Harmony Blog

5 Jenis Jurnal Akuntansi yang Harus Anda Ketahui

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

5 Jenis Jurnal Akuntansi yang Harus Anda ketahuiPin

Ketika membahas tentang akuntansi, maka ini tidak akan lepas dari jurnal. Kegiatan yang satu ini memang menjadi bagian penting dalam suatu siklus akuntansi. Kali ini kita akan mengulas mengenai jenis-jenis jurnal dalam akuntansi. Namun, sebelum masuk dalam pembahasan jenis jurnal akuntansi, Anda harus memahami apa sih jurnal itu.

Jurnal merupakan formulir yang digunakan untuk mencatat setiap transaksi secara sistematis dan rinci. Jadi setiap transaksi yang dilakukan oleh perusahaan akan dicatat sesuai urutan tanggal dan jumlahnya pun harus benar. Jurnal sendiri memiliki beberapa fungsi yaitu pencatatan, historis, analisis, instruktif, dan informatif.

Jenis-Jenis Jurnal Akuntansi

Dalam akuntansi sendiri kita mengenal ada cukup banyak jurnal. Setiap jurnal tentunya memiliki fungsi dan pengertian yang berbeda. Sebelum membuat jurnal, pastikan Anda sudah paham tentang tabel saldo normal dari akun perkiraan berikut ini:

Jenis jurnal akuntansi - harmonyPin

Apa saja jenis jurnal akuntansi yang harus Anda pahami?

1. Jurnal Umum

Jurnal akuntansi yang pertama adalah jurnal umum. Dalam perusahaan jasa, jurnal umum dibuat untuk mencatat segala jenis transaksi keuangan secara sistematis. Contoh transaksi yang bisa dicatat dalam jurnal umum adalah

“Tanggal 1 Jan 2020, Toko A membeli perlengkapan sebesar Rp. 200.000 secara kredit”

Maka pencatatannya sebagai berikut: akun ikhtisar laba rugi seperti contoh berikut ini:

Jenis jurnal akuntansi 2 - harmonyPin

2. Jurnal Khusus

Jenis jurnal kedua ini merupakan jurnal yang dikelompokkan sesuai dengan jenis transaksinya. Jurnal khusus dibagi menjadi:

a. Jurnal Pembelian, digunakan untuk mencatat transaksi pembelian kredit

b. Jurnal Penjualan, digunakan untuk mencatat transaksi penjualan kredit

c. Jurnal Penerimaan Kas, digunakan untuk mencatat semua transaksi penerimaan kas seperti penjualan tunai, penerimaan bunga dan lain sebagainya.

d. Jurnal Pengeluaran Kas, digunakan untuk mencatat semua transaksi pengeluaran kas seperti pembelian tunai, pembayaran gaji karyawan, dan lain sebagainya.

3. Jurnal Penyesuaian

Jurnal penyesuaian dibuat di setiap akhir periode untuk mencatat transaksi yang terlewat , salah catat atau belum dicatat, hingga untuk mencatat transaksi yang perlu disesuaikan.

4. Jurnal Penutup

Jurnal penutup dibuat untuk menormalkan atau memindahkan saldo akun perkiraan sementara. Tidak semua akun bisa ditutup karena hanya ada 4 akun yang dicatat dalam jurnal penutup yaitu akun pendapatan, akun beban, akun prive dan ikhtisar laba rugi.

5. Jurnal Pembalik

Jurnal ini dibuat untuk mempermudah pencatatan transaksi di awal periode. Beberapa akun prkiraan yang harus dicatat dalam jurnal pembali adalah beban dibayar di muka yang dicatat sebagai beban, pendapatan diterima di muka yang dicatat sebagai pendapatan, beban yang masih harus dibayar dan pendapatan yang masih harus diterima. Pembuatan jurnal akuntansi akan lebih mudah jika menggunakan software akuntansi online.

Penggunaan software ini akan menghemat waktu, biaya dan tenaga karena sistem yang akan membantu Anda menyelesaikan proses siklus akuntansi. Harmony merupakan salah satu software akuntansi yang reliable di Indonesia. Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur dan sistem canggihnya untuk membuat jurnal, laporan keuangan hingga menghitung pajak. Semua langkah dalam siklus akuntansi menjadi lebih mudah dilakukan dengan software akuntansi Harmony. Anda ingin mencoba melihat bagaimana kinerja software ini di perusahaan Anda? Yuk coba Gratis 30 Hari di sini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony