5 Referensi Jenis Usaha Dagang yang Berpotensi Menguntungkan!
Harmony Blog
Business
5 Referensi Jenis Usaha Dagang yang Berpotensi Menguntungkan!
October 17, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Usaha dagang merupakan jenis usaha yang kegiatannya dilakukan dengan jual beli, yang tujuannya untuk mendapatkan sebuah keuntungan. Alat tukar yang digunakan dalam jual beli ini adalah uang.

Berdasarkan jumlah barang yang diperdagangkan, jenis usaha dagang dibedakan menjadi 3 yaitu pedagang usaha kecil, menengah, dan pedagang besar. Banyak cara atau usaha yang dilakukan dalam memperoleh uang. Salah satunya dengan membuka usaha bidang perdagangan dagang baik berupa usaha bisnis online ataupun offline.

Jenis usaha dagang menjadi pilihan favorit. Namun perlu perencanaan yang matang dan memahami setiap detailnya untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Jenis usaha dagang sangat potensial untuk dijalankan, jadi Anda tidak perlu ragu lagi untuk memulai usaha dagang. Namun banyak di antara semua orang yang masih bingung memulai usaha dagang apa yang harus dipilih, mengingat usaha bidang perdagangan memiliki jenis usaha yang begitu banyak.

Disini akan dijelaskan apa saja jenis usaha dagang yang berpotensi menguntungkan bagi Anda yang ingin menjalankan usaha dagang. Simak penjelasannya dibawah ini.

Poin Penting yang Wajib Diketahui Dalam Usaha Dagang

Apabila Anda ingin memulai jenis usaha dagang ini, maka jangan pernah mengabaikan 3 hal penting yang akan sangat mempengaruhi kelangsungan usaha dagang Anda nantinya yaitu:

Rebut Konsumen Melalui Kualitas Pelayanan

Meskipun ada pesaing dengan produk dan harga yang sama, Anda perlu membuat pelayanan yang terbaik bagi konsumen untuk memenangkan pasar.

Pembeli akan menilai bagaimana toko Anda melayani mereka. Meskipun produk Anda terdapat di pesaing, jika ada pelayan yang ramah maka pembeli akan lebih antusias untuk membeli.

Bagaimana Kualitas Dagangan Anda

Memahami banyaknya  persaingan dengan cara yang sportif serta meningkatkan pelayanan sudah Anda terapkan dengan baik, selanjutnya bagaimana Anda memberikan kualitas barang yang Anda jual kepada konsumen.

Seberapa banyak barang yang sudah berhasil Anda jual namun apabila ada satu saja yang merasa kecewa atas kualitas barang yang konsumen dapatkan maka sangat besar resikonya dan bisa berdampak fatal.

Kadang yang paling sulit karena barang tersebut bukan hasil produksi Anda sendiri, maka dari itu berusahalah untuk tetap selektif ketika memilih dagangan yang hendak dijual serta selalu cermat dalam memilih supplier yang terpercaya.

Mengukur Kemampuan Dalam Menghadapi Persaingan

Jenis usaha dagang tentu sudah banyak Anda temui. Maka tidaklah mudah untuk menjalankan bisnis ini. Banyak sekali yang juga berlomba memberikan pelayanan dan produk yang sejenis dengan pilihan Anda.

Sebaiknya Anda tetap mengukur seberapa kemampuan Anda untuk menghadapi persaingan usaha dagang ini. Pelajari setiap tantangan dan resiko yang akan dihadapi. Berikan produk dan pelayanan yang terbaik dibandingkan kompetitor Anda.

Pembeli akan menilai produk mana yang layak dan patut untuk kebutuhan mereka. Hadapi persaingan dengan spotifitas dan pertahankan kejujuran dalam menjalankannya. Ini merupakan kunci untuk berhasil dalam persaingan bisnis.

Baca Juga : Sukses Berbisnis Barang Preloved, Mengapa Tidak? Ikuti Langkah Ini!

5 Jenis Usaha Dagang yang Berpotensi Menguntungkan

Berikut dibawah ini terdapat 5 jenis usaha dagang yang memiliki keuntungan, yaitu :

1. Membuka Jenis Usaha Gadget dan Elektronika

Menyikapi yang terjadi saat ini, tentu perkembangan teknologi semakin marak dijumpai. Semua gadget dan elektronik sudah semakin canggih dengan fitur yang beragam dan tentu sangat diminati oleh para konsumen.

Memiliki gadget terbaru seringkali menjadi keinginan yang mudah dicapai untuk kalangan tertentu. Contohnya HD TV, iPod, Blueray dan berbagai gadget lainnya dengan fitur yang ekslusif dan canggih.

Jika Anda tertarik masuk ke dalam dunia teknologi ini dan membuka usaha dagang seperti toko elektronik dan lainnya, hal yang terpenting adalah kemampuan modal Anda. Solusinya dapatkan pembiayaan yang baik secara tunai maupun kredit untuk memenuhi usaha Anda.

2. Membuka Usaha Kuliner Makanan

Menjalankan bisnis kuliner baik itu meliputi makanan berat ataupun ringan memerlukan ketekunan dan manajemen yang baik. Kebanyakan dari pengusaha bisnis makanan atau kuliner yang sukses merupakan para pelaku usaha yang sudah lama berjualan kemudian mereka telah memiliki pelanggan tetap.

Didukung dengan makanan yang dipasarkan sangat inovatif selain rasanya yang enak karena kunci utama bagi para pemula dalam bisnis makanan ringan adalah kreatif dan inovatif.

Usaha dagang makanan bisa dianggap berkualitas apabila didukung dengan bahan baik, pengolahan yang tepat serta pengemasan yang layak. Bahan yang digunakan haruslah bahan yang higienis dan tidak mengandung zat yang berbahaya.

Sebagai pengusaha pemula khususnya bisnis kuliner Anda harus bisa membangun strategi penjualan yang tepat serta mampu menganalisa pasar untuk meningkatkan penjualan.

Tindakan yang bisa dilakukan untuk membangun jalannya sukses usaha dagang bisa dengan memberi diskon, menambah bobot makanan, atau dengan membagikan sampel produk secara cuma cuma kepada masyarakat di area yang menjadi target pemasaran Anda.

3. Membuka Usaha Pulsa dan Kuota Internet

Berdagang pulsa tetap menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan karena tidak dapat dipungkiri bahwa pulsa telah menjadi kebutuhan sehari hari masyarakat. 

Dahulu kita membeli pulsa untuk sekedar berbicara dengan sanak saudara atau partner bisnis. Sekarang dengan teknologi yang canggih kebutuhan akan kuota internet sangat meningkat. Oleh karena itu Anda bisa mengambil peluang tersebut untuk berjualan pulsa atau kuota internet.

Dalam merintis bisnis dagang sebaiknya jangan semata mata mengejar keuntungan besar saja. Ambil keuntungan kecil asalkan berlangsung secara kontinyu dan konsisten.

custom-form-newsletter

4. Membangun Usaha Fashion

Bagi para pebisnis yang sukses dalam bidang usaha dagang, khususnya dalam jenis usaha dagang bidang fashion, membuka jenis usaha dagang fashion sebenarnya cukup mudah apabila memiliki toko atau butik yang sudah menyediakan produk lebih lengkap daripada semua toko yang ada di sekitar Anda. 

Memilih lokasi untuk membuka usaha ini harus berada di tempat strategis dan bisa di akses dengan mudah oleh pengunjung. Namun yang sering menjadi kendala adalah apabila Anda yang masih pemula dan belum memiliki modal melimpah apalagi tidak ada investor yang menjadi pemodal bisnis dagang Anda.

Jangan langsung menyerah, merintis usaha dagang bidang fashion bisa dengan target yang kecil terlebih dahulu. Dengan begitu modal yang akan Anda investasikan juga tidak terlalu menguras tabungan sekiranya tetap masih memiliki dana cadangan untuk antisipasi apa yang akan terjadi kedepannya.

5. Membangun Usaha Bisnis Jasa (Layanan)

Bisnis jasa adalah jenis usaha yang menjual jasa seperti ilmu, tenaga dan keahlian lainnya di bidang tertentu. Menjual jasa juga bisa dibilang sebuah usaha dagang namun bukan berupa produk yang ditawarkan melainkan adalah berupa layanan. Jenis usaha bidang jasa atau layanan ini dapat berupa salon kecantikan, usaha laundry, service HP, jasa desian dan masih banyak lagi.

Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha jasa dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan belanja peralatan yang mendukung usaha tersebut.

Yang menjadi kunci kesuksesan ialah keahlian Anda dalam melayani konsumen sesuai dengan keinginannya. Minimal Anda memberikan garansi bagi yang menjalankan usaha service dan perbaikan. Atau memberikan diskon untuk jenis usaha salon kecantikan maupun cuci motor dengan metode promosi yang menarik.

Itulah 5 jenis usaha dagang yang berpotensi menguntungkan. Jika Anda ingin sukses berbisnis perbanyaklah bergaul dengan orang yang sudah melalui bidang bisnis tersebut. Perbanyak ilmu pengetahuan serta relasi. Dengan perlahan Anda bisa dapat menghindari beberapa resiko kegagalan untuk bisnis Anda.

Jangan lupa juga untuk mengurus pengelolaan keuangan Anda agar mudah dalam mengontrol pemasukan dan pengeluaran bisnis Anda, Anda dapat menggunakan alat bantu seperti Software Akuntansi Harmony.

Dengan Harmony Anda dapat membuat laporan keuangan secara real time dengan mudah walau tidak memiliki latar belakang sebagai akuntan sekalipun. Daftar Harmony sekarang juga dan dapatkan 30 Hari Gratis Disini.

Jika Anda adalah pebisnis yang sibuk, maka Anda bisa menggunakan Harmony Accounting Service yaitu jasa pembuatan laporan keuangan menggunakan aplikasi Harmony dengan harga terjangkau. Dapatkan update informasi dari Harmony dengan mengikuti media sosialnya di Facebook, Instagram dan LinkedIn.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/