modal Besar

Mungkin Anda sering merasa bisnis kopi harus mengeluarkan modal buka usaha kopi yang besar, namun tidak sepenuhnya benar. Jika ingin membuka sebuah kedai kopi bisa berawal dari modal kecil untuk menjalankannya.

Anda bisa menyesuaikan seluruh menu yang ada untuk mempermudah klasifikasi pembukuan kedai kopi Anda. Mulai dari cemilan atau makanan ringan sampai dengan minuman yang terjangkau.

2. Dapat Dijangkau Semua Kalangan

Ketika Anda masuk dalam sebuah restoran yang bagus, terkadang hanyalah orang tertentu yang dapat hadir. Dikarenakan harga menu yang diberikan terlalu mahal.

Namun beda dengan sebuah bisnis kedai kopi, kalangan apa saja dapat duduk dan menikmati kopi, baik dari kalangan orang tua, remaja bahkan kalangan dewasa lainnya.

Sebab hal inilah yang menjadikan bisnis kedai kopi memiliki profit tinggi dan sangat besar. Apalagi jika Anda pandai dalam menetapkan desain ruangan, bahkan memberikan fasilitas free wifi, dan fasilitas lainnya.

3. Harga Menu Bervariasi

Tentu harga menu di kedai kopi tergolong sangat terjangkau dan bisa dikatakan murah meriah. Inilah yang menjadi daya tarik bagi penikmat kopi.

Tentu pebisnis juga perlu menghitung pembukuan kedai kopi serta  keuntungan yang diperoleh dengan baik, bahkan sampai mengelola keuntungan tersebut hingga menjadi modal untuk periode sebelumnya.

Melalui pembukuan kedai kopi Anda dapat melakukan evaluasi secara keseluruhan. Untuk itu solusi Anda yang sedang melakukan pembukuan rapi, yaitu dengan menggunakan teknologi software akuntansi atau manfaatkan layanan profesional seperti jasa pembukuan.

Membantu Anda mendapatkan laporan keuangan kedai kopi secara realtime, buat invoice, mengurus unsur-unsur perhitungan pajak, serta payroll.

5 Tips Pembukuan Praktis Untuk Bisnis Kedai Kopi

Berikut ini beberapa tips pembukuan praktis yang dapat Anda terapkan dalam bisnis kedai kopi :

1. Buat Catatan Uang Belanja

Fungsi akuntansi keuangan menjadi hal paling penting dalam administrasi bisnis kedai kopi Anda. Baik yang Anda jalankan berbentuk kecil maupun besar, Anda harus tetap memiliki contoh laporan keuangan warung kopi yang tepat bagi bisnis Anda.

Hal ini akan membantu Anda untuk bisa melihat kemana saja aliran dana biaya operasional kedai kopi serta keuntungan dan penjualan kedai yang telah Anda digunakan.

Apabila Anda mencatat semua pengeluaran kas, Anda akan mengetahui berapa jumlah modal buka usaha kopi yang telah Anda keluarkan. Sehingga akan lebih mudah untuk menetapkan target dan rencana kapan modal buka usaha kopi tersebut harus kembali modal.

2. Catat Penjualan Harian Kedai Kopi

Tentu setiap penjualan yang terjadi di kedai kopi Anda, haruslah di catat dengan baik. Buku kas pemasukan nantinya akan Anda gunakan untuk mencatat semua transaksi yang berhubungan dengan pemasukan bisnis kedai kopi Anda.

Anda dapat memasukkan segala jumlah penjualan yang berhasil didapatkan per hari maupun piutang yang telah dibayarkan.

Namun ketika pada saat Anda melakukan sebuah pencatatan transaksi pemasukan, Anda harus melakukannya secara kontinyu setiap hari untuk mempermudah Anda dalam melakukan pembukuan kedai kopi setiap bulanannya.

3. Buatlah Pencatatan Inventaris & Stok Barang

Penting bagi Anda dalam membuat buku inventaris barang untuk mencatat semua barang-barang perusahaan yang telah Anda beli.

Apa pun jenis barang yang Anda miliki, baik dibeli melalui anggaran belanja maupun sumbangan harus masuk dalam catatan buku untuk mengelola inventaris barang. Dengan Anda memiliki catatan inventaris barang, maka setiap aset perusahaan Anda akan berjalan dengan baik dan tetap terkendali.

Dengan mengetahui pencatatan stock tersebut pada jumlah barang masuk dan keluar, bertujuan untuk menghindari terjadinya kesalahan atau kecurangan perhitungan pada supplier dan pegawai.

4. Membuat Anggaran Pembukuan Arus Kas

Sebagai pebisnis kedai kopi, tentunya Anda harus membuat pembukuan kedai kopi agar dapat menentukan anggaran uang masuk dan uang keluar. Hal ini berguna untuk mengetahui kapan uang masuk dan seberapa besar jumlahnya, serta mengetahui berapa besar biaya uang keluar.

5. Membuat Pembukuan Laba Rugi

Setelah Anda melakukan pembukuan di atas, pembukuan yang terakhir ialah dengan membuat pembukuan laba rugi yang digunakan sebagai alat untuk menganalisis laporan keuangan kedai kopi dan mencatat semua pendapatan dan beban perusahaan selama periode tertentu.

Setelah melakukan pencatatan tersebut Anda bisa mengetahui apakah perusahaan sedang dalam kondisi memiliki profit (laba) atau justru rugi.

Jika Anda baru saja memulai bisnis kopi buatlah contoh laporan keuangan warung kopi, terutama pada laporan laba rugi yang rapi namun tetap mudah untuk dipahami. Karena jika tidak dilakukan justru akan menyusahkan Anda di kemudian hari untuk membaca dan menganalisanya.

Baca Juga : Ingin Cara Praktis Rekonsiliasi Bank? Pelajari Contoh Soal Berikut Ini!

custom-form-newsletter

Contoh Pembukuan Warung Kopi

Dengan menyajikan contoh pembukuan warung kopi dapat diketahui yaitu sebagai berikut :

Ibu Cahaya memiliki tempat usaha warung kopi, namun Anda hanya memiliki modal senilai Rp 20.000.000 untu peralatan serta perlengkapan. Maka cara praktis untuk memiliki besaran modal yang Anda inginkan yaitu :

a. Perhitungan Contoh Pembukuan Manual Warung Kopi Utama

pembukuan kedai kopi manual 1

b. Perhitungan Tambahan Bahan Pendukung Lainnya :

pembukuan kedai kopi manual 2

Menjalankan usaha warung kopi Anda juga diperlukan menghitung biaya tetap seperti pembayaran listrik. Sehingga biaya tetap ini dibebankan menjadi sebesar Rp 1.200.000 maka total biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 19.620.000.

Untuk itu, hanya bermodalkan Rp 20.000.000 maka Anda dapat memiliki sisa modal sebesar Rp 380.000 yang bisa Anda manfaatkan.

Adanya contoh laporan keuangan warung kopi terutama seperti laporan laba rugi, sangat berguna bagi perusahaan supaya dapat mengetahui keputusan dan kinerja perusahaan sehingga dapat melihat berapa banyak kerugian atau laba yang diperoleh.

Selain itu Anda yang masih menggunakan pembukuan kedai kopi secara manual, akan memiliki resiko yang mengakibatkan pembukuan manual Anda bisa dilihat oleh semua orang termasuk juga pegawai Anda.

Dikarenakan hal itu, pegawai bisa melihat semua aktivitas keuangan yang merupakan hal fatal bagi sang pemilik kedai kopi. Cara terbaik untuk mengatasi hal itu adalah dengan menggunakan sotware  accounting Harmony.

Harmony adalah aplikasi akuntansi, yang penggunanya tidak dibatasi jumlahnya yang menggunakan namun kami memberikan kewenangan sesuai jabatan mulai dari owner, finance, sales dan sebagainya.

Dengan pembagian tersebut, otomatis setiap pegawai hanya bisa melihat akun sesuai dengan posisi mereka saja sehingga dokumen-dokumen vital dari sang pemilik tidak akan bisa dibuka oleh pegawai lainnya.

Selain itu Harmony juga memiliki pengiriman tagihan kepada pelanggan, pencatatan stok otomatis, berbagai laporan keuangan serta fitur yang lengkap dan harga terjangkau untuk para UMKM, nikmati Harmony secara Gratis 30 Hari di sini.

Untuk mengetahui Harmony lebih lanjut dan mengetahui update mengenai seputar akunting, bisnis, keuangan, pemasaran dan pajak, silahkan kunjungi sosial media kami seperti Facebook, Instagram, dan Linked In Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/