Harmony » Blog » 

Peluang Usaha Kreatif Yang Menjanjikan Di Indonesia

Fina Pratiwi
/
Diupdate 
Juni 2, 2020

Memulai sebuah bisnis tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Anda harus mengetahui strategi bisnis yang akan Anda gunakan , target pasar nya serta  produk sedang diminati banyak orang saat ini dan lain sebaginya. Tidak hanya bisnis yang mudah dicari oleh orang, namun peluang usaha kreatif juga menjadi sebuah tuntutan dalam berbisnis di era teknologi sekarang ini.

Pilihlah peluang usaha kreatif yang menjanjikan dan menguntungkan bagi Anda, karena tanpa kreatifitas dan inovasi maka usaha tidak akan jalan di masa seperti ini.

Karena di zaman yang semakin maju ini para pebisnis dituntut untuk menciptakan peluang usaha kreatif agar bisnis Anda semakin maju dan berkembang. Jika Anda kesulitan dalam memikirkan usaha kecil atau peluang usaha kreatif apa yang bisa dijadikan referensi untuk memulai bisnisnya, mungkin artikel ini cocok bagi Anda dan bisa menjadi pilihan dalam menjalankannya nanti.

7 Peluang Usaha Kreatif Yang Menjanjikan di Indonesia

Bingungnya mencari bisnis dan peluang usaha kreatif disaat seperti ini, menjadi alasan orang untuk tidak memulainya dari sekarang. Serta takutnya tidak mendapatkan pelanggan menjadi alasan utama juga untuk tidak membangun bisnis sejak dini. Anda bisa melakukan beberapa hal penting sebagai pebisnis ditengah krisis, seperti COVID 19 saat ini. Namun jika Anda kesulitan ide dan kreatifitas, berikut ini adalah 7 Peluang Usaha Kreatif yang menjanjikan di Indonesia, seperti :

1. Menjual Produk Apapun Secara Online

Menjual Produk secara online menjadi peluang usaha kreatif pertama yang bisa Anda jadikan referensi. Anda bisa menjual apapun produk dan barang Anda secara online tanpa memikirkan biaya-biaya besar seperti menyewa toko dan lain-lain. Ide ini menjadi sebuah ide yang cukup efektif bagi seorang pebisnis pemula. Apabila jika Anda memiliki strategi pemasaran dalam online shop yang bisa Anda terapkan.

Baca Juga : 7 Ide Bisnis Online Modal Kecil Yang Menarik

2. Menjadi Dropshipper

Sebuah peluang kreatif yang bisa dijadikan referensi bukanlah ketika menjual produk secara online, mengingat kebutuhan produk yang harus dibuat dan distok. Pada saat menjadi seorang dropshipper mungkin bisa Anda jadikan sebagai referensi peluang kreatif yang patut Anda lakukan.

Mengingat Anda tidak perlu menyiapkan barang-barang dan melakukan stok secara besar-besaran untuk menjadi dropshipper. Namun sebagai catatan, Anda bisa memilih distributor yang kredibilitas dan penjualan yang cukup bagus untuk menjalankan bisnis sebagai dropshipper. Tentunya Anda tidak mau menjual barang yang tidak memiliki peminat dari produk tersebut kan?

Anda juga dapat membaca : 5 Pekerjaan Freelance Menjanjikan Dengan Income Besar

3. Bisnis Influencer dan Afiliasi

Peluang usaha kreatif lainnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah menjadi influencer atau selebgram. Ide ini memang agak sedikit effort, mengingat Anda harus membangun personal branding dengan akun yang memiliki jumlah follower cukup banyak terlebih dahulu.

Namun jika Anda sudah berhasil, Anda bisa memiliki jaringan bisnis yang luar biasa, karena nantinya banyak brand-brand ternama yang menggunakan jasa Anda untuk mempromosikan produk mereka, dan proses tersebut disebut Afiliasi. Bisnis Afiliasi menjadi salah satu peluang usaha kreatif saat ini yang banyak digandrungi oleh kamu milenial.

4. Usaha Katering Makanan

Usaha catering makan merupakan peluang usaha kreatif yang cukup menjanjikan. Apalagi jenis usaha ini tidak perlu membutuhkan tempat yang cukup luas, Anda bisa melakukannya di rumah. 

Namun usaha ini juga membutuhkan keahlian seperti memasak, karena yang Anda jual adalah sebuah makanan yang penilaiannya secara langsung oleh konsumen Anda.

Mungkin Anda juga tertarik dengan artikel yang membahas agrobisnis.

[elementor-template id="26379"]

5. Jasa Laundry atau Pencuci Pakaian

Peluang usaha kreatif selanjutnya adalah membuka jasa laundry atau pencuci pakaian. Jenis usaha ini menjadi sebuah referensi yang cukup menarik, ditambah pekerjaan ini bisa dilakukan di rumah.

Namun perlu diketahui, untuk meningkatkan profit usaha, Anda juga harus mempertimbangkan dari sisi lokasi. Misalnya Anda disarankan untuk membuka jasa laundry tersebut di sekitar sekolah atau kampus-kampus yang dimana para siswa dan mahasiswanya tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya.

6. Menjadi Content Writer/ Penulis Blog dan Artikel

Pada saat Anda lebih menyukai dunia penulisan, maka inilah saatnya peluang usaha kreatif seperti ini patut Anda pertimbangkan dan Anda jadikan sebagai peluang hasil kinerja. Selain Anda bisa menyalurkan hobi dan bakat terpendam Anda, hobi tersebut juga bisa menghasilkan. Ada banyak website juga yang mau menampung dan membantu mempromosikan jasa penulisan Anda tersebut.

7. Berjualan dan Membuat Clothing Line

Apabila Anda memiliki keterampilan dalam membuat desain, peluang usaha kreatif ini bisa jadi referensi utama untuk membuka usaha clothing line. Anda bisa menyalurkan bakat dan keterampilan Anda dalam membuat desain dan dituangkan ke dalam sebuah baju atau t-shirt.

Gunakan desain-desain yang unik dan menarik agar peminat t-shirt yang kebanyakan adalah kaum milenial menyukainya. Sebenarnya apapun peluang usaha kreatif yang nanti Anda jalankan, semuanya tergantung dari apa yang sudah Anda pikirkan matang-matang.

Disarankan untuk tetap menyiapkan segala hal dan aspek atas kemungkinan yang terjadi dalam menjalankan bisnis dan usaha Anda nanti itu. Salah satu yang harus Anda pikirkan adalah bagaiman mengatur keuangan Anda nanti.

Karena apapun bisnis dan usaha Anda, laporan keuangan yang tertata rapi dan tidak ribet, menjadikan bisnis Anda kedepan menjadi lebih bagus. Untuk itu disarankan untuk menggunakan sistem akuntansi yang kredibel, dimana nantinya sistem akuntansi berbasis online tersebut dapat membantu Anda dan menemani Anda dalam melakukan pembukuan keuangan bisnis Anda.

Salah satu sistem akuntansi yang kredibel tersebut adalah Harmony Smart Accounting Solution. Dengan teknologi tinggi dan user friendly, Harmony menjadi salah satu pilihan para ribuan pebisnis yang telah terbantu dalam hal laporan keuangan, seperti yang diinformasikan melalui konferensi tahunan kami di  FinTax Fair 2019 .

Mulai gunakan Harmony untuk membereskan pembukuan bisnis Anda dan dapatkan Gratis 30 Hari disini dengan mendaftarkan akun bisnis/ perusahaan Anda. Dan nikmati perkembangan dunia akuntansi dan laporan keuangan berbasis teknologi dalam genggaman Anda hanya di Harmony Smart Accounting Solution.

trial harmony
Pembukuan Lebih Mudah!
Coba Gratis 30 Hari dan Rasakan Perbedaannya!
COBA GRATIS
Anda juga mungkin suka:
Fina Pratiwi
Fina Pratiwi adalah seorang ahli strategi keuangan dengan lebih dari 5 tahun pengalaman dalam industri keuangan. Dia memegang gelar dalam bidang Keuangan dan dikenal karena kemampuannya untuk menyederhanakan konsep keuangan yang kompleks menjadi sesuatu yang mudah dipahami. Fina percaya bahwa pemahaman yang baik tentang manajemen keuangan adalah kunci sukses bisnis. Dengan pengetahuannya yang luas, dia berdedikasi untuk membantu bisnis memahami dan memanfaatkan software Harmony untuk mencapai tujuan keuangan mereka.
chevron-down
Scan the code
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram