Harmony Blog

Cara Mudah Menangani Neraca Saldo yang Tidak Seimbang

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

neraca saldo tidak seimbangPin

Neraca saldo Tidak Seimbang, Laporan Keuangan Menjadi Kacau

Kesalahan terjadi bisa kapan saja dan dimana saja, termasuk dalam dunia akuntansi khususnya laporan keuangan. Kesalahan itu bisa terjadi pada kesalahan memasukkan angka pada neraca yang menyebabkan nominal saldo kredit dan saldo debit tidak seimbang.

Neraca saldo tidak seimbang tersebut mengharuskan seorang akuntan harus pengecekan lebih detail lagi hingga menemukan kesalahannya. Untuk membuat neraca saldo yang benar tentunya membutuhkan penjelasan lengkap serta contoh praktis dalam neraca saldo tersebut.

Namun perlu diketahui bahwa terdapat beberapa penyebab yang mengakibatkan neraca saldo tidak seimbang. Untuk mengetahui penyebabnya, dan cara-cara khusus untuk menghindari neraca saldo tidak seimbang tersebut, saat ini Anda dapat menyimak pembahasan detailnya lebih lanjut.

Neraca saldo tidak seimbang dapat diperbaiki apabila sudah terjadi, namun mencegah lebih baik daripada mengobatinya.

Penyebab Neraca Saldo Tidak Seimbang

Penyebab yang mengakibatkan neraca saldo tidak seimbang terdapat pada beberapa hal, yaitu :

1. Salah dalam Pencatatan Jurnal

Kesalahan yang pada dasarnya biasa terjadi pertama ialah terjadi kesalahan dalam pencatatan pada saat menjurnal. Sebagai contoh saat menjual mesin yang telah digunakan selama 3 tahun lamanya.

Anda hanya perlu menjurnal kas yang diterima uang masuk pada mesin saja tanpa mempertimbangkan suatu akumulasi beban dari laba ataupun rugi atas mesin yang Anda jual. Tentunya hal ini akan berpengaruh pada neraca keuangan Anda. Bisa juga bahwa Anda lupa menjurnalkan pencatatan transaksi tertentu seperti penerimaan kas atas piutang usaha.

2. Saldo awal sudah tidak seimbang

Ketidakseimbangan sebuah neraca saldo itu ditentukan oleh saldo awal karena saldo awal merupakan unsur penting dalam perhitungan keseimbangan di neraca saldo, maka dari itu dalam pembuatan neraca saldo tersebut haruslah dengan teliti karena jika dari awal saja sudah salah dalam pembuatannya maka akan salah pula juga hasilnya.

Untuk meminimalisir kesalahan tersebut maka dibutuhkan pengecekan terlebih dahulu. Cara sederhana untuk mengecek neraca saldo adalah dengan menjumlahkan seluruh asset lalu membandingkannya dengan jumlah kewajiban ditambahkan modal. Kalau jumlahnya sama, brarti saldo awal Anda tidak bermasalah dan Anda dapat melanjutkannya Kembali.

3. Salah Mendebit Kreditkan Akun

Neraca tidak bisa seimbang mungkin karena Anda salah dalam mendebit kreditkan akun. Kesalahan pada suatu pencatatan bisa saja Anda keliru memasukan pencatatan yang seharusnya mendebitkan pembayaran pajak dibayar dimuka namun Anda malah mengkreditkannya.

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

4. Kesalahan dalam Penjumlahan

Kesalahan penjumlahan biasanya terjadi dalam menjumlahkan saldo yang seharusnya memang umum dan rutin terjadi apalagi dengan jumlah transaksi hingga ratusan bahkan ribuan dalam sehari. Hal itu bisa saja terjadi kesalahan pada neraca Anda dengan hasil yang tak seimbang karena kesalahan dalam memperhitungkan saldo perkiraan.

Untuk itu diharapkan lebih berhati-hati jika Anda terbiasa menggunakan excel bisa saja Anda melewatkan satu cell untuk dijumlahkan. Dan juga Anda bisa saja lupa untuk mengurangi akumulasi untuk memperoleh asset tetap bersih.

5. Salah dalam Pengklasifikasian Akun

Ini adalah kesalahan umum terakhir. Pengklasifikasian akun Ini juga bisa terjadi yang mengakibatkan tidak seimbangnya neraca saldo Anda. Sebagai contoh, misalnya Anda seharusnya menginput kas pada bagian aset, akan tetapi Anda salah meletakkan pada kolom kewajiban.

Langkah-Langkah Memperbaiki Neraca Saldo Tidak Seimbang

Setelah mengetahui penjelasan mengapa hal-hal penyebabnya, bahkan Anda sudah bisa mengklasifikasinya, dan apabila sudah terjadi tidak seimbangya neraca saldo, sebaiknya Anda dapat memperbaikinya, dan berikut ini adalah Langkah-langkah memperbaiki apabila neraca saldo tidak seimbang, seperti :

1. Jika terdapat kesalahan dalam jumlah satuan Rp18.000,00, Rp108.000,00 atau Rp1.880.000, maka harus menghitung lagi sisi debit dan kredit dari neraca saldo dan menjumlahkan kembali saldo dari perkiraan.

2. Sebelum menuliskan ke dalam kolom debit kredit, Anda disarankan untuk mengetahui pengertian dan perbedaan debit dan kredit agar terhindari dari kesalahan. Jika kesalahannya terjadi pada salah menuliskan kolom debit atau kredit, maka selisih antara debit dan kredit tersebut dapat dibagi dua, lakukan pengecekan neraca saldo untuk mengetahui apakah terdapat transaksi dengan jumlah yang sama dengan setengah dari selisih.

3. Jika selisih tersebut dapat dibagi sembilan, lakukan pemeriksaan pada saldo perkiraan pada neraca saldo apakah ada saldo yang salah tulis dari saldo buku besar, kesalahan yang umum terjadi  dalam penulisan jumlah. Misalnya jumlah Rp. 215.000, ditulis Rp. 251.000.

4. Apabila selisih tidak dapat dibagi dua atau sembilan sama sekali,Anda bisa periksa saldo pada neraca saldo dengan semua saldo pada buku besar.

Cara Menghindari Neraca Saldo Tidak Seimbang

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal ini juga berlaku pada neraca saldo tidak seimbang. Sebaiknya Anda harus mencegah agar neraca saldo tetap seimbang dan rapi, daripada harus memperbaiki neraca saldo yang sudah tidak seimbang, karena akan jauh lebih sulit. Dan berikut ini adalah Langkah-langkah pencegahan agar dapat menghindari neraca saldo tidak seimbang, seperti :

1. Tidak menyepelekan dan lebih teliti pada bagian yang mempengaruhi transaksi seperti pendapatan, aktiva, modal, utang, dan biaya.

2. Lebih cermat dan menganalisis terhadap bagian-bagian yang berhubungan, apakah transaksi itu bisa menambah atau mengurangi bagian tersebut.

3. Menganalisis bagian debit kredit. Dimana terjadi ada 2 (dua) bagian yang harus dimasukkan kebagian kolom debit dan kredit.

4. Membandingkan angka yang sudah diposting dengan angka pada rekening, bon, bukti pembayaran, dan sejenisnya.

5. Melihat ulang kesamaan antar bagian baik debit maupun kredit dengan semua catatan yang ada pada jurnal.

6. Mencatat secara urut berdasarkan nomer rekening.

7. Mencatat tanggal transaksi secara urut pula agar runtut.

8. Mengecek dan memperhatikan penulisan angka terutama tanda titik dan koma.

Neraca saldo yang tidak seimbang juga dapat dihindari dengan teliti lebih awal dalam pembuatan laporan keuangan dan rajin dalam melakukan pengecekan setiap meng-input data-data cashflow yang terjadi.

Namun hal-hal tersebut akan sedikit rumit dalam menjalankannya mengingat Anda harus meluangkan waktu yang lebih banyak lagi. Tetapi apabila Anda tidak memiliki cukup banyak waktu dalam menjalankan hal tersebut, kini ada solusi lain yang dapat membantu Anda dalam pelaporan keuangan yang rapi dan seimbang.

Dengan sistem yang memiliki teknologi berbasis cloud yang terintegrasi dengan perbankan, Harmony Smart Accounting Solution siap menjadi solusi Anda untuk menghindari neraca saldo yang tidak seimbang tersebut. Daftarkan diri Anda disini dan dapatkan 30 Hari GRATIS penggunaannya, dan nikmati kemudahan pembuatan laporan keuangan dalam satu aplikasi.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony