Fungsi Akuntansi Paling Penting yang Harus Anda Tahu
Harmony Blog
Accounting
Fungsi Akuntansi Paling Penting yang Harus Anda Tahu
May 27, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Pada hakikatnya, Akuntansi merupakan sebuah proses yang meliputi pencatat, penggolongan, pengolahan, penyajian data, transaksi, dan segala kejadian yang terkait dengan keuangan sehingga hasilnya dapat digunakan oleh semua pihak yang membutuhkan. Dalam hal ini, fungsi akuntansi merujuk pada serangkaian cara mengumpulkan data untuk pengambilan suatu keputusan terkait aktivitas perusahaan. 

Objek dalam manajemen akuntansi bisa berupa transaksi keuangan suatu perusahaan yang ditindaklanjuti dengan pencatatan, penggolongan, dan peringkasan transaksi keuangan. Proses kegiatan akuntansi yang dikelola dalam jurnal akuntansi akan selesai pada akhir periode tertentu setelah penyusunan laporan keuangan selesai. 

Akuntansi bisa diartikan pula sebagai sebuah seni dalam mencatat transaksi keuangan karena tidak ada standar baku yang diterapkan dalam proses pencatatan dan pengelolaanya.

Akuntansi harus tetap memenuhi prinsip-prinsip akuntansi agar memberikan fungsi yang lebih maksimal.

Berikut ini, akan diberikan beberapa informasi mengenai fungsi akuntansi yang paling penting.

Fungsi Akuntansi Sebagai Tolak Ukur Perusahaan

Fungsi akuntansi sebagai tolak ukur perusahaan berarti bahwa setiap transaksi perusahaan yang dicatat dan dilaporkan secara akuntansi harus baik dan benar. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa perusahaan tergolong perusahaan yang baik dan sehat. Namun, Jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka perusahaan dalam keadaan sedang tidak sehat. Akuntansi menjadi tolak ukur kondisi perusahaan karena penyusunan laporan yang sesuai standar ilmu akuntansi dapat digunakan untuk melihat keadaan perusahaan.

Fungsi Akuntansi Sebagai Sistem Informasi

Fungsi akuntansi sebagai sistem informasi merujuk pada laporan keuangan yang harus memberi manfaat bagi para pengambil keputusan mengenai kondisi perusahaan saat itu. Artinya, akuntansi dibutuhkan untuk menyusun informasi keuangan yang lebih akurat dan terpercaya. Sistem informasi sangat berguna sebagai alat untuk mengumpulkan data tentang transaksi dan kegiatan bisnis perusahaan.

Perhitungan dalam Pembayaran Pajak

Pajak perusahaan wajib dibayarkan agar perusahaan tidak ditutup izin usahanya oleh pemerintah. Untuk menghitung besaran pajak perusahaan diperlukan data untuk menyusun laporan keuangan yang menjadi dasar perhitungan pajak berdasarkan laba tahunan pada akhir tahun. 

Penetapan Aktivitas Perusahaan

Laporan keuangan yang sudah selesai dan tersusun dengan baik akan memuat posisi harta, kewajiban, dan modal perusahaan. Semua data tersebut harus dibuat sesuai standar SOP Akuntansi yang benar dan akurat. Dengan demikian, laporan akuntansi dapat menjelaskan kondisi keuangan perusahaan dengan benar. 

Fungsi akuntansi sebagai penetapan aktivitas perusahaan berpegang teguh dengan laporan keuangan agar perusahaan bisa mengalokasikan sumber dana untuk keperluan membayar utang jangka pendek dan jangka panjang serta kebutuhan lainnya. 

custom-form-newsletter

Menghitung Laba atau Rugi Perusahaan

Perusahaan membutuhkan cabang ilmu akuntansi yang sesuai dengan peraturan agar kondisi keuangan bisa terlacak dengan baik terutama, khususnya dari segi pembukuan. Ilmu akuntansi akan memudahkan pembukuan dan pencatatan semua transaksi keuangan. 

Fungsi akuntansi bagi perusahaan bisa untuk mengukur pencapaian keuntungan yang sudah ditargetkan setiap tahun. Dengan demikian, akuntansi dibutuhkan untuk mencatat semua transaksi keuangan dan kegiatan yang telah dilakukan oleh perusahaan. Perusahaan akan segera mengetahui ketercapaian targetnya dengan jelas. 

Sebagai Pengendalian Investor

Fungsi akuntansi sebagai pengendali investor dapat diketahui dari semua pencatatan transaksi keuangan. Dari laporan keuangan tersebut bisa akan diketahui kondisi modal perusahaan. Jika perusahaan ingin menambah kapasitas produksi, menambah cabang perusahaan, atau kegiatan lain yang membutuhkan tambahan modal, maka laporan keuangan yang komprehensif akan sangat dibutuhkan. Tambahan modal tidak selalu dari bank, tetapi bisa juga dari investor. Untuk menarik minat investor menanamkan modal, maka laporan keuangan harus baik dan benar sehingga investor mudah untuk melihat kondisi perusahaan.

Sebagai pebisnis atau pemilik usaha, penting bagi Anda untuk memiliki pencatatan laporan keuangan yang rapi sehingga Anda dapat menikmati keuntungan karena fungsi akuntansi perusahaan berjalan dengan baik.

Harmony adalah software akuntansi yang praktis dan mudah digunakan sehingga Anda dapat membuat laporan keuangan secara real time. Anda dapat memantau berbagai laporan keuangan perusahaan maupun bisnis Anda dengan mudah meskipun tidak memiliki latar belakang sebagai seorang akuntan. Anda akan mendapatkan video tutorial secara online, lifetime customer support, dan Free Trial 30 Hari Software Harmony dengan mendaftar sekarang juga disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/