Harmony Blog

Tips Cara Mengatur Keuangan Bisnis Kuliner Dari Pemilik Restaurant Ternama

Diupdate Feb 24th, 2021
0

SHARES

PEMBACA

cara mengatur keuanganPin

Dengan menjalankan usaha restaurant tidak hanya dengan bakat kemampuan memasak saja, akan tetapi pada bisnis yang sedang Anda jalani diperlukan untuk mengetahui cara mengatur keuangan sebagai fungsi akuntansi didalam bisnis yang sedang Anda jalani supaya tidak mengalami kerugian.

Namun jika bisnis Anda ingin selalu mendapatkan keuntungan bahkan restaurant Anda berkembang, sebaiknya Anda membutuhkan pembukuan baik dengan cara mengatur keuangan restaurant Anda. Tentunya dengan cara mengatur keuangan hingga melakukan pembukuan yang efesien akan membantu keuangan bisnis restaurant Anda memiliki keuntungan.

Sangat diperlukan bagi pebisnis restaurant untuk mengetahui berapa keuntungan yang diperoleh setiap bulannya, supaya pebisnis dapat mengetahui untung atau ruginya usaha restaurant.

Apabila posisi usaha restaurant Anda sudah berkembang pesat bahkan besar, maka cara mengatur keuangan tersebut melalui pembukuan yang secara tertib dan rapi. Bahkan bisa Anda bayangkan betapa susahnya cara mengatur keuangan usaha restaurant Anda seperti yang diharapkan, mengingat transaksi keuangan Anda banyak hingga beragam.

Untuk itu supaya dapat membantu dan memudahkan Anda, pada pembahasan artikel ini akan mengarahkan Anda dalam mengetahui ilmu pengetahuan seperti cara mengatur keuangan usaha hingga rumus mengatur keuangan restauran Anda. Sebelum membaca, cobalah simak video dibawah ini untuk memberikan manfaat dan inspirasi Anda dalam merapihkan pembukuan restaurant.

Cara Mengatur Keuangan Restaurant

Sebelum melakukan perhitungan pada restaurant Anda, sebaiknya lakukan terlebih dahulu dalam mengatur keuangan usaha restaurant Anda. Apakah dengan mengelola restaurant Anda sudah memiliki keuntungan atau tidak, sehingga berikut ini ada beberapa cara mengatur keuangan restaurant :

1. Buatlah Pencatatan Anggaran Biaya

Awal kegiatan yang harus dilakukan oleh usaha restaurant yaitu membuat anggaran biaya. Dengan melakukan anggaran biaya, supaya mencegah pengeluaran biaya yang lebih banyak dari yang seharusnya. Biasanya anggaran biaya sudah mencangkup informasi biaya tetap yang harus dibayarkan, dan selanjutnya biaya operasional setiap hari.

Adanya anggaran biaya dapat memudahkan restaurant dari suatu kebingungan dalam mengatur dan menggunakan uang. Serta berguna dalam mengarahkan apa saja biaya yang dikeluarkan dan menjadi prioritas.

2. Analisa Kembali Restaurant Setiap Hari

Sebelum analisis laporan keuangan sebaiknya Anda menganalisa kembali usaha restaurant setiap harinya. Sehingga berguna dalam menentukan berapa banyak jumlah pelanggan yang datang setiap hari dan berapa total jumlah  pengeluaran secara nyata di restaurant setiap harinya. Sebagai hasil analisa menjadi acuan bahwa dana untuk pengeluaran yang sudah ditentukan benar-benar terpakai dengan semestinya. Sehingga, restaurant dapat memanfaatkan analisa tersebut ketika nantinya ingin mengevaluasi keuangan restaurant.

3. Sudah Memahami Akuntansi

Dengan cara mengatur keuangan pada sebuah perusahaan, sangat diperlukan seseorang yang sudah memahami tentang keuangan. Sebaiknya pemilik bisnis memahami cara belajar akuntansi dengan mudah atau mencari ahli akuntan, diharapkan pebisnis juga dapat memiliki pembukuan keuangan yang baik.

Sebagai upaya Anda dengan cara mengatur keuangan restaurant, sebaiknya pebisnis mencari ahli jasa pembukuan supaya mencegah kerugian yang sedang dijalani. Untuk itu, cobalah untuk memanfaatkan layanan profesional kami dengan menyewakan ahli jasa pembukuan untuk Anda. Walaupun tidak memiliki akuntan sekalipun, dengan menggunakan jasa pembukuan, juga dapat membantu perhitungan dan pelaporan pajak untuk membantu para pengusaha yang sibuk setiap harinya.

4. Buatlah Pencatatan Laporan Arus Kas dan Laporan Laba Rugi

Adanya laporan arus kas dan laporan laba rugi merupakan hal penting bagi kelancaran dan perkembangan bisnis restaurant. Sehingga, dapat membantu pemilik restaurant dalam memonitor apa saja aktivitas yang berdampak pada total dana restaurant. Kegunaan laporan arus kas membantu restaurant memastikan darimana saja dana yang masuk dan untuk apa saja dana keluar. Selain itu, pencatatan laporan laba rugi berguna untuk mengetahui pendapatan dan beban selama periode yang di inginkan.

5. Hindari Hutang dan Tagihan

Dalam membeli bahan baku dengan tempo pembayaran mungkin masih dianggap wajar, cobalah untuk usahakan membayar tagihan tepat waktu. Supaya dapat melunasi pembayaran tagihan dan membuat keuangan restaurant menjadi sehat.

6. Persiapkan Dana Cadangan Darurat

Dengan membangun usaha diperlukan dana utama, akan tetapi penting bagi Anda untuk menyimpan dana cadangan sebagai dana darurat Anda untuk berjaga-jaga apabila restaurant ternyata mengalami kerugian yang disebabkan beberapa faktor, salah satunya jumlah pengunjung yang sedikit sehingga pemasukan pun tak sesuai target.

Melalui cadangan dana ini diharapkan dapat membantu restaurant tetap berjalan, walaupun pemasukan untuk sementara tidak cukup untuk membayar biaya bulanan. Biasanya pembayaran biaya bulanan yang dimaksud seperti uang sewa tempat, gaji karyawan, membeli bahan baku, hingga membayar tagihan listrik, dan sebagainya.

7. Buatlah Anggaran Biaya Pemasaran

Untuk membangun restaurant juga membutuhkan adanya pemasaran yang merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis. Dengan dibuatnya anggaran biaya untuk pemasaran restaurant, cobalah sesuaikan dengan dana dan kemampuan yang ada. Seperti pemasaran biaya memasang iklan di TV, radio, atau koran dirasa masih terlalu tinggi untuk dana yang dimiliki, maka cobalah alternatif lain seperti memasarkan lewat akun media sosial, Instagram, website, Facebook, kontak WhatsApp, Linked In, hingga e-mail.

8. Review Menu Hidangan Restaurant

Sebagai pemilik bisnis perlunya review menu hidangan apakah menarik bagi pelanggan atau tidak, bahkan pertimbangan tersebut menjadi suatu alasan seperti porsinya terlalu besar sehingga terbuang menjadi sampah makanan. Solusi seperti ini berguna untuk menahan pengeluaran dalam pembelian bahan baku yang digunakan untuk membuat menu tersebut dapat dikontrol sehingga tak merugikan restaurant.

Baca Juga : 4 Aplikasi Pendukung Dalam Membuat Pembukuan Anda Lebih Rapih

Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

Rumus Perhitungan Keuangan Bisnis Restaurant

Dalam menghitung rumus mengatur keuangan pada bisnis Anda supaya menghasilkan keuntungan bisnis restaurant, perlu diperhatikan apa saja laporan pendukung keuangan bisnis Anda dan bagaimana cara menghitungnya yaitu :

1. Laporan Arus Kas

Berfungsi sebagai laporan dana kas restaurant yang mencatat hasil transaksi penjualan dan pengeluaran restaurant.

2. Laporan Laba rugi

Berfungsi sebagai informasi dalam melihat secara keseluruhan keuntungan yang diperoleh tanpa melihat uang yang tersedia.

3. Laporan Neraca Saldo

Neraca saldo berfungsi sebagai laporan yang menghasilkan keseimbangan asset dalam restaurant Anda yang digabung dengan kewajiban tanggungan. 

4. Rumus Mengatur Keuangan

Dengan mengetahui keuntungan dari total hasil investasi Anda pada usaha restaurant. Anda perlu melakukan penghitungan lebih dalam mengenai tingkat pengembalian atas investasi dengan ROI (Return of Investment) serta perhitungan jumlah produk yang harus dijual untuk menutup modal dengan BEP  (Break Even Point), dan perhitungan jangka waktu pengembalian modal dalam restaurant Anda PBP (Pay Back Period). Pada contoh penerapannya Anda bisa melihat kasus dibawah ini :

Ada sebuah usaha nasi kuning dengan rincian sebagai berikut:

Harga Jual              Rp. 20,000

Harga Produksi Rp. 10,000

Investasi Dana      Rp. 100,000,000

Sewa Tempat        Rp. 12,000,000/tahun

Gaji Pegawai          Rp. 2,500,000/bulan

Biaya lain-lain       Rp. 700,000/bulan

Sebagai target minimal penjualan sebanyak 50 Piring setiap harinya, jadi

berapakah BEP,PBP, dan  ROI nya?

1. BEP

Jumlah Pengeluaran per Hari :

Sewa Tempat = 12 Juta / 365 Hari   = 32 Ribu

Gaji Pegawai = 2,5 Juta / 30 Hari    = 83 Ribu

Biaya Lain-Lain = 700 Ribu / 30 Hari = 23 Ribu

Total investasi = 100 Juta / 365 Hari = 273 Ribu

Total Pengeluaran = Rp 411.000/Hari

Laba per piring = Harga Jual –  Harga Produksi = Rp 20.000 – Rp 10.000 = Rp 10.000

BEP = 411 ribu : 10 ribu = 41 Piring

Sehingga, jumlah produk nasi kuning yang harus terjual setiap harinya untuk memenuhi penutupan modal adalah sebanyak 41 piring nasi kuning.

2. Dengan soal yang menyatakan bahwa setiap harinya, usaha tersebut memiliki target untuk menjual setidaknya 50 piring setiap harinya, maka laba perbulannya adalah :

Laba Per Bulan = Rp 10.000 x 50 piring x 30 hari = 15 Juta

PBP = Total Investasi (Penanaman Modal) /  Laba Perbulan

PBP = 100 Juta : 15 Juta = 6,6 Bulan

3. Lalu berapa ROI nya ?

ROI  = (Laba per Bulan /  Total Investasi) x 100 %

ROI = (15 Juta / 100 Juta) x 100% = 15%

Dapat diketahui contoh di atas hasil ROInya cukup baik. Sehingga semakin besar ROI yang dihasilkan semakin besar peluang untuk menarik perhatian investor dan Anda dapat mengambil keuntungan dari investasi yang Anda lakukan.

Ketika Anda memakai pembukuan Harmony yang sudah dipakai banyak entitas bisnis di Indonesia, sangat berguna bagi Anda yang sudah memiliki banyak bukti transaksi restaurant Anda, solusi untuk Anda manfaatkan dan pakai Harmony yang terintegrasi dengan kegiatan bisnis Anda atas transksi hingga pembukuan laporan keuangan secara akurat dan mudah walaupun Anda tidak memiliki background akuntan sekalipun buat akun Anda dan dapatkan pemakaian Gratis 30 Hari.

Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Anda juga mungkin suka:
Harmony
Harmony
Harmony menyajikan artikel seputar bisnis, keuangan, perpajakan dan finansial untuk membantu para pemilik usaha kecil. Dapatkan cara mudah membereskan keuangan usaha Anda menggunakan Harmony dan coba gratis 30 hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Follow Social Media Kami
Dapatkan konten terbaru dari Harmony
Gratis Tips & Trik Terbaru Harmony di Email Anda.
No spam, hanya Info terbaik kami kirimkan dan Anda dapat berhenti berlangganan kapan saja.
Artikel Popular Lainnya
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
Daftar Isi
    Add a header to begin generating the table of contents
    Daftar Isi
      Add a header to begin generating the table of contents
      Daftar Isi
        Add a header to begin generating the table of contents
        Dapatkan Berbagai Tips & Update Artikel Menarik Lainnya dari Harmony, langsung di email Anda!

        Pembukuan Lebih Mudah

        Coba Gratis 30 Hari dan
        Rasakan Perbedaannya!

        Kontak Harmony