10 Contoh Usaha Kecil yang Dapat Anda Coba untuk Memulai Bisnis
Harmony Blog
Business
10 Contoh Usaha Kecil yang Dapat Anda Coba untuk Memulai Bisnis
April 20, 2020
Berlangganan newsletter kami
Dapatkan Tips Seputar Bisnis Dengan Berlangganan Newsletter Harmony, isi data berikut ini :

Zaman sekarang, semua keperluan serba mahal sehingga menuntut Anda harus bekerja lebih giat untuk mendapatkan penghasilan yang lebih untuk mencukupi kebutuhan. Maka dari itu, perlu adanya usaha mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memulai usaha kecil misalnya bisnis online. Dalam artikel kali ini akan dibagikan apa saja contoh usaha kecil yang bisa Anda coba.

Saat ini sudah banyak orang yang melakukan usaha kecil untuk menambah penghasilan. Dengan demikian, kebutuhan dapat tercukupi dengan maksimal.

Kebutuhan hidup dari tahun ke tahun semakin meningkat, apalagi bagi yang sudah memiliki anak usia sekolah. Atau mungkin Anda yang bekerja sebagai pegawai negeri, karyawan swasta, karyawan pabrik, buruh dan lain-lainnya, masih merasa kalau gaji bulanan tetap yang diperoleh belum cukup untuk menutupi kebutuhan hidup.

Tidak hanya sedikit loh yang mendapatkan penghasilan dari usaha kecil lebih daripada pekerjaannya sebagai karyawan atau pegawai. Pemasaran juga bisa dilakukan secara luas dengan melakukan bisnis secara online. Intinya tetap manfaatkan peluang kreatif yang ada dalam bisnis dan menjanjikan di masa depan.

1. Usaha Kecil Menjual Makanan untuk Sarapan

Banyak karyawan yang masuk kerja di pagi hari belum sempat untuk sarapan. Apalagi bagi seorang perantau yang tinggal di kosan, mungkin tidak sempat untuk menyiapkan sarapan. Jika Anda berminat, Anda bisa menjadikan sebagai ide bisnis untuk menjual makanan pagi hari atau menjual makanan untuk sarapan.

Menu sarapan yang disajikan bisa beragam seperti roti bakar, sandwich isi, nasi kuning, nasi goreng, nasi uduk, bubur ayam, gorengan, dan lain sebagainya.

2. Usaha Franchise Minuman

Usaha franchise minuman merupakan salah satu usaha waralaba yang menguntungkan saat ini. Usaha franchise minuman adalah salah satu contoh usaha kecil yang mulai banyak ditemukan di beberapa daerah pusat belanja ibu kota. Beragam minuman dapat disajikan mulai dari minuman teh, soda, susu, sirup, cappucino cincau, dan lain sebagainya. Rata-rata, modal yang harus dikeluarkan berkisar dari Rp 1.000.000,00  hingga Rp 3.000.000,00.

3. Usaha Cuci Motor dan Mobil

Usaha cuci motor dan mobil (steam) sangat efektif bagi Anda yang memiliki lahan cukup luas di pinggir jalan perkotaan atau tempat yang cukup ramai. Untuk memulai usaha ini, Anda hanya membutuhkan modal untuk pembelian kompresor, shampo motor, kain lap, semir ban, dan lain sebagainya.

Syarat lain yang harus ada adalah akses atau saluran air yang lancar. Setelah semua lengkap, Anda bisa memulai usaha cuci motor dan mobil dengan tarif yang biasanya Rp 10.000,00 untuk motor dan Rp 30.000,00 untuk mobil.

4. Menjadi Freelancer

Freelancer merupakan contoh usaha yang sangat populer saat ini. Di Indonesia sudah bermunculan banyak situs freelancer yang memudahkan klien untuk mencari jasa sesuai dengan kebutuhannya. Anda bisa memanfaatkan keahlian Anda sebagai freelancer seperti jasa pengetikan, jasa penerjemah, desainer grafis, desain website, dan lain sebagainya.

5. Reseller Produk

Bisnis reseller produk menjadi pilihan terbaik yang bisa Anda tekuni karena dari segi modal terhitung relatif kecil dan bisa dijadikan usaha sampingan. Anda cukup memanfaatkan smartphone yang terkoneksi dengan internet untuk bisa menjalankan bisnis ini.

Anda diharuskan mendaftar terlebih dahulu kepada agen produk, kemudian melakukan promosi produk tersebut kepada kerabat, teman, dan rekan kerja. Produk yang cukup laris saat ini kebanyakan adalah fashion dan produk-produk herbal.

6. Usaha Kecil Warung Kopi

Jika lokasi rumah Anda berada di pinggir jalan atau dekat dengan fasilitas umum, maka Anda bisa mencoba untuk mendirikan warung kopi. Untuk modal yang dikeluarkan bisa dibilang relatif kecil, karena hanya perlu membeli beberapa kopi dan beberapa minuman kemasan yang banyak disukai pelanggan.

Jika dilihat memang sepele, namun keuntungan dari segelas kopi bisa 50%. Untuk menambah kelengkapan di warung kopi, Anda bisa menambahkan beberapa makanan ringan, jajanan, kue kering, dan gorengan.

7. Usaha Kecil Berjualan Jus Buah

Bisa dibilang, minuman dingin cukup banyak penggemar di Indonesia. Dari kalangan anak-anak hingga orang tua sangat menggemari minuman dingin, sehingga berjualan jus buah menjadi sangat potensial. Untuk memulai berjualan jus buah, Anda hanya perlu mesin blender, buah-buahan, gelas plastik, dan beberapa peralatan pendukung lainnya. 

Mungkin Anda tertarik untuk membaca artikel ini Agrobisnis : Pengertian dan Peluang yang Mudah Dijalankan

8. Pangkas Rambut

Usaha pangkas rambut memberikan keuntungan yang menjanjikan, terutama bagi Anda yang memiliki keahlian dalam ini. Anda memiliki kesempatan untuk sukses lebih besar. Untuk modal yang dibutuhkan tergolong kecil, hanya bermodalkan cermin, sisir, gunting, dan alat pencukur rambut. 

custom-form-newsletter

9. Usaha Jasa Les Privat

Anda yang mahir dalam hal berenang, musik, bahasa, dan kemampuan lainnya bisa memanfaatkan usaha yang sesuai dengan keahlian untuk membuka jasa les privat. Contoh usaha kecil ini hanya membutuhkan tempat saja, bahkan bisa dilakukan di rumah. Anda bisa melakukan dengan melakukan promosi kepada orang terdekat Anda. Selain bisa memainkan hobi setiap saat, Anda juga akan mendapatkan keuntungan.

Usaha ini sangat ideal bagi guru negeri maupun sekolah swasta. Selain mendapatkan pendapatan rutin dari gaji per bulan, tentu akan mendapatkan penghasilan tambahan dari jasa les privat di rumah.

10. Usaha Pembayaran Tagihan Online

Saat ini, semua bentuk pembayaran dilakukan secara online, mulai dari tagihan listrik, PDAM, Internet, telepon, angsuran kendaraan, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin memanfaatkan peluang ini, Anda hanya perlu memasang banner “Menerima Jasa Pembayaran Online” di depan rumah, maka pelanggan akan datang. Usaha ini hanya membutuhkan laptop/PC yang terkoneksi internet dan printer. 

Itulah 10 contoh usaha kecil yang menjanjikan dengan keuntungan besar yang bisa Anda coba. Meskipun usaha masih tergolong kecil, namun Anda harus melakukan pencatatan keuangan  yang baik dan rapi. Maka dari itu, Anda bisa menggunakan Software Akuntansi Online Harmony. Anda bisa mencatat semua pendapatan dan pengeluaran dari bisnis kecil yang sedang dijalankan.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir jika merasa kurang memahami dalam bidang akuntansi, karena software akuntansi Harmony sudah didesain agar mudah dipahami walau tidak memiliki background akuntan sekalipun. Coba Harmony sekarang juga dengan mendaftar GRATIS 30 Hari dengan klik disini.

Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Subscribe Harmony Blog
Dapatkan laporan penuh ini dengan mencantumkan nama.
Pembukuan Lebih Mudah!
Mengatur keuangan bukan lagi mimpi buruk
Apa tanggapan Anda mengenai artikel ini?
Email Anda tidak akan terpublikasikan
Terima kasih telah berlangganan.
Anda akan menerima informasi terbaru dan artikel menarik di email Anda.
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-up.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/arrow-down.png
https://www.harmony.co.id/wp-content/themes/harmonytheme/images/main-features/