5 Tips Pembukuan dan Contoh Laporan Keuangan Usaha Kue
Harmony Blog
Accounting
5 Tips Pembukuan dan Contoh Laporan Keuangan Usaha Kue
August 12, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Akuntansi Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Tentu sebagai pengusaha kue, Anda perlu mendapatkan contoh laporan keuangan usaha kue dan membuat pembukuan toko kue yang tepat sekaligus belajar akuntansi yang mudah untuk membuatnya.

Melalui contoh laporan keuangan usaha kue inilah Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi keuangan perusahaan, peningkatan penjualan dan berbagai informasi penting lain.

Untuk menjadi pebisnis toko kue yang sukses harus mengetahui tentang produksi kue dan membuat contoh laporan keuangan usaha kue yang benar dan praktis.

Tidak sedikit toko kue yang tutup karena masalah keuangan. Salah satu alasan kebangkrutan itu karena pemiliknya tidak paham mengenai pembukuan toko kue yang benar.

Oleh karena itu, untuk menjadi seorang pengusaha toko kue selain harus menguasai tentang usaha produksi kue, Anda juga harus memahami tentang pembukuan toko kue yang baik yaitu dengan menganalisis laporan keuangan usaha Anda, seperti melakukan contoh laporan keuangan usaha kue.

Sebelum membuat contoh laporan keuangan usaha kue, ada baiknya Anda harus memahami terlebih dahulu 5 tips yang harus dilakukan.

1. Pisahkan Uang Usaha dengan Uang Pribadi

Jangan pernah menggabungkan uang pembukuan toko kue dengan uang pribadi Anda. Apabila digabungkan maka akan membuat pencatatan pembukuannya berantakan serta kemungkinan uang toko terpakai untuk keperluan pribadi Anda.

Buatlah rekening khusus untuk pembukuan toko kue Anda agar pemasukan dan pengeluarannya diketahui dengan jelas.

2. Membuat Catatan Pengeluaran dan Pemasukan

Jangan lupa untuk mencatat semua pengeluaran sekecil atau sebesar apapun agar pembukuan toko kue Anda mempresentasikan laporan keuangan yang real.

Laporan keuangan yang valid merupakan bagian dari fungsi akuntansi yang baik untuk usaha Anda dan juga masa depan usaha Anda tersebut.

Contoh laporan keuangan usaha kue yang tidak valid misalnya biaya pembelian bahan baku yang lebih sedikit daripada kue yang dihasilkan, karena secara logika ini tidak mungkin terjadi.

Jadi jangan menyepelekan pengeluaran kecil dengan tidak mencatatnya di setiap pembukuan seperti di contoh laporan keuangan usaha kue Anda, karena jika itu terus berlangsung akan berdampak serius pada perkembangan toko kue Anda.

Selain mencatat pengeluaran tentu saja mencatat pemasukan tidak kalah pentingnya untuk pembukuan toko kue Anda seperti pada contoh laporan keuangan usaha kue yang Anda miliki.

Catat penjualan yang terjadi dari produk utama (kue) ataupun dari produk lainnya misal aksesoris seperti lilin ulang tahun, paper bag dan lain sebagainya.

Sehingga laporan keuangan yang dibuat untuk toko kue Anda adalah contoh pembukuan penjualan kue yang valid. Lakukan hal ini agar Anda memiliki pembukuan profesional untuk usaha kue Anda.

3. Kumpulkan Bukti Transaksi

Bukti transaksi adalah hal yang sangat penting dalam akuntansi sehingga tidak boleh hilang. Bukti transaksi merupakan dasar pencatatan dalam membuat laporan keuangan yang berupa nota, kuitansi, faktur ataupun jenis bukti lainnya.

Langkah pertama dalam membuat laporan keuangan adalah mencatat transaksi yang dilakukan oleh perusahaan dalam jurnal dengan rinci.

4. Catat Semua Transaksi Setiap Hari

Semua jenis transaksi pengeluaran dan pemasukan harus dicatat setiap hari, seperti di contoh pembukuan penjualan kue yang Anda miliki.

Tujuannya adalah agar pengeluaran dan pemasukan yang belum dicatat tidak menumpuk sehingga membuat malas untuk mengerjakan, sebab jika tidak di catat, maka akan berdampak pada terlambatnya pembuatan laporan keuangan toko kue Anda tersebut.

Manfaat mencatat transaksi setiap hari adalah agar Anda lebih mudah memperbaiki apabila ada kesalahan-kesalahan yang dilakukan saat pencatatan transaksi ataupun pada contoh pembukuan penjualan kue Anda dan kesalahan itu lebih mudah ditelusuri dan perbaiki jika pencatatannya tiap hari dilakukan.

5. Gunakan Aplikasi Untuk Menerapkan Contoh Laporan Keuangan Usaha Kue

Tips yang terakhir dan juga sangat penting adalah mengunakan aplikasi untuk pembukuan toko kue Anda. Dengan aplikasi, maka Anda akan lebih terhindar dari berbagai kesalahan pada laporan keuangan toko kue Anda.

Selain itu dapat menghemat banyak waktu dan tenaga untuk mengerjakan pembukuan di setiap contoh laporan keuangan toko kue tersebut serta bisa secara real time mendapatkan laporan keuangan toko kue Anda.

Contoh laporan keuangan sederhana seperti laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca dan lain sebagainya jadi lebih mudah dan cepat tersedia apabila dikerjakan dengan aplikasi.

Mengunakan aplikasi pembukuan ini juga bisa membantu Anda dalam menyelesaikan jenis laporan apa saja apa usaha Anda, seperti contoh laporan keuangan restoran .

Harmony juga menyediakan jasa pembukuan jika Anda tidak mau repot dalam mengelola pembukuannya dan ingin terima beres setiap bulannya.

Di sana Anda akan di bantu dalam mengkoreksi setiap contoh laporan keuangan restoran maupun toko kue Anda apabila tidak sesuai, misalnya adalah laporan neraca saldo yang tidak seimbang atau bahkan laporan laba rugi yang angkanya tidak cocok pada contoh laporan keuangan restoran maupun toko kue Anda.

Baca Juga : 5 Tips Pembukuan Praktis Untuk Bisnis Kedai Kopi

custom-form-newsletter

Contoh Laporan Keuangan Usaha Kue

Berikut di bawah ini akan dijelaskan contoh laporan keuangan toko kue Anda yaitu:

Nina memiliki bisnis toko kue, di mana toko kue Nina pada bulan Agustus memiliki saldo kas awal sebesar Rp. 5.000.000. Namun selama satu bulan ini, usaha kue Nina telah menjual kue sebanyak 400 kue. Maka contoh laporan keuangan sederhana pada toko usaha Nina adalah sebagai berikut:

• Laporan Penjualan

• Arus Kas

• Buku Persediaan Barang

Namun selama bulan Agustus, Nina telah mengeluarkan beberapa pengeluaran untuk membayar operasional bisnisnya. Maka contoh laporan keuangan sederhana dari toko kue Nina adalah sebagai berikut:

• Laporan Laba Rugi

Baca Juga: Tips Cara Mengatur Keuangan Bisnis Kuliner Dari Pemilik Restaurant Ternama

Dengan menerapkan contoh laporan keuangan usaha kue yang teratur, tidak hanya mempermudah Anda untuk mengembangkan bisnis, namun juga membuka kesempatan bisnis Anda mendapatkan investor.

Laporan pembukuan seperti laporan laba rugi, laporan arus kas, laporan neraca dan lain sebagainya jadi lebih mudah dan cepat tersedia apabila dikerjakan dengan aplikasi software akuntansi.

Maka untuk menghindari kesalahan dalam melakukan pembukuan, Anda dapat mengunakan Harmony accounting software untuk aplikasi pembukuan toko kue Anda.

Harmony adalah aplikasi akuntansi online yang praktis dan mudah digunakan. Anda dapat membuat laporan keuangan dimanapun dan kapanpun dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun. Harmony sudah digunakan ribuan pebisnis untuk membantu merapikan pembukuan usaha mereka.

Harmony memiliki 20 lebih laporan keuangan real time yang bisa membantu Anda dalam mengelolah dan mengontrol keuangan bisnis sehingga Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis tersebut. Jadi tunggu apalagi? Yuk, coba aplikasi Harmony GRATIS 30 hari di sini.

Namun bagi Anda yang tidak ingin repot Anda dapat menggunakan layanan dari Harmony Accounting Service, Anda akan terima beres laporan keuangan Anda setiap bulannya. Jangan lupa, Anda juga bisa update info dan penawaran terbaru kami melalui akun Facebook, Instagram dan LinkedIn Harmony.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/