Inilah Pentingnya Mengelola Inventaris Bagi Sebuah Perusahaan
Harmony Blog
Accounting
Inilah Pentingnya Mengelola Inventaris Bagi Sebuah Perusahaan
July 14, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Mungkin untuk sebagian orang memahami akuntansi merupakan suatu hal yang sulit, Anda bisa memahami akuntansi dengan mudah menyenangkan dengan memulai cara mengelola inventaris kantor anda sendiri. Karena hal tersebut sangat berkaitan dengan profit perusahaan. Kendalanya perusahaan jika mengalami “inventory oversupply” berarti adanya kesalahan dari mengelola inventaris, sehingga banyak barang yang kadaluarsa, rusak dan berkarat.

Pentingnya mengelola inventaris bagi sebuah perusahaan, karena pengelolaan inventaris yang baik akan mempengaruhi kondisi financial perusahaan.

Kondisi tersebut sering disebut juga dengan istilah “dead stock”, dimana kondisi barang dalam gudang penyimpanan sudah tidak bisa digunakan atau tidak laku sehingga terjadinya penumpukan barang yang tidak beraturan. Hal tersebut mempengaruhi kondisi financial perusahaan bahkan bisa mengalami kebangkrutan.

Kali ini akan dibahas mengenai pentingnya mengelola inventaris bagi sebuah perusahaan. Simak terus artikel ini.

Pengertian Inventaris

Adapun beberapa pengertian inventaris menurut para narasumber terpercaya, diantaranya sebagai berikut:

Menurut Wikipedia.org, pengertian inventaris adalah Inventaris ( Bahasa Inggris Amerika ) atau saham ( Bahasa Inggris Britania ) adalah barang dan bahan yang dimiliki bisnis untuk tujuan akhir penjualan kembali atau perbaikan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pengertian inventaris adalah daftar yang memuat semua barang milik kantor (sekolah, perusahaan, kapal, dan sebagainya) yang dipakai dalam melaksanakan tugas.

Menurut Soemarsono S.R (1994:15), pengertian inventaris adalah daftar barang-barang yang digunakan di perusahaan atau di kantor yang menyertakan barga, jumlah, jenis dan keadaannya.

Menurut Muhammad Ali (2000:78), pengertian inventaris adalah daftar yang memuat semua barang perusahan dan sebagainya yang dipakai dalam melaksanakan tugas. Daftar yang dimaksud ialah berupa cacatan tentang semua alat dan bahan yang disediakan untuk dipergunakan dalam pengolahan usaha yang dijalankan maupun sebagai peralatan operasional perusahan.

Menurut ilmu pengetahuan dan teknologi, pengertian inventaris kantor dalam akuntansi adalah semua kegiatan dan usaha untuk memperoleh data yang diperlukan tentang ketersediaan barang-barang yang dimiliki dan diurus, baik yang diadakan melalui pembelian menggunakan anggaran belanja, maupun sumbangan atau hibah untuk diadministrasikan sebagaimana mestinya menurut ketentuan dan cara yang telah ditetapkan di masing-masing instansi.

Dari kelima pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa inventaris adalah daftar yang memuat sumber daya yang penting dalam keberlangsungan hidup perusahaan, kerapihan dalam mengelola inventaris dan arus persediaan barang akan menjadikan kunci kesuksesan perusaan untuk mendapatkan laba yang maksimal.

Mengelola inventaris dengan rapi dan benar akan mempermudah membantu menganalisa laporan keuangan perusahaan. Karena Anda tahu dalam laporan keuangan membutuhkan data yang akurat dan valid.

Kesalahan dalam menghitung atau mengelola inventaris kantor juga dapat menyebabkan laporan keuangan menjadi kacau, mungkin Anda bayangkan bagaimana jika kesalahan memasukan kode barang atau nama barang sehingga terjadi kesalahan dalam jumlah persedian barang. Hal tersebut dapat menyebabkan neraca saldo yang tidak seimbang dan Anda harus mengecek dari awal jumlah persediaan barang digudang.

custom-form-newsletter


Pentingnya Mengelola Inventaris

Dari beberapa keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa pentingnya mengelola inventaris kantor dengan baik dan bener karena hal tersebut dalam mempengaruhi profit perusahaan, adapun alasan pentingnya diantaranya sebagai berikut:

1.Mengurangi Penyusutan Inventaris

Mengenal istilah penyusutan dalam akuntansi berarti adanya berkurang nilai perolehan suatu barang atau lebih tepatnya berkurangnya nilai jual suatu barang ketika akan dijual kembali. Biasanya penyusutan ini melekat pada aset perusahaan khususnya aset tetap seperti kendaraan akan berkurang nilai jual kendaraan tersebut setelah dipakai dalam periode tertentu.

Sedangkan penyusutan inventaris adalah berkurangnya jumlah persediaan barang yang terjadi biasanya kesalahan manusia pada periode tertentu. Pengurangan tersebut seperti adanya pencurian, alur mengelola inventaris yang salah dan kesalahan dalam pencatatan. Penyusutan tersebut biasanya di akumulasikan dan tercantum laporan keuangan pada akun aktiva.

Adapun contoh format daftar inventaris barang kantor biasanya berupa tabel peralatan-peralatan kantor seperti ATK (alat tulis kantor) dan peralatan penunjang aktivitas kantor. Dalam membuat contoh daftar inventaris peralatan kantor haruslah dibuat menjadi dua rangkap sehingga dapat menghindari resiko kehilangan data dikemudian hari.

2.Mempermudah Dalam Akses Tata Letak

Mungkin anda bisa bayangkan jika perusahaan Anda memiliki tempat persedian barang berupa gudang sebesar lapangan sepak bola. Jika mengelola inventaris dengan manual akan membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Ditambah lagi jumlah persedian barang anda memiliki ribuan item jenisnya.

Justru dengan mengelola inventaris Anda akan dipermudah mengawasi ribuan item jenis barang tersebut dengan memanfaatkan tata letak barang dan produk yang berbeda. Perkembangan era digital ini anda bisa menggunakan sistem barcode dalam setiap barang tata letak persedian barang Anda.

Selain itu fungsi tata letak barang Anda akan mempermudah dalam proses stock opname pada akhir bulan sehingga penempatan tata letak berdasarkan kategori masing-masing. Dan mengurangi resiko barang yang rusak, kadaluarsa, tidak layak jual, tidak layak pakai dan masih banyak lagi kegunaan dari tersusun rapi tata letak persediaan barang.

3.Meningkatkan Layanan Konsumen

Merupakan salah satu unsur betapa pentingnya mengelola inventaris dengan baik adalah meningkatkan layanan konsumen dengan tersedianya stock persediaan barang tersebut. Keputusan membeli konsumen akan dipengaruhi dari tersedianya barang karena konsumen akan lebih memilih membeli dari pesaing yang persediaan barangnya ada dan siap dikirim.

Konsumen pun akan loyal dan bisa membayar lebih mahal pada perusahaan Anda jika kebutuhannya terpenuhi dengan cepat. Dengan layanan konsumen membaik membuat konsumen bisa merekomendasikan kepada partner bisnisnya untuk juga membeli dan menggunakan produk pada perusahaan Anda.

4.Mengukur Kinerja Pengelolaan Inventaris

Dibutuhkan kinerja pengelolaan inventaris atau Key Performance Indicator (KPI) dapat meningkatkan etos kerja dan suasan kerja menjadi kondusif. Peningkatan semangat kerja pada setiap karyawan membuat Anda lebih mudah dalam mengendalikan atau mengawasi inventaris perusahaan Anda.

KPI tersebut akan menunjukan seberapa baik perusahaan Anda dalam mengelola inventaris dan dapat mempermudah dalam penerapan fungsi akuntansi yaitu mengukur tolak ukur kemampuan suatu perusahaan. Setalah KPI pengelolaan inventaris dapat dijadikan bahan evaluasi perusahaan di masa yang akan datang.

5.Gunakan Teknologi

Dalam perkembangan era digital saat ini sudah banyak aplikasi pendukung membuat pembukuan lebih rapi. Hal tersebut dapat membantu pula dalam mengelola inventaris perusahaan, pengelolaan inventaris yang baik akan mempengaruhi profit dan keuntungan perusahaan.

Dalam menghitung profit pastinya anda memerlukan laporan keuangan yang akurat dan valid, maka dari itu anda bisa menggunakan alat bantu seperti software akuntansi.

Software akuntansi ini dapat membantu segala keperluan keuangan bisnis dalam satu sistem aplikasi keuangan bisnis bernama “Harmony Smart Accounting Solution” yang mana menyediakan 20 lebih jenis laporan keuangan secara real-time yang bisa membantu dalam menganalisa, memeriksa dan mengembangkan bisnis.

Harmony merupakan software akuntansi praktis dan mudah, yang merupakan pilihan utama bagi ribuan pemilik bisnis yang ingin memiliki laporan keuangan lengkap walau tanpa memiliki background sebagai keuangan atau akuntan. Coba GRATIS selama 30 hari Software Harmony disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/